TechDaily.id – Cara meningkatkan jangkauan di Instagram, ada yang tahu gak? Mungkin gak sedikit orang yang bertanya-tanya bagaimana mereka bisa meningkatkan jangkauan konten mereka.
Jangkauan Instagram sejatinya mengau pada jumlah pengguna unik yang melihat konten di seluruh aplikasi, termasuk penayangan dari tab Explore, feed, tagged posts, lokasi, atau hashtag search.
Beda dengan impressions, jangkauan menghitung jumlah pengguna individu bukan berapa kali masing-masing pengguna melihat konten tersebut. Misalnya, jika kiriman Anda memiliki 5o penayangan, artinya 50 orang berbeda telah melihatnya.
cara meningkatkan jangkauan Instagram penting untuk diketahui jika ingin mengembangkan brand atau terhubung dengan pengikut baru.
Mengetahui cara meningkatkan jangkauan membantu kamu mengukur konten mana yang menarik bagi audiens, membantu mengoptimalkan strategi untuk meningkatkan visibilitas, keterlibatan, dan konversi.
Sayangnya, bagi sebagian orang agak sulit untuk meningkatkan jangkauan di Instagram. Tapi bukan berarti kamu gak bisa ya. Simak penjelasan berikut ini.
Cara Meningkatkan Jangkauan di Instagram
- Prioritaskan Konten Berkualitas
Algoritma Instagram mengutamakan konten yang menarik minat pengguna dan membuat mereka tetap menggunakan aplikasi. Dibanding berfokus pada kuantitas, prioritaskan pembuatan postingan berkualitas tinggi dan menarik secara visual. Konten autentik yang menawarkan nilai bagi audiens akan berkinerja lebih baik pada 2024.
- Optimalkan Waktu Posting
Cara meningkatkan jangkauan di Instagram selanjutnya perlu memerhatiakn waktu kamu mengunggah dapat memengaruhi jangkauan secara signifikan. Menurut data global Metricool, waktu optimal untuk memposting di semua zona waktu adalah pukul 8 malam, dengan interaksi tertinggi pada hari Rabu dan Jumat.
Untuk data yang lebih akurat, periksa Wawasan Instagram Anda atau gunakan fitur heat map Metricool, yang menyoroti waktu paling aktif untuk audiens spesifik di kalender konten di bawah bagian ‘Perencanaan’.
- Fokus pada Pengoptimalan Profil
Profil yang kuat dan jelas sangat penting mengubah pengunjung menjadi pengikut, sehingga menjadi faktor penting untuk cara meningkatkan jangkauan. Pastikan biodata kamu dioptimalkan dengan kata kunci yang relevan, tautan situs web, dan ajakan bertindak (CTA) yang menarik. Profil kamu sering kali menjadi kesan pertama bagi pengguna baru, jadi buatlah profil bermakna.
- Manfaatkan Tagar Strategis
Tagar tetap menjadi alat yang ampuh untuk meningkatkan visibilitas. Pada 2024, untuk menggunakan campuran yang seimbang antara tagar yang sedang tren dan tagar khusus. Berusahalah menggabungkan tagar yang banyak digunakan dengan tagar yang khusus untuk jangkauan yang maksimal.
- Gunakan Pemasaran Influencer
Bekerja sama dengan influencer dapat memperluas jangkauan kamu secara signifikan. Mikro-influencer, khususnya, dapat menghubungkan kamu dengan audiens khusus yang sangat terlibat.
- Posting Secara Konsisten
Konsistensi adalah kunci untuk tetap relevan di feed pengikut kamu. Kamu tidak perlu memposting setiap hari, tetapi mempertahankan jadwal yang teratur—baik dua atau lima kali seminggu—akan membantu menjaga keterlibatan audiens kamu dan akun kamu tetap menguntungkan algoritme.
Cara Mengukur Jangkauan Instagram
Instagram menawarkan Insights ke akun bisnis dan kreator demi membantu memantau kinerja. Kamu dapat melihat tren keseluruhan di seluruh akun kamu atau melihat postingan, Story, Reels, dan live video tertentu untuk melihat kinerjanya. Berikut cara melacak Akun yang dijangkau menggunakan Wawasan Instagram:
- Buka profil Instagram Anda.
- Ketuk menu tiga baris di sudut kanan atas.
- Ketuk Wawasan.
- Di bawah bagian Ringkasan, kamu akan melihat Akun yang dijangkau, ini menunjukkan berapa banyak akun unik yang telah melihat konten kamu
Untuk tampilan yang lebih terperinci, kamu juga dapat menjelajahi demografi akun yang dijangkau, termasuk negara, kota, rentang usia, dan perincian jenis kelamin teratas.
Wawasan Instagram juga menguraikan jangkauan berdasarkan jenis konten, sehingga kamu dapat melihat format mana (postingan, Cerita, Reel) yang paling efektif dalam menarik pengikut dan non-pengikut. Ini dapat membantu kamu menyempurnakan strategi dan berfokus pada konten yang mendorong penemuan dan keterlibatan paling banyak.
Kendati demikian, seiring perkembangan, kamu mungkin akan menemukan jangkauan Instagram mungkin menurun. Jadi menerapkan strategi yang tepat dapat membantu kamu membalikkan keadaan.
Ada beberapa penyebab yang bisa membuat jangkauan Instagram menurun. Beberapa di antaranya meningkatnya persaingan.