Wednesday, September 29, 2021
BerandaGadgetTipsCara Menghemat Baterai Android

Cara Menghemat Baterai Android

Techdaily.id – Masalah klasik dari sebuah smartphone Android adalah daya tahan baterainya. Namun untuk membuat baterai HP lebih awet ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Nah dalam artikel ini kita akan membahas cara menghemat baterai Android yang membuat smartphone kamu bisa tahan seharian tanpa sering-sering mengisi daya.

  1. Redupkan Cahaya Layar

Cara ini adalah yang paling standar bisa dilakukan untuk menghemat baterai Android. Pengaturan cahaya layar yang tinggi biasanya membuat pemakaian daya menjadi lebih tinggi sehingga baterai lebih boros. Untuk itu, redupkan cahaya layar di HP untuk menghemat baterai. Selain menghemat baterai, cara ini juga bisa membantu mata agar tidak cepat lelah ketika bermain HP.

2. Matikan Fitur Getar

Cara kedua untuk menghemat baterai di HP Android adalah dengan mematikan fitur getar. Biasanya fitur getar ini diaktifkan sebagai penanda pesan atau panggilan masuk. Namun untuk menghemat baterai, sebaiknya fitur ini dimatikan. Atau paling tidak matikan saja fitur getar pada saat mengetik teks karena penggunaannya tidak terlalu efektif.

3. Matikan Fitur Lokasi (GPS)

Cara selanjutnya adalah dengan mematikan fitur lokasi (GPS). Fitur GPS ini akan sangat bermanfaat ketika kita ingin mencari suatu lokasi dengan smartphone. Namun jika sudah tidak digunakan lagi, sebaiknya matikan fitur GPS.

4. Aktifkan Fitur Penghemat Baterai

Smartphone Android saat ini sudah semakin canggih dengan adanya fitur penghemat baterai. Untuk menghemat penggunaan baterai, sebaiknya kamu perlu mengaktifkan fitur ini. Biasanya fitur ini daktifkan pada saat baterai mendekati low-batt.

5. Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Biasanya kita suka mengunduh sebuah aplikasi, namun tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini bisa mengakibatkan pemakaian baterai menjadi lebih boros. Oleh karena itu, untuk menghemat baterai smartphone kamu, sebaiknya hapus aplikasi yang tidak diperlukan.

6. Jangan Gunakan Banyak Widget di Homescreen

Pemakaian banyak widget di homescreen juga mengakibatkan penggunaan baterai menjadi lebih banyak sehingga lebih boros. Sebaiknya buatlah tampilan homescreen dengan lebih kosong atau lebih sedikit widget untuk menghemat pemakaian baterai.

BACA JUGA
Ini Jadwal Smartphone Xiaomi yang Dapatkan Android Q Beta

Itulah 7 cara menghemat baterai Android. Dengan cara diatas, kemungkinan pemakaian baterai di smartphone kamu menjadi lebih awet dan tahan lama sehingga tidak perlu terlalu sering menchrger HP. (ira)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi