Thursday, July 18, 2024
BerandaTipsCara Menjalankan Aplikasi Android di Linux, Sudah Tahu Belum?

Cara Menjalankan Aplikasi Android di Linux, Sudah Tahu Belum?

TechDaily.id – Cara menjalankan aplikasi Android di Linux mungkin masih membingungkan bagi pengguna laptop. Padahal ini sederhana melakukannya.

Meskipun tidak dapat menginstal BlueStacks, ada beberapa metode fantastis yang dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi dan game Android di PC Linux.

Kamu dapat membuat mesin virtual Android, menginstal Waydroid, melakukan emulasi dengan Android Studio, atau bahkan membeli Genymotion dan menikmati pengalaman emulasi yang sangat didukung. Berikut cara melakukannya:

Cara Menjalankan Aplikasi Android di Linux

  1. Gunakan Waydroid untuk Memainkan Game Android

Secara keseluruhan, metode terbaik untuk menjalankan game Android mengingat penghentian Anbox adalah menggunakan Waydroid. Namun, sebelum dapat mulai menggunakan Waydroid, penting untuk memeriksa apakah kamu menjalankan server tampilan yang diperlukan: Wayland.

Kamu dapat memeriksa apakah sistem menjalankan Wayland dengan membuka terminal dan memasukkan perintah berikut untuk mencetak jenis sesi Anda:

echo $XDG_SESSION_TYPE

Jika sistem menjalankan server tampilan Xorg, kamu harus beralih dari Xorg ke Wayland sebelum dapat menginstal Waydroid. Di Ubuntu, kamu dapat beralih ke Wayland dengan keluar dari akun pengguna dan mengklik ikon Roda Gigi di layar login. Ketika daftar drop-down opsi tampilan muncul, klik Ubuntu untuk keluar dari konfigurasi Ubuntu pada Xorg.

BACA JUGA
Ponsel Android Dual-SIM Terbaik (Mei 2022)

Selanjutnya, kamu harus memperbarui daftar paket sistem Anda. Ini akan memastikan bahwa paket perangkat lunak yang kamu instal semuanya mutakhir. Masukkan yang berikut ini untuk memperbarui daftar paket: sudo apt update

Kamu juga harus mengikuti petunjuk instalasi Waydroid untuk distribusi Linux spesifik. Di Ubuntu, Debian, dan turunannya, kamu dapat menginstal Waydroid dengan memasukkan yang berikut ini di terminal untuk menginstal prasyarat, menambahkan repositori Waydroid ke sistem, dan menginstal Waydroid:

sudo apt install curl ca-certificates -y
curl https://repo.waydro.id | sudo bash
sudo apt install waydroid -y

Setelah Waydroid diinstal, kamu perlu melakukan beberapa langkah untuk menginisialisasi program. Kamu harus memulai wadah Waydroid dan mengaktifkan GUI-nya (Antarmuka Pengguna Grafis). Kamu dapat melakukannya dengan memasukkan:

sudo waydroid container start
waydroid show-full-ui

Terakhir, kamu siap menginstal aplikasi Android di PC. Kamu harus menavigasi ke situs web terkemuka seperti APKMirror atau app untuk mengunduh file APK untuk setiap aplikasi yang ingin diinstal. Setelah mengunduh APK, masukkan yang berikut untuk menginstal aplikasi di sistem Anda:

BACA JUGA
4 Konsol Game Klasik Yang Masih Mencuri Perhatian

waydroid app install appname.apk

Tunggu hingga aplikasi dipasang. Setelah proses instalasi selesai, kamu dapat menjalankan aplikasi Android dengan memilihnya melalui GUI Waydroid, meluncurkannya melalui menu aplikasi desktop, atau meluncurkannya dari terminal dengan:

waydroid app launch appname

  1. Buat Mesin Virtual Android

Jika merasa nyaman membuat mesin virtual, salah satu cara terbaik untuk menjalankan aplikasi dan game Android di PC Linux adalah dengan memvirtualisasikan sistem Android x86. Untuk memulai, kamu perlu mengunduh image ISO Android x86.

Kamu juga perlu mengunduh perangkat lunak virtualisasi pilihan. Dalam hal ini, coba gunakan VirtualBox. Perangkat lunak ini cocok untuk distribusi Ubuntu, Debian, openSUSE, dan turunannya.

  1. Gunakan Android Studio untuk Permainan yang Mulus

Meskipun Android Studio terutama ditujukan untuk pengembang, ini bisa menjadi pilihan emulasi yang sangat baik jika kamu tidak tertarik menggunakan Waydroid atau mesin virtual Android x86. Setelah menginstal Android Studio, kamu harus membuat Perangkat Virtual Android (AVD) menggunakan panduan resmi Pengembang Android dan kemudian menginstal APK pilihan di Emulator Android.

BACA JUGA
Waterfall Screen dan Punch Hole Display Segera Sambangi OPPO Find X2
  1. Jalankan Aplikasi Android di Linux Dengan Genymotion

Ada baiknya mempertimbangkan aplikasi seperti Waydroid dan bahkan mesin virtual yang telah teruji sebelum membeli Genymotion. Dalam kebanyakan kasus, kamu dapat mencapai apa pun yang diinginkan di PC Linux tanpa membeli aplikasi berpemilik.

Namun, jika memilih untuk membeli Genymotion, kamu akan tertarik dengan kemudahan penggunaan dan kenyamanan yang ditawarkan aplikasi ini.

Untuk memulai, kamu harus membeli paket Genymotion yang tepat. Genymotion menawarkan paket gratis untuk penggunaan pribadi, tetapi permintaan dukungan teknis apa pun selain masalah penginstalan dan pengoperasian pertama akan ditolak—dan kamu tidak akan dapat menggunakan fitur seperti Android 13, fitur widget kamera dan media, serta boot cepat.

Setelah mengunduh file Genymotion BIN, Anda dapat menginstalnya dengan QEMU atau VirtualBox menggunakan panduan instalasi resmi Genymotion.

Tama
Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi