Wednesday, September 22, 2021
BerandaGadgetTipsCara Menggunakan Fitur Blend di Spotify untuk Pengguna Musik

Cara Menggunakan Fitur Blend di Spotify untuk Pengguna Musik

Techdaily.id – Aplikasi musik popular Spotify baru saja merilis fitur baru yang memungkinkan dua pengguna menggabungkan daftar putar (playlist) mereka menjadi satu. Fitur yang diberi nama Blend ini sudah diumumkan ke pengguna global setelah diuji coba selama beberapa bulan. Cara menggunakan fitur blend di Spotify juga sejatinya cukup mudah loh.

BACA JUGA
Cara Menghilangkan Iklan di Chrome, Gak Ribet!

Saat ini pengguna Spotify di Indonesia sudah bisa mencoba fitur ini. Untuk menggabungkan playlist, Blend menggunakan teknologi yang sama dengan fitur daftar putar gabungan yang sudah ada di Spotify sebelumnya, seperti Family Mix dan Duo Mix.

Fitur Blend bisa digunakan baik oleh pelanggan premium maupun pelanggan non-premium. Setelah dua orang terkoneksi dalam Blend, Spotify akan mengukur seberapa cocok kecenderungan genre musik mereka. Dari skor kecocokan itu, pengguna akan disodori playlist yang menggabungkan taste musik yang mirip dari dua pengguna.

Pengguna juga bisa melihat kira-kira lagu apa yang paling cocok bagi mereka menurut algoritma Spotify. Meskipun semua pengguna Spotify bisa menggunakan fitur Blend, tapi pelanggan premium akan mendapat fitur tambahan. Pelanggan premium akan bisa melihat lagu mana yang berkontribusi untuk msing-masing lagu dalam playlist Blend.

Blend menjadi cara Spotify utuk menarik pengguna baru dengan bergabung ke playlist teman. Berikut adalah cara menggunakan fitur Blend di Spotify :

-Buka search/pencarian, lalu pilih menu “Made for you/dibuat untuk Anda”

-Klik “Create a Blend” yang ada di sisi atas layar.

-Kemudian, undang teman yang ingin diajak bergabung dengan mengetuk tombol “Invite”. Undangan bisa dibagikan lewat apliasi perpesanan, seperti WhatsApp atau Telegram. Teman yang diundang akan mendapat banner/spanduk berupa skor kecocokan musik.

-Tunggu hingga teman bergabung ke playlist Blend. Jika sudah terkoneksi, playlist akan terkurasi secara otomatis. Playlist Blend bisa ditemukan di menu Made for you.

BACA JUGA
Cara Screenshot Samsung A51, Mudah Kok!

Cara membagikan Blend Stories ke Instagram Stories atau medsos lain Playlist ini juga bisa dipindah ke Home dengan cara klik ikon hati yang ada di bawah spanduk, lalu klik titik tiga di sebelah ikon hati dan pilih “Add to profile”.

Untuk melihat lagu apa yang paling “menyatukan” dua pendengar, klik titik tiga di sebelah ikon hati, kemudian pilih “View Blend story”. Jika ingin membagikan stories Blend ke media sosial lain, cukup klik “Share this story” yang ada di sisi bawah. Untuk meninggalkan playlist Blend, klik titik tiga di sebelah ikon hati, lalu klik “Leave Blend”.

Demikianlah cara menggunakan fitur Blend di Spotify. Semoga petualang musikmu semakin seru.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi