Wednesday, May 18, 2022
BerandaGadgetCara Memindahkan Data dari HP Lama ke HP Baru

Cara Memindahkan Data dari HP Lama ke HP Baru

TechDaily.id – Tahukah kamu cara memindahkan data dari HP lama ke HP baru? Cara ini terkadang perlu diketahui, apalagi bagi para pembaca yang telah mengganti HP dan tidak ingin datanya hilang.

BACA JUGA
Cara Membuat Email Microsoft, Untuk Login Windows Hello

Saat mengganti smartphone, pekerjaan rumah (PR) yang harus dikerjakan oleh pemiliknya adalah memindahkan data ke HP baru. Beruntung, sekarang ini sudah banyak layanan yang mempermudah pekerjaan pemindahan data.

Jadi, kamu tidak perlu lagi kerepotan harus memindahkan data dari HP lama ke yang baru satu per satu. Selain tak praktis, cara tersebut juga memakan waktu lama bagi kamu untuk menyelesaikannya.

BACA JUGA
Cara Mengatasi Masalah HP realme Tak Bisa Akses Google Play Store

Namun sebelum kamu memulai untuk memindahkan data, sebaiknya kamu mem-backup segala sesuatu yang ada di ponsel lama untuk sekadar berjaga-jaga jika ada kendala.

Di perangkat Android, kamu bisa backup konten, data, dan pengaturan menggunakan akun Google. Sedangkan di iPhone, kamu bisa backup konten ke iCloud atau komputer.

Untuk transfer data dari satu ponsel ke yang baru sangat mudah. Kamu hanya perlu memastikan sinyal Wifi yang kuat dan perangkat terhubung ke sumber listrik.

Kamu juga harus memeriksa apakah kamu memiliki cukup ruang di perangkat baru untuk memuat semua konten yang ingin dipindahkan tersebut.

Cara Memindahkan Data dari HP Lama ke HP Baru

Transfer dari iPhone Lama ke yang Baru
Jika HP lama dan baru kamu adalah iPhone, Apple menawarkan Quick Start. Fitur ini memungkinkan kamu mengatur telepon baru menggunakan perangkat kamu saat ini.

Untuk menggunakan Quick Start, kamu perlu menyalakan ponsel baru dan dekatkan dekan ponsel lama kamu. Layar Quick Start akan muncul di ponsel saat ini, yang memberikan kamu opsi untuk mengatur iPhone baru menggunakan Face ID.

Jika ini tidak terjadi, periksa Bluetooth kamu dihidupkan atau tidak, tap lanjutkan dan kamu akan melihat gambar di ponsel baru. Pegang ponsel kamu saat ini dan kamu akan melihat pesan ‘Selesai di iPhone Baru.’

Jika ini tidak berhasil, kamu harus mendapatkan opsi untuk Otentikasi secara manual memasukkan password kamu sat ini di ponsel baru saat diminta. Kemudian, ikuti langkah-langkah yang diminta. Saat kamu mencapai layar Transfer Data, tap Transfer dari iPhone, simpan perangkat berdekatan satu sama lain sampai migrasi selesai.

Kamu akan melihat waktu utuk menstransfer yang akan bervariasi, bergantung pada seberapa banyak kamu mentransfer dan koneksi jaringan yang kamu gunakan. Selain Quick Start, kamu juga dapat mentransfer data menggunakan iCloud, iTunes, atau Finder, sebagaimana dikutip dari Forbes.

Transfer dari iPhone ke Android
Untuk mentransfer data dari iPhone ke ponsel Android, kamu perlu ikuti langkah berikut ini:

1. Unduh Google Drive ke iPhone kamu yang sudah ada.

2. Masuk ke akun Google kamu jika memilikinya atau membuatnya

3. Gunakan Google Drive untuk mencadangkan konten kamu dengan masuk ke Menu lalu Pengaturan lalu Cadangkan. Kamu dapat memilih hal-hal tertentu untuk dicadangkan atau dicadangkan semuanya.

4. Ketika ini selesai, masuk ke akun Google kamu di perangkat Android baru. Konten kamu, mulai dari foto dan acara hingga kontak harus ada di sana.

5. Sebelum kamu mengeluarkan kartu SIM dari iPhone, matikan iMessage, jika tidak, pesan dapat terus masuk ke ponsel lama kamu

Transfer Data dari Android ke Android
Jika kamu mengupgrade ponsel Android dan ingin memindahkan konten dari ponsel Android yang ada (Android 10 dan lebih tinggi), ikuti langkah-langkah berikut:

1. Masuk ke akun Google kamu di ponsel yang ada – atau buat akun jika belum memilikinya

2. Buat backup data kamu jika belum melakukannya

3. Sekarang nyalakan ponsel baru kamu dan ketuk mulai

4. Saat kamu mendapatkan opsi, pilih “salin aplikasi dan data dari ponsel lama kamu”

5. Kamu dapat melakukan ini dengan kabel untuk menghubungkan telepon atau dengan memilih Cadangan dari ponsel Android. Ikuti petunjuk selanjutnya yang kamu berikan untuk menyalin data

Artikel SebelumnyaHarga Paket Warnet Axis
Artikel SelanjutnyaSamsung Galaxy S20 vs Galaxy S21
Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi