Monday, June 17, 2024
BerandaGadgetCara Mengatasi HP Lemot dalam Waktu Singkat

Cara Mengatasi HP Lemot dalam Waktu Singkat

TechDaily.id – Cara mengatasi HP lemot sebenarnya tidak sesulit yang dipikirkan. Ada sejumlah metode yang bisa diperhatikan untuk mengatasi HP yang mulai lemot.

Seiring dengan pemakaian, kinerja smartphone tidak sekencang saat baru. Terkadang smartphone pun akan terasa lemot saat digunakan. Alhasil, pengguna merasa kesal.

Mengingat memakai smartphone lemot tidak menyenangkan dan bisa menghambat pekerjaan, Anda punya beberapa solusi. Berikut ini penjelasannya.

Cara Mengatasi HP Lemot

  1. Uninstall Aplikasi yang Tak Terpakai

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah uninstall aplikasi yang sudah tidak terpakai. Karena aplikasi yang tak digunakan ini memakan ruang penyimpanan, dan bisa menghambat RAM berjalan di background.

  1. Menggunakan Aplikasi Versi Lite

Anda bisa mengatasi HP lemot dengan menggunakan aplikasi versi Lite. Google dan perusahaan teknologi lainnya sudah menawarkan aplikasi versi Lite tersebut.

  1. Hapus Cache Aplikasi

Selanjutnya Anda bisa menghapus cache aplikasi. Terlalu banyak cache, menghabiskan ruang dan memori sehingga memperlambat ponsel. Pergi ke pengaturan, pilih aplikasi, dan bersihkan semua cache.

  1. Jangan Gunakan Wallpaper Bergerak

Sebaiknya Anda jangan gunakan wallpaper bergerak karena bisa memperlambat sistem operasi Android. Ada baiknya Anda menggunakan wallpaper statis saja agar tidak menghambat.

  1. Mengurangi Widget

Tak hanya mempercantik, widget juga berguna sebagai shortcut. Meski terlihat cantik, widget juga menghabiskan banyak RAM, sehingga membuat ponsel Anda melambat.

  1. Mematikan Sinkronisasi Otomatis

Menyinkronkan otomatis tidak hanya memakan ruang, tapi juga menghabiskan baterai. Jadi coba matikan sinkronisasi otomatis.

  1. Tutup Aplikasi Berjalan

Ponsel Android yang lemot bisa disebabkan terlalu banyak aplikasi yang berjalan pada waktu yang bersamaan. Aplikasi yang berjalan secara bersamaan ini membuat OS berjalan ekstra.

Tama
Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi