Tuesday, November 29, 2022
BerandaGadgetCara Memperbaiki Masalah Ghost Touch di Android

Cara Memperbaiki Masalah Ghost Touch di Android

TechDaily.id – Banyak smartphone mengalami masalah mengganggu yang disebut ghost touch. Begini cara memperbaiki masalah ghost touch di Android.

Masalah ghost touch dapat disebabkan beberapa faktor eksternal yang dapat diperbaiki pengguna normal. Tapi, ada beberapa masalah yang memerlukan kamu pergi ke pusat perbaikan.

Apalagi jika penyebab dasarnya adalah masalah hardware. Memang apa sih ghost touch ini? Ghost touch adalah istilah yang digunakan saat layar merespons tekanan atau input yang sebenarnya tidak kamu lakukan.

Apa yang dilakukan “hantu” akan bervariasi dari beberapa perangkat ke perangkat. Tapi, tampaknya masalah menjadi lebih umum di beberapa perangkat.

Cara Memperbaiki Masalah Ghost Touch di Android

  1. Cabut Kabel Charger
    Masalah ghost touch hanya terjadi ketika ponsel terhubung ke stopkontak. Ini terutama mungkin jika kamu menggunakan pengisi daya/kabel dengan kualitas palsu. Pada dasarnya apa yang terjadi di sini adalah pengisi daya dan kabel ini memengaruhi fungsi digitizer yaitu sensor yang mendeteksi input sentuhan kamu.

Jika menghadapi masalah ghost touch saat mengisi daya ponsel, sebaiknya kamu mengganti pengisi daya atau kabel pengisi daya dengan yang baru/lebih baik.

  1. Matikan Aplikasi Berjalan di Background
    Solusi sederhana yang dapat memecahkan banyak masalah. Memiliki banyak aplikasi yang berjalan di background dapat menyebabkan banyak masalah. Secara umum, aplikasi yang terbuka di background dapat menyebabkan gangguan pada tingkat perangkat lunak yang dapat menyebabkan masalah ghost touch. Membersihkannya menjadi langkah pemecahan masalah pertama.
  2. Cabut Screen Protector atau Tempered Glass
    Masalah juga dapat terjadi karena screen protector yang sedikit kotor menempel di belakangnya. Sarannya, cabut pelindung, bersihkan layar secara menyeluruh.
BACA JUGA
Trik Menjalankan Aplikasi Mac di PC Windows

Kemudian ganti screen protector. Namun, pastikan untuk menggantinya dengan pelindung layar berkualitas baik, sebagaimana dikutip dari Next Pit.

  1. Bersihkan Case Ponsel
    Area yang dapat ditindaklanjuti di banyak layar ponsel cerdas kini meluas ke sisi perangkat. Itu tidak hanya dapat menyebabkan masalah deteksi sentuhan yang tidak diinginkan yang disebabkan oleh tangan kita, tetapi juga ketika casing ponsel tidak terpasang dengan benar, atau lebih buruk lagi, kotor.

Mirip dengan tips pelindung layar di atas, lepaskan casing ponsel, bersihkan dengan benar lalu pasang kembali di ponsel setelah kering. Ingatlah untuk berhati-hati jika casing memiliki fitur khusus seperti magnet internal, baterai, atau lainnya sebelum membersihkan aksesori.

Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi