Tuesday, July 27, 2021
BerandaEnterpriseSolutionsCara Mengukur Jarak di Google Maps dengan Cepat

Cara Mengukur Jarak di Google Maps dengan Cepat

Techdaily.id – Siapa sih yang tidak tahu aplikasu Google Maps ? Salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh Google ini menjadi aplikasi wajib yang ada di smartphone, terkhusus Andorid. Google Maps memberikan layanan citra satelit, peta jalan, panorama 360 derajat, kondisi jalan dan perencanaan rute perjalanan bagi kamu yang hendak bepergian baik itu menggunakan mobil, motor atau jalan kaki. Nah, di artikel berikut ini kami akan mengulas cara mengukur jarak di Google Maps dengan cepat.

BACA JUGA
Cara Cek IMEI Smartfren, Gampang Kok

Kamu bisa menghitung lama perjalanan hingga panjang jarak yang ditempuh menggunakan Google Maps. Mengukur jarak antar lokasi yang berbeda juga termasuk layanan dari Google Maps. Untuk mengukur jarak antar lokasi juga memiliki cara yang cukup mudah lo. Berikut cara mengukur jarak di Google Maps dari TechDaily.

  1. Mengukur jarak dengan fitur arah

Kamu bisa mengukur jarak tanpa harus menggunakna referensi skala, selain efisien juga cukup mudah. Cukup dengan memanfaatkan fitur arah.

  1. Pertama, buka dulu Google Maps, kemudian klik Direction di kotak getting around.
  2. Kamu harus menentukan lokasi awal dan mengisi alamat, jalan, serta lokasi lain di titik awal. Pada titik dialok pilihlah starting pointnya juga lalu tekan enter. Atau dengan klik pada titik khusus di peta.
  3. Pilih tombol zoom, tekan dan seret untuk menggesernya.
  4. Selanjutnya pilih lokasi tujuan dengan mengisis alamat lengkap dengan nama jalan dan kotanya, lalu tekan enter.
  5. Pertimbangkan jaraknya. Pada sudut kanan atas arah (direction), Google Maps akan memberikan petunjuk jarak total dalam satuan mil yang sesuai dengan rute yang disarankan. Jika rute berbeda, jarak yang disarankannya pun tidak sama.
  6. Jika sudah menemukan jarak yang kamu cari, kamu bisa menghapus pencarian yang kamu lakukan tadi. Di sudut kanan atas kotak ada tombol (x) yang bisa kamu gunakan untuk menghapus pencarian tadi dan mulai pencarian baru.
  7. Memanfaat pengukur jarak.

Selain menggunakan fitur dari Google Maps, kamu juga bisa memakai pengukur jarak. Caranya juga hampir sama dengan fitur direction.

BACA JUGA
Xiaomi Mi 11 Support 5G Indosat

  1. Pertama, buka dulu Google Maps, kemudian klik Direction di kotak getting around.
  2. Kamu harus menentukan lokasi awal dan mengisi alamat, jalan, serta lokasi lain di titik awal. Pada titik dialok pilihlah starting pointnya juga lalu tekan enter. Atau dengan klik pada titik khusus di peta. Pilih tombol zoom, tekan dan seret untuk menggesernya.
  3. Tentukan titik awal. Klik kanan pada peta sebagai titik awal pilihanmu. Klik Measure Distance. Sebuah lingkaran putih akan ditambahkan pada peta sebagai titik awal penghitungan jarak. Jarak akan dimunculkan pada titik kedua yang kamu pilih.
  4. Hasil penghitungan jarak dapat kamu lihat di kotak penelusuran Google Maps. Dan jarak tersebut dihitung dalam satuan mil dan km.
  5. Untuk mengubah titik awal dan tujuan, klik dan seret titik awal atau tujuan yang kamu buat agar pengukurannya berubah.
  6. Tambahkan titik jarak. Klik dan seret garis pengukur untuk mengubah bentuk garis tersebut dan menambahkan titik jarak yang lainnya. Untuk menambahkan titik jarak tersebut, kamu bisa mengklik peta di titik tersebut.
  7. Hapus titik jarak dengan cara mengklik titik jarak yang kamu pilih.

Nah, itu informasi cara mengukur jarak di Google Maps dengan cepat. Selamat mencoba ya. (ran)

 

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi