Sunday, August 14, 2022
BerandaGadgetTipsCara Mengatasi Masalah Ponsel Tak Bisa Di-charger

Cara Mengatasi Masalah Ponsel Tak Bisa Di-charger

Techdaily.id – Kamu perlu tahu cara mengatasi masalah ponsel tak bisa di-charger. Karena, tidak selamanya ponsel pintar yang kamu pegang akan selalu dalam kondisi prima tanpa masalah apa pun selama dipakai.

BACA JUGA
Cara Berjualan di Tokopedia, Gampang kok!

Ponsel menggunakan baterai yang perlu diisi ulang terus-menerus. Namun, mungkin ada saat-saat ketika kamu mengalami masalah saat mencolokkan kabel pengisian daya tidak tidak berfungsi pada ponsel.

Masalah semacam itu bisa mengkhawatirkan karena dapat berarti kamu mengirim telepon untuk diperbaiki, yang terkadang bisa mahal, tergantung pada masalah yang dihadapi. Beruntung, sebelum kamu bergegas ke raprasi terdekat, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memecahkan.

Cara Mengatasi Masalah Ponsel Tak Bisa Di-charger

1. Jika kamu mengisi daya dari stopkontak, pastikan tidak ada masalah dengan stopkontak itu sendiri. Coba colokkan perangkat atau colokan alternatif untuk memastikan stopkontak berfungsi.

2. Jika kamu mengisi daya ponsel dari komputer melalui port USB-nya, pastikan port itu sendiri berfungsi dengan mencolokkan perangkat berbasis USB lainnya.

3. Mungkin juga port USB yang kamu colokkan tidak memberikan daya yang cukup untuk mengisi daya perangkat. Jadi cobalah beralih ke port USB lain atau coba colokkan perangkat lain untuk melihat apakah perangkat akan terisi daya.

BACA JUGA
Cara Mendapatkan Kuota Gratis XL 2021

4. Jika tidak ada masalah dengan sumber daya, kamu mungkin memiliki adaptor yang rusak. Jika kamu memiliki adaptor daya USB lain, coba beralih ke adaptor lain untuk melihat apakah itu berfungsi.

5. Jika itu tidak berhasil, masalahnya mungkin ada pada kabel pengisi daya itu sendiri. Untuk pengguna iPhone, coba cari kabel Lightning yang berbeda, sementara pemilik Android dapat mencoba kabel micro USB atau USB-C yang berbeda untuk melihat apakah itu dapat menyelesaikan masalah mereka.

6. Dalam beberapa kasus, menggunakan aksesori tidak resmi dapat menyebabkan masalah dengan pengisian daya. Misalnya, kabel Lightning di iPhone memerlukan microchip khusus yang harus dilisensikan, jadi ada kalanya menggunakan aksesori yang tidak berlisensi dapat menyebabkan ponsel Anda menampilkan pesan kesalahan yang mengatakan aksesori tidak didukung.

7. Bersihkan port pengisian daya dengan meniupnya atau menggunakan sesuatu yang kecil seperti tusuk gigi untuk mencoba mengeluarkan kotoran. Karena ponsel kita sering tertinggal di tas dan saku, debu, serpihan, serat, dan sebagainya dapat tersangkut di port pengisian daya. Ini dapat mencegah kabel pengisian daya melakukan kontak yang benar, yang pada gilirannya mencegah ponsel mengisi daya.

Jika semua langkah di atas tidak menyelesaikan masalah, maka ada kemungkinan besar masalahnya terletak pada telepon. Apakah itu masalah perangkat keras atau masalah perangkat lunak.

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi