Wednesday, September 22, 2021
BerandaGadgetTipsCara Mengatasi Komputer Panas, Biar Gak Overhead

Cara Mengatasi Komputer Panas, Biar Gak Overhead

Techdaily.id – Jika komputer atau laptop kamu mengalami panas berlebih tentu akan berpengaruh pada performa perangkat tersebut. Sebetulnya, terdapat banyak cara mengatasi komputer panas yang cukup sederhana dan bisa kamu kerjakan sendiri tanpa perlu ke tukng servis.

BACA JUGA
Cara Membuat Lambang Pangkat di Word, Gampang Sob!

Seperti diketahui, panas adalah musuh komponen komputer, terutama dalam segi umur dan kinerja. Parahnya, panas berlebih atau overheating bisa merusak komponen secara permanen.

Jadi, sangat penting bagi kamu untuk memastikan perangkat komputer atau laptop memiliki suhu yang cukup dingin. Sebelum memulai diagnosa masalah overheating di komputer, kamu perlu memeriksa level temperatur.

Nah, untuk memantau suhu komputer, kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti HWMONITOR atau SpeedFan. Beberapa laptop dan motherboard bahkan hadir dengan in-built untuk melakukan hal yang sama.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengukur suhu komputer

a. Download salah satu aplikasi pemantauan suhu komputer yang disebutkan di atas
b. Pastikan menjalankan pengaturan sebagai administrator dan selanjutnya
c. Jika kamu tidak segera melihat suhu, buka Sensor> Temperature. Kebanyakan aplikasi akan memiliki opsi ini

Langkah ini juga bisa kamu lakukan ketika sedang bermain game atau sedang melakukan pekerjaan keras seperti saat melakukan render editing video. Sekadar informasi, suhu normal komputer ketika digunakan adalah 120ºF (48ºC) dalam penggunaan normal.

Namun, selama tugas berat seperti bermaingame, perangkat Anda dapat mencapai hingga 176ºF (80ºC). Rentang suhu dapat bervariasi tergantung pada suhu kamar Anda. Tapi, secara umum, itu pertanda buruk jika CPU Anda melebihi suhu.

Nah, jika CPU dan GPU perangkat kamu terlalu panas, berikut adalah cara mengatasi komputer panas versi Redaksi Techdaily.

1. Bersihkan Debu
Akumulasi debu adalah salah satu alasan utama overheating. Debu dapat menempel pada kipas, kabel, dan komponen lainnya, sehingga mengganggu aliran udara. Debu yang berlebihan juga secara tidak langsung akan mempengaruhi kinerja komputer kamu karena panas yang dihasilkannya.

Jika Anda tinggal di lingkungan yang relatif bebas debu, sebaiknya bersihkan lemari komputer Anda setiap beberapa bulan sekali. Untuk pengguna lain, pembersihan bulanan adalah ide yang bagus. Sebelum Anda mulai membersihkan PC Anda, pastikan untuk melepaskan semua kabel dari soket listrik.

2. Cek Kipas Komputer
Kipas yang terpasang pada kabinet Anda membantu menghilangkan panas yang dihasilkan oleh komponen. Kecepatan kipas secara otomatis menyesuaikan sendiri tergantung pada suhu, tetapi terkadang dapat tidak berfungsi.

Nyalakan komputer Anda dan periksa apakah semua kipas berfungsi. Selain itu, jalankan tugas intensif sumber daya dan lihat apakah kipas bertambah cepat setelah beberapa menit. Idealnya, kipas harus lebih cepat karena lebih banyak panas yang dihasilkan. Jika kipas terus berputar pada kecepatan yang sama, tetapi suhunya tinggi, Anda mungkin perlu melihat lebih dekat.

3. Modifikasi Pengaturan Komputer
Terkadang, pengaturan daya Anda mungkin salah dikonfigurasi, sehingga menghasilkan penggunaan CPU yang lebih tinggi dan, selanjutnya, kepanasan.

Anda bisa membatasi FPS saat bermain game. Ini tidak hanya akan memberikan FPS stabil, tapi mengurangi beban pada GPU Anda tanpa mengorbankan kualitas visual.

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi