Thursday, July 18, 2024
BerandaTechCara Menggunakan Google Home, Rumah Pintar Makin Optimal!

Cara Menggunakan Google Home, Rumah Pintar Makin Optimal!

Di era internet yang semakin canggih ini, mengatur segala sesuatu di rumah hanya dengan smartphone menjadi sangat mungkin. Konsep smart home memungkinkan kamu untuk memantau dan mengelola perabotan rumah dari jarak jauh menggunakan teknologi yang terhubung dengan internet, salah satunya adalah Google Home.

Baca juga: Smart Home, Solusi Rumah Tetap Aman Saat Mudik Lebaran!

Smart home adalah tempat tinggal berbasis teknologi yang terhubung dengan internet dalam sebuah sistem. Teknologi ini memungkinkan pemilik rumah, untuk melakukan pemantauan dan pengelolaan jarak jauh pada perabotan sebagai perangkat smart home.

Mengenal Google Home

Cara Menggunakan Google Home 1

Salah satu aplikasi pengatur smart home yang diluncurkan oleh Google adalah Google Home. Aplikasi ini tidak hanya membantu mengatur perabotan rumah, tetapi juga memberikan pengalaman memiliki asisten virtual pribadi.

Bayangkan kamu memiliki asisten seperti Tony Stark di film Avengers yang membantu mengatur rumahmu, itulah konsep Google Home.

Namun, aplikasi ini hanya berfungsi sebagai penghubung dengan perangkat smart home lainnya. Menurut laman resmi Google, aplikasi ini digunakan untuk mengontrol perangkat Google seperti Google Nest atau Nest Thermostat.

BACA JUGA
Cara Download Aplikasi Kinemaster Diamond Tanpa Watermark

Google Nest adalah speaker pintar yang bisa kamu jadikan semacam asisten rumah tangga cerdas. Sementara itu, Nest Thermostat adalah termostat pintar yang digunakan untuk mengatur suhu ruangan di rumah.

Keunggulan Google Home

Google Home memiliki kemampuan untuk menghubungkan berbagai perangkat dari perusahaan lain seperti lampu, kamera, layar, router Wi-Fi, dan berbagai perangkat smart home lainnya, asalkan perangkat tersebut kompatibel dengan aplikasi ini.

Google Nest adalah salah satu perangkat andalan yang dapat dihubungkan dengan Google Home. Ini adalah speaker pintar yang berfungsi sebagai asisten rumah tangga cerdas, sementara Nest Thermostat adalah termostat pintar yang membantu mengatur suhu ruangan di rumahmu.

Dengan dua perangkat ini, kamu dapat mengontrol hampir seluruh aspek rumah pintar hanya dengan menggunakan suara atau aplikasi di ponselmu.

Cara Menggunakan Google Home Beserta Fitur dan Manfaatnya

Untuk mulai menggunakan Google Home, berikut langkah-langkah yang perlu kamu ikuti:

  • Unduh Aplikasi: Unduh aplikasi Google Home dari Play Store atau App Store di smartphone kamu.
  • Buka Aplikasi: Buka aplikasinya di ponselmu.
  • Tambahkan Perangkat: Ketuk bagian ‘Perangkat’ dan kemudian ketuk logo ‘+’ atau ‘Tambahkan’.
  • Ikuti Instruksi: Ikuti langkah-langkah dalam aplikasi untuk menyelesaikan pengaturan.
  • Atur Perangkat: Setelah perangkat terhubung, kamu bisa mengatur jadwal, menggunakan perintah suara, atau mengontrol melalui aplikasi tersebut.
BACA JUGA
PDF Reader Terbaik untuk Android

Fitur-fitur yang Ditawarkan

Google Home dapat mengontrol lebih dari 50.000 perangkat smart home. Berikut adalah beberapa fitur utama yang bisa kamu gunakan:

  • Speaker dan Layar Google Nest dan Home: Kamu bisa mengontrol volume, ekualisasi (EQ), serta memutar, menjeda, melewati, atau mengulangi lagu, podcast, atau buku audio.
  • Pixel Tablet (Mode Hub Khusus): Mengontrol volume dan menghentikan transmisi dari dok speaker Pengisi Daya.
  • Kamera: Melihat streaming video langsung dari kamera yang kompatibel dan mengubah setelan serta histori tampilan untuk kamera yang lebih baru.
  • Termostat: Menyesuaikan suhu, mengubah mode, dan memeriksa suhu ruangan dari termostat yang kompatibel.
  • Perangkat Chromecast: Mengontrol volume layar dan memutar, menjeda, atau mengulangi bagian video, film, atau acara TV.
  • Lampu: Menyalakan dan mematikan lampu smart serta menyesuaikan kecerahannya.
  • Steker Smart: Menyalakan dan mematikan steker smart yang kompatibel.

Manfaat Menggunakan Google Home

Menggunakan Google Home memberikan banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari, di antaranya:

  • Kemudahan Kontrol: Mengontrol berbagai perangkat rumah hanya dengan suara atau aplikasi, membuat hidup lebih nyaman dan efisien.
  • Hemat Energi: Mengatur perangkat untuk mati otomatis ketika tidak digunakan dapat membantu menghemat energi dan biaya listrik.
  • Keamanan Tambahan: Melihat streaming langsung dari kamera keamanan di rumah kapan saja dan di mana saja, meningkatkan keamanan rumahmu.
  • Pengaturan Suhu Optimal: Mengatur suhu ruangan secara otomatis dengan termostat pintar untuk kenyamanan maksimal.
  • Pengalaman Hiburan Terbaik: Mengontrol perangkat hiburan seperti TV, speaker, dan lainnya untuk pengalaman menonton dan mendengarkan yang optimal.
BACA JUGA
Cara Cek Jalur Mudik Secara Real Time agar Tak Terjebak Macet

Kontrol Jarak Jauh dan Akses Bersama

Perangkat yang terhubung ke Google Home bisa dikontrol oleh semua penghuni rumah dan dapat diakses dari jarak jauh melalui aplikasi Google Home. Ini membuat pengelolaan rumah pintar menjadi lebih praktis dan efisien.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk berbagi akses dengan anggota keluarga lainnya, sehingga mereka juga dapat mengontrol perangkat rumah dari jarak jauh.

Itulah ulasan lengkap mengenai cara menggunakan Google Home untuk mengatur perabotan rumahmu. Dengan teknologi ini, mengelola rumah menjadi lebih mudah dan praktis.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi