Tuesday, September 21, 2021
BerandaGadgetTipsCara Membuat Aplikasi Android Sederhana, Gak Perlu Jago IT!

Cara Membuat Aplikasi Android Sederhana, Gak Perlu Jago IT!

Techdaily.id – Membuat aplikasi Android sendiri memang bisa? Bisa banget dong! Belajar membuat aplikasi Android ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Bahkan buat kamu yang masih pemula dan nggak jago IT pun bisa. Berikut ini adalah cara membuat aplikasi Android sederhana.

BACA JUGA
Tetap Whatsapp an Dengan Kontak yang Sudah Diblokir? Begini Caranya

Memang untuk membuat sebuah aplikasi yang sesungguhnya kamu harus memahami bahasa pemrograman untuk diimplementasikan saat membuat aplikasi, istilahnya coding. Namun, sekarang kamu tidak perlu pusing akan coding ala progammer, karena ada beberapa situs dan layanan yang membuat aplikasi Android gratis dengan beberapa langkah sederhana.

Penasaran? Berikut langkah-langkah selengkapnya!

  1. Cara Membuat Aplikasi Android Sederhana dengan AppsGeyser

Pertama kamu bisa memanfaatkan layanan AppsGeyser untuk membuat sebuah web app, yakni sebuah aplikasi yang memudahkan untuk mengakses halaman web dari ikon aplikasi. Berikut adalah langkah selengkapnya.

  • Buka halaman website AppsGeyser (https://www.appsgeyser.com/) kemudian klik tombol Create Now For Free.
  • Selanjutnya kamu akan diberikan berbagai macam template aplikasi. Untuk membuat web app, kamu tinggal pilih menu Website.
  • Lalu masukkan halaman website atau blog yang kamu miliki, tekan Go untuk mengambil konten yang ada pada laman tersebut.
  • Scroll ke bawah untuk memilih warna tema aplikasi dan klik Next untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.
  • Kemudian masukkan nama aplikasi, klik Next.
  • Masukkan juga deskripsi aplikasi apa yang sedang kamu buat, klik Next.
  • Terakhir kamu tinggal memilih ikon aplikasi yang sudah disediakan atau kamu buat sendiri menggunakan Adobe Photoshop, klik Next.
  • Nah di sini kamu tinggal klik Create untuk membuat aplikasi buatan kamu sendiri. Pada langkah ini biasanya kamu akan diminta untuk login, pilih Sign in with Facebook untuk cara paling mudah.
  • Tenang saja, kamu juga bisa men-publish aplikasi yang telah kamu buat di Google Play Store atau mengunduhnya secara langsung.

 

  1. Cara Membuat Aplikasi Android Sederhana dengan iBuildApp

Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan iBuildApp untuk membuat aplikasi android sederhana. Tanpa menggunakan coding, kamu bisa membuat aplikasi Android dengan puluhan template menarik. Berikut ini langkah-langkahnya:

Buka halaman website iBuildApp (https://ibuildapp.com/) lalu klik Create an App.

Lalu kamu akan dibawa ke berbagai pilihan template desain aplikasi Android sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Pilih salah satu dan klik Create.

Sebelumnya kamu harus mendaftar sebelum melanjutkan ke proses selanjutnya. Untuk mempermudah, kamu tinggal klik Sign Up with Facebook.

Jika sudah kamu akan dibawa ke halaman desain aplikasi. Kamu bisa mengedit halaman aplikasi, layout, design dan sebagainya. Terakhir tinggal klik Publish to App Store.

Otomatis aplikasi yang telah kamu buat akan di-publish akan dibawa ke toko aplikasi iBuild App. Selain itu ada juga link yang bisa kamu share di berbagai sosial media.

Untuk mengunduhnya kamu tinggal pergi melalui link tadi dan akan tersedia opsi untuk download aplikasi di bagian bawah.

BACA JUGA
OPPO Reno5 Edisi Spesial Akan Dijual Melalui Sistem Undangan

Nah begitulah cara membuat aplikasi Android sederhana dengan mudah dan tanpa memerlukan coding ala programmer yang ribet. Gampang banget kan? Kamu bisa langsung praktikkan lho. Selamat mencoba! (ran)

 

RELATED ARTICLES

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi