Tuesday, November 29, 2022
BerandaGadgetTipsCara Mengembalikan Aplikasi ke Versi Lama di Android

Cara Mengembalikan Aplikasi ke Versi Lama di Android

TechDaily.id – Cara mengembalikan aplikasi ke versi lama di Android bisa dengan mudah kamu lakukan. Jika kamu ingin tahu, coba simak artikel di bawah ini agar bisa melakukannya.

BACA JUGA
Cara Tambahkan Blur ke Foto di Google Photos

Kamu terkadang memerlukan aplikasi versi lebih lama di ponsel. Baik karena yang baru mogok, telah memperkenalkan fitur atau opsi baru yang rusak, atau hanya karena kamu tidak menyukai perubahan terbaru, ada banyak alasan untuk mengembalikan pembaruan.

Di Android, mengembalikan aplikasi ke versi yang lebih lama untungnya merupakan proses yang cukup mudah, dan kami akan memandu kamu melaluinya di sini.

BACA JUGA
Cara Mengatasi Baterai Boros di HP Infinix

Jika kamu melakukan roll back untuk memperbaiki masalah, langkah pertama adalah memberi tahu pengembang tentang masalah tersebut dengan laporan. Dengan begitu, masalah apa pun yang kamu alami dapat diatasi di pembaruan mendatang, dan kamu tidak akan terjebak pada versi yang ketinggalan zaman.

Selain itu, jika kamu terdaftar dalam Program Perlindungan Lanjutan Google, kamu tidak akan dapat melakukan sideload aplikasi. Artinya, meskipun kamu dapat menghapus versi saat ini dari aplikasi tertentu, kamu tidak akan dapat menginstal ulang versi yang lebih lama secara manual, dan tidak ada solusi sederhana.

Cara Mengembalikan Aplikasi ke Versi Lama di Android

1. Uninstall Versi Saat Ini
Untuk memulai, kamu harus mencopot pemasangan aplikasi yang dimaksud, dan terkadang itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Sebagian besar aplikasi pihak ketiga dapat dengan mudah dihapus, tetapi aplikasi sistem yang disertakan dengan ponsel kamu mungkin tidak dapat dihapus.

Hal terbaik yang dapat dilakukan, dalam kasus tersebut, adalah mencopot pemasangan pembaruan apa pun yang mungkin ada di atas aplikasi asli. Sistem atau sebaliknya, cara termudah dan paling universal untuk mencopot pemasangan aplikasi adalah melalui aplikasi Pengaturan.

Dimungkinkan untuk uninstall aplikasi atau pembaruan pihak ketiga melalui cara lain, seperti menekan lama ikon aplikasi di beberapa peluncur atau melalui Play Store. Tapi, metode ini seharusnya berfungsi di hampir semua perangkat Android.

2. Install versi yang Anda inginkan
Jika kamu berada dalam Program Perlindungan Lanjutan Google, kamu tidak akan dapat melakukan langkah-langkah yang dijelaskan di bawah ini. Seluruh proses ini tidak akan berhasil untuk kamu karena tidak akan dapat melakukan sideload aplikasi.

Setelah aplikasi dihapus, saatnya untuk menginstal ulang versi yang kamu inginkan. Jika saja ada beberapa repositori historis yang luas dari hampir setiap APK Android yang kamu inginkan atau butuhkan untuk kemudahan instalasi.

Cukup pergi ke sana dan cari aplikasi yang kamu butuhkan. Jika kamu tidak tahu versi mana yang diinginkan dan memutar kembali untuk memperbaiki masalah, coba ingat tanggal berapa kamu pertama kali mengalami masalah, dan lihat satu atau dua versi di belakang waktu itu.

Pertimbangkan juga untuk menghubungi pengembang dengan laporan masalah kamu, dan periksa kembali nanti masalah telah diperbaiki, kamu tidak ingin tetap menggunakan versi lama terlalu lama, ini bisa menjadi masalah keamanan.

3. Nonaktifkan Update Jika Perlu
Setelah versi aplikasi yang kamu inginkan diinstal, tujuan kamu telah tercapai. Namun, kamu harus ingat pembaruan berikutnya kemungkinan akan menggantikan versi yang dibatalkan yang telah kamu instal.

Sekali lagi, ini dapat berubah menjadi masalah keamanan jika kamu terjebak pada versi yang terlalu lama, tetapi kamu dapat menonaktifkan pembaruan otomatis untuk memastikan aplikasi tidak diganti secara tidak sengaja.

Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi