Friday, December 8, 2023
BerandaTipsCara Mengurangi Penggunaan Smartphone di Tempat Tidur

Cara Mengurangi Penggunaan Smartphone di Tempat Tidur

TechDaily.id – Mendapatkan kualitas tidur sangat penting untuk kesehatan. Namun, terkadang karena smartphone kamu bisa mengulur waktu tidur. Ada cara mengurangi penggunaan smartphone di tempat tidur.

Banyak orang merasa sulit menahan keinginan untuk menikmati reels terakhir atau memeriksa notifikasi sebelum tidur. Hal ini sering menyebabkan sesi penjelajah larut malam yang panjang kurang tidur, dan kelelahan sepanjang hari.

Meskipun beberapa hal dapat menganggu tidur, penggunaan smartphone di tempat tidur adalah salah satu penyebab paling umum. Coba tips ini untuk membantu menghentikan kebiasaan.

Cara Mengurangi Penggunaan Smartphone di Tempat Tidur

  1. Terapkan Aturan “Tidak Ada Telepon di Tempat Tidur”

Cara paling efektif untuk mengurangi penggunaan smartphone di malam hari dengan menjauhkan perangkat dari kamar tidur selama waktu tidur. Tapi kamu mungkin bertanya-tanya mengapa menggunakan smartphone sebelum tidur adalah kebiasaan buruk.

Ada dua alasan utama mengapa kamu harus menghindari penggunaan ponsel sebelum tidur. Pertama, ponsel cerdas kamu dan perangkat elektronik lainnya memancarkan cahaya biru yang dapat memengaruhi produktivitas dan siklus tidur kamu dengan menekan produksi melatonin, yang bertanggung jawab untuk membantu Anda tertidur.

BACA JUGA
Cara Menghapus Background Foto Tanpa Perlu Banyak Aplikasi

Kedua, ponsel cerdas kamu berisi aliran konten tanpa henti, yang dapat menyebabkan stimulasi berlebihan dan gangguan yang membuat kamu terjaga di malam hari alih-alih membantu tertidur.

  1. Setup Sleep Focus atau Bedtime Mode

Salah satu cara terbaik meningkatkan kebersihan tidur kamu yakni memastikan tetap pada jadwal tidur yang konsisten. Ini berarti tidur dan bertujuan untuk bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk di akhir pekan.

Hal ini memungkinkan tubuh menyesuaikan diri secara alami dengan rutinitas tidur tertentu, sehingga memudahkan kamu tertidur pada waktu yang ditentukan dan menikmati tidur berkualitas yang cukup sepanjang malam.

  1. Gunakan Night Shift atau Blue Light Filter

Salah satu alasan utama kamu harus menghindari penggunaan smartphone atau perangkat pemancar cahaya lainnya di dekat atau selama waktu tidur yakni karena cahaya biru, yang dipancarkan dari layarnya berdampak negatif pada siklus tidur kamu.

Kamu dapat menjadwalkan filter cahaya biru pada perangkat Android untuk mengurangi paparan cahaya biru selama jam tertentu. Kamu juga dapat menggunakan Night Shift demi mengurangi cahaya biru di iPhone.

  1. Gunakan Aplikasi Sleeps
BACA JUGA
realme GT 2 Pro Bakal Gunakan Chip Terbaru Qualcomm

Ada beberapa aplikasi tidur pihak ketiga yang dapat dipilih untuk meningkatkan kebersihan tidur kamu. Kamu dapat mengunduh aplikasi gratis bernama InSight Timer untuk mendengarkan musik santai yang dapat membantu kamu bersantai sebelum tidur.

Apakah kamu lebih suka dongeng pengantar tidur? Ada banyak pilihan cerita tidur yang tersedia untuk membantu kamu tidur lebih cepat.

  1. Hindari Cek Email Selama Bedtime

Meskipun ini terdengar seperti kebiasaan yang produktif, secara umum dapat diterima untuk mempersiapkan hari berikutnya sebelum tidur. Tapi, ini dapat berubah menjadi sesi kerja larut malam yang panjang.

Selain itu, memeriksa email saat bedtime dapat menstimulasi mental dan membuat kamu tetap terjaga alih-alih membantu kamu tidur, menyebabkan pening dan kekurangan energi di hari berikutnya.

Tama
Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi