Wednesday, September 22, 2021
BerandaGadgetTipsCara Memperbaiki File Corrupt

Cara Memperbaiki File Corrupt

Techdaily.id – Pernahkah kamu mengalami kegagalan saat tengah mengakses sebuah file penting? Jika iya, bisa jadi kamu mengalami kejadian file corrupt. Akan tetapi kamu tidak perlu panik, karena terdapat cara memperbaiki file corrupt yang bisa kamu coba langsung.

BACA JUGA
Cara Main Game Among Us yang Lagi Tren agar ikut hype

File corrupt atau rusak dapat terjadi karena program salah menuliskan data atau ada hal lain yang menganggu proses penulisan data sehingga file tersebut tidak bisa dibuka. Selain itu, file corrupt juga dapat terjadi karena kebiasaan buruk pengguna yang sering membiarkan aplikasi atau file tetap terbuka ketika laptop dimatikan.

Jika hal ini terjadi kepada kamu, jangan panik dan tetap tenang. Berikut akan kami bagikan cara memperbaiki file corrupt di laptop kamu.

Ubah Format File

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah buka file tersebut dengan format yang berbeda. Sebagai contoh, file yang corrupt dalam format .xls. Kamu dapat mengganti formatnya menjadi pdf menggunakan bantuan situs online converter yang tersedia, seperti Small PDF atau I Love PDF.

Coba Buka dengan Program Berbeda

Jika langkah pertama terasa rumit. Kamu bisa memperbaiki file corrupt dengan membukanya menggunakan program yang berbeda. Cukup klik kanan di file yang rusak, lalu pilih Open With dan pilih program yang berbeda untuk membukanya. Misalnya, kamu membuka file .jpeg dengan Paint atau aplikasi foto lainnya.

Periksa Disk Check Secara Manual

Untuk pengguna Windows 10, kamu dapat melakukan pengecekan disk secara manual dengan membuka folder dan memilih menu This PC. Kemudian klik kanan lalu pilih Properties dan klik tab Tools. Pilih Check, Scan Drive untuk memulai langkah pengecekan disk, dan klik Start. Tunggu beberapa saat program melakukan pengecekan.

Setelah proses scan selesai, ikuti rekomendasi atau saran yang diberikan untuk memperbaiki file corrupt atau menemukan bad sector yang harus diperbaiki. Setelah kamu mengikuti semua langkah, restart laptop dan periksa lagi file yang corrupt tadi. Jika berhasil, maka file yang corrupt tersebut akan bisa dibuka.

Gunakan System File Checker (SFC)

Untuk mengatasi file yang rusak pada Windows, kamu bisa menggunakan bantuan System File Checker (SFC) pada Command Prompt. Jalankan command prompt sebagai administrator dengan klik kanan pada logo Start, lalu pilih Command Prompt (admin). Lakukan scan dan perbaikan file yang rusak dengan memasukan perintah “sfc/scannow”. Kemudian, biarkan jendela terbuka hingga proses selesai dan tunggu beberapa saat.

Gunakan Software Repair Tools

Jika kamu sudah mencoba seluruh langkah dan tetap tidak bisa, ini adalah waktu yang tepat untuk kamu bertanya pada ahlinya. Ada beberapa software yang kami rekomendasikan, seperti Office Fix, Repair Toolbox, File Repair, dan masih banyak lagi.

Backup Data di Drive Lain secara Berkala

Cara memperbaiki file corrupt yang terakhir adalah membackup data di Driver lain. Untuk menyiasati file yang rusak, kamu bisa melakukan tindakan pencegahan dengan rajin melakukan backup data menggunakan drive, harddisk, atau cloud. Meski sering disepelekan, proses backup data ini akan memberikan kenyaman kepada kamu di masa depan. Sebab, ketika salah satu file ada yang corrupt, kamu dapat memulihkannya kembali dengan memindahkannya dari drive lain di tempat kamu melakukan backup file tersebut. Dan, voila! File yang tadinya rusak bisa kamu buka kembali.

BACA JUGA
Cara Menghubungi Call Center Telkomsel

Nah, berikut cara memperbaiki file corrupt pada laptop yang bisa kamu coba. Pastikan untuk menjaga kesehatan laptop dengan menutup semua aplikasi saat laptop dimatikan, dan lakukan update software antivirus untuk mencegah file corrupt karena terserang virus.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi