Tips

Cara Mengatasi Whatsapp Tak Bisa Kirim Gambar

Techdaily.id – WhatsApp adalah salah satu aplikasi sekaligus media komunikasi yang paling banyak digunakan saat ini. Saat berkomunikasi menggunakan WhatsApp, tidak melulu hanya berkirim chat saja, tapi ada kalanya pengguna ingin mengirimkan gambar atau video. Namun ada kalanya proses pengiriman gambar ini tidak dapat dilakukan karena WhatsApp error atau mengalami kendala lainnya. Nah beginilah cara mengatasi WhatsApp tak bisa kirim gambar.

BACA JUGA
Review OPPO Reno 3, Kameranya Keren Coy

  1. Mengatur waktu otomatis

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi WhatsApp tidak bisa mengirim gambar adalah dengan mengatur waktu otomatis. Android memiliki pengaturan waktu otomatis atau manual. Biasanya ada beberapa yang tidak sengaja membuat pengaturan waktu manual di HP yang menyebabkan beberapa aplikasi tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya, termasuk WhatsApp. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke menu pengaturan di HP dan pilih opsi Sistem
  • Lalu klik pilihan tanggal dan waktu
  • Geser slider ke kanan dan pilih tanggal dan waktu otomatis

2. Memberi Akses Penyimpanan

Cara selanjutnya untuk mengatasi WhatsApp tidak bisa mengirim gambar adalah dengan memberi akses penyimpanan untuk aplikasi WhatsApp di HP mu. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke menu Pengaturan dan pilih Aplikasi dan notifikasi
  • Kemudian pilih WhatsApp
  • Setelah masuk ke info aplikasi WhatsApp, klik izin
  • Selanjutnya klik opsi izinkan pada penyimpanan
  • Sudah selesai. Coba kembali buka aplikasi WhatsApp mu dan coba mengirimkan sebuah gambar kepada temanmu.

Selain kedua faktor diatas, biasanya koneksi internet yang lambat juga bisa mengakibatkan WhatsApp tidak bisa mengirimkan foto atau gambar. Untuk itu perlu dipastikan bahwa sinyal internet yang kita gunakan stabil sehingga bisa digunakan untuk mengirimkan foto atau gambar melalui aplikasi WhatsApp.

Tak hanya itu, biasanya pengiriman foto atau gambar melalui WhatsApp juga bisa eror jika kita mengirimkan banyak foto sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Oleh karena itu, sebaiknya jangan mengirim gambat atau foto dalam jumlah banyak sekaligus, tapi kurangi jumlah foto yang ingin kamu kirimkan.

3. Atur Viabilitas Media

WhatsApp memiliki update baru bernama Viabilitas media. Jika menonaktifkan fitur ini, maka semua foto di galeri akan menghilang. Oleh karena itu juga tidak akan bisa mengirim foto. Untuk mengatur viabilitas media ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp dan masuk ke menu Setelah
  • Setelah itu masuk ke pengaturan chat dan klik di bagian aktifkan viabilitas media
  • Selesai
BACA JUGA
Cara Menghemat Baterai Xiaomi, Gampang Kok

Itulah dia cara mengatasi WhatsApp tak bisa kirim gambar. Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat. (ira)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close