Wednesday, December 1, 2021
BerandaGadgetTipsCara Menghapus Baris di Excel, Mudah Kok!

Cara Menghapus Baris di Excel, Mudah Kok!

Techdaily.id – Bekerja menggunakan Microsoft Excel sudah menjadi kebutuhan pekerjaan sebagian besar orang di zaman sekarang. Namun pada saat membuat suatu pekerjaan dengan perangkat ini, kadang terjadi kesalahan pada baris atau kolom yang kita buat sehingga mengharuskn kita untuk menghapusnya. Sayangnya, kadang masih ada yang kurang paham cara menghapus baris di excel. Padahal cara ini sangat mudah dilakukan. Simak ulasannya berikut ini ya!

BACA JUGA
Cara Download Windows 10 Original, Gratis Loh!

Menghapus baris dan kolom yang kosong pada Microsoft Excel bertujuan untuk merapikan hasil pekerjaan kita pada lembar kerja Excel sehingga data yang dihasilkan akan terlihat lebih praktis. Jika baris atau kolom yang ingin dihapus tidak terlalu banyak, maka kita bisa menggunakan fitur delete row untuk menghapusnya. Namun bagaimana jika baris yang ingin kita hapus cukup banyak? Jika kita tetap menggunakan fitur delete row tadi tentu akan membutuhkan waktu yang lama.

Untuk itu, dalam artikel ini akan dijelaskan cara menghapus baris pada Microsoft Excel sehingga akan memudahkan pekerjaan kita menggunakan perangkat ini dan menghasilkan data yang terlihat rapi dan praktis.  Berikut ini adalah caranya:

  1. pilih baris yang akan dihapus. bisa menggunakan ctrl pada keyboard untuk memudahkan pekerjaan
  2. klik kanan pada salah satu baris atau sel yang sudah dipilih di awal
  3. klik menu delete
  4. jika yang diseleksi adalah baris, maka secara otomatis baris-baris tersebut akan terhapus, tapi jika yang diseleksi adalah sel, maka akan muncul pilihan “option box delete” lalu pilihlah “entire row” pada kotak pilihan tersebut
  5. klik oke dan baris atau sel yang ingin dihapus sudah selesai
BACA JUGA
Pahami Kelebihan dan Kekurangan VPN Sebelum Digunakan, Apa Saja?

Selain menggunakan klik kanan seperti yang sudah dijelaskan diatas, menghapus baris pada Excel juga dapat dilakukan dengan menggunakan menu “delete show rows yang terdapat di tab menu home, lalu pilih cell group dan kemudian klik delete”. Cara ini lebih praktis digunakan. Namun pilihannya tergantung pada pengguna ingin menggunakan cara yang mana karena semua tujuannya adalah sama untuk menghapus baris.

Jika ingin menghapus baris kosong sekaligus pada Microsoft Excel dapat dilakukan dengan cara berikut ini :

  1. pilih kolom mana saja yang terdapat baris kosong yang akan dihapus
  2. pilih menu “go to spesial”di tab home, lalu klik editing dan find and selection
  3. muncul pilihan blank pada menu go to special dan klik kemudian oke
  4. klik kanan pada salah satu sel atau baris yang terseleksi lalu pilih menu delete kemudian entire row
  5. selesai

Demikianlah beberapa cara menghapus baris di Excel yang bisa digunakan. Cara mana pun yang digunakan sama saja, tergantung pengguna karena hasilnya akan sama-sama menghapus baris. Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat ya! (ira)

 

 

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi