Tuesday, May 17, 2022
BerandaGadgetCara Menjalankan Aplikasi Android di Windows 11

Cara Menjalankan Aplikasi Android di Windows 11

TechDaily.id – Bukan rahasia umum lagi jika Windows 11 memperbolehkan aplikasi Android berjalan di atas sistem operasi itu. Namun, pertanyaannya bagaimana menjalankan aplikasi Android di Windows 11 ini?

BACA JUGA
Cara Blokir Website di HP Android

Salah satu poin paling menari dari Windows 11 adalah kompatibiliasnya dengan aplikasi Android. Kamu bisa menjalankan aplikasi Android di Windows 11 dengan melakukan sideload dan menjalankan aplikasi Android di Windows 11 tanpa menggunakan build Insider.

Microsoft telah bermitra dengan Amazon untuk bertindak sebagai repositori aplikasi Android untuk Windows. Namun, katalog Appstore Amazon sangat terbatas dibandingkan dengan Google Play Store.

BACA JUGA
Aplikasi Music Player Terbaik untuk Android

Jadi, bahkan jika kompatibilitas aplikasi Android masuk ke rilis publik Windows 11, kamu tidak akan bisa menginstal semua barang dari Play Store. Di sinilah sideloading dan sifat open-source Android berguna, sebagaimana dikutip dari Makeuseof.

Sideloading memungkinkan kamu menginstal aplikasi Android dari sumber pihak ketiga. Sumber-sumber ini bisa resmi atau tidak resmi. Untuk alasan keamanan, Android memblokir pemasangan aplikasi dari luar Google Play Store. Ini berlaku bahkan jika kamu menginstal paket APK langsung dari situs web pengembang aplikasi.

Beruntung, Android menyertakan fitur opsional untuk menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal. Demikian pula, dengan Subsistem Windows untuk Android di Windows 11, kamu dapat melakukan sideload aplikasi Android dari sumber pihak ketiga.

Menjalankan Aplikasi Android di Windows 11

Agar berhasil melakukan sideload aplikasi Android ke Windows 11, kamu memerlukan beberapa komponen perangkat lunak. Daftar ini mencakup Subsistem Windows untuk Android, pengaturan Android Debug Bridge (ADB), dan tentu saja, file APK untuk aplikasi yang ingin kamu instal. Berikut rinciannya:

Langkah 1: Instal Subsistem Windows untuk Android
Subsistem Windows untuk Android memungkinkan perangkat Windows 11 menjalankan aplikasi Android yang tersedia di Amazon AppStore dan melalui sideloading. Namun, fitur ini saat ini hanya tersedia melalui Saluran Beta dan Dev dari Program Windows Insider di A.S.

Karena kamu tidak menjalankan pratinjau build, coba gunakan utilitas pihak ketiga untuk mengunduh dan menyiapkan lingkungan Android.

Langkah 2: Aktifkan Platform Mesin Virtual
Kamu harus mengaktifkan Platform Mesin Virtual di Windows 11 untuk menyiapkan Subsistem Windows untuk Android. Ini memungkinkan dukungan platform untuk mesin virtual dan diperlukan untuk Windows Subsystem for Linux (WSL2). WSL2 adalah fitur Windows 11 opsional, dan kamu dapat mengaktifkannya dari jendela Fitur Windows klasik.

Untuk mengaktifkan Platform Mesin Virtual:

1. Tekan Win + I untuk membuka Pengaturan.

2. Di panel kiri, buka tab Aplikasi.

3. Klik Fitur Opsional.

4. Gulir ke bawah bagian Pengaturan terkait dan kemudian klik Lebih banyak fitur Windows.

5. Di jendela Fitur Windows yang terbuka, cari dan pilih Platform Mesin Virtual.

6. Klik OK untuk menerapkan perubahan.

Restart PC kamy untuk menyimpan perubahan. Setelah restart, kami akan menginstal pengaturan ADB minimal yang diperlukan untuk melakukan sideload aplikasi Android di Windows 11.

Langkah 3: Instal Pengaturan ADB Minimal di Windows 11
Android Debug Bridge (ADB) adalah alat baris perintah yang membantu kamu berkomunikasi dengan perangkat yang kompatibel. Karena memfasilitasi berbagai perintah, kamu dapat menggunakannya untuk sideload dan menginstal aplikasi Android menggunakan Command Prompt. Berikut cara menginstal pengaturan ADB untuk sistem Windows 11 Anda.

1. Buka halaman ABD dan Fastboot dan unduh file Installer.

2. Jalankan penginstal dan ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan penginstalan.

3. Setelah menginstal pengaturan, Anda dapat melanjutkan untuk menginstal aplikasi Android di Windows 11 menggunakan APK aplikasi.

Langkah 4: Sideload Aplikasi Android di Windows 11
Untuk melakukan sideload aplikasi Android, kamu memerlukan file APK aplikasi. Kamu dapat mengunduh APK bersih dari sumber pihak ketiga seperti APKMirror. Ini adalah sumber tepercaya untuk mengunduh APK aman untuk sideloading. Inilah cara melakukannya.

1. Buka APKMirror, lalu cari dan unduh file APK untuk aplikasi yang ingin diinstal.

2. Selanjutnya, luncurkan Subsistem Windows untuk Android.

3. Di bawah Sumber daya subsistem, pilih Berkelanjutan.

4. Selanjutnya, alihkan sakelar untuk mengatur Mode Pengembang ke Aktif.

5. Selanjutnya, salin alamat IP. Jika alamat IP tidak muncul, klik tombol Refresh. Jika itu tidak berhasil, klik ikon File Explorer di bagian File untuk memulai ulang sistem. Klik tombol segarkan lagi, dan Anda akan melihat alamat IP.

6. Tekan Win + R, ketik cmd dan klik OK untuk membuka Command Prompt.

7. Di jendela Command Prompt, ketik perintah berikut dan tekan Enter untuk menjalankannya, ganti YourIPAddress dengan alamat IP yang disalin: Adb connect YourIPAddress

8. Selanjutnya, ketik adb devices untuk melihat apakah koneksi sudah terjalin

9. Untuk menginstal aplikasi, ketik adb install lalu seret dan lepas file apk ke Command Prompt Anda untuk menambahkan jalur file. Setelah selesai, perintahnya akan terlihat seperti ini: adb install C:\Users\Tashreef\Downloads\com.rovio.dream_1.37.1-25240_minAPI21(arm64-v8a,armeabi-v7a)(nodpi)_apkmirror.com.apk

10. Tekan Enter dan tunggu pesan sukses.
Setelah instalasi berhasil, aplikasi akan muncul di menu Start dan hasil pencarian. Kamu tidak perlu mengonfigurasi perangkat input pada saat ini, jadi lanjutkan dan luncurkan aplikasi.

Aplikasi Android Siap Dijalankan di Windows 11

Meskipun kamu dapat melakukan sideload hampir semua aplikasi Android, kamu mungkin mengalami masalah kinerja dengan beberapa aplikasi. Selain itu, aplikasi yang memerlukan Layanan Google untuk berjalan, seperti Hotstar Disney+ belum berjalan, sebagaimana dikutip dari Makeuseof.

Dampak pada sumber daya sistem kamu tergantung pada beban aplikasi. Saat menjalankan game Android yang intensif grafis, kamu mungkin melihat sebagian besar sumber daya CPU dan GPU sedang bekerja, tetapi tidak ada yang luar biasa. Juga, jangan berharap pengalaman yang mulus dari Windows Subsystem untuk Android. Ini masih dalam proses dan mungkin perlu waktu bagi Microsoft untuk memperbaiki bug.

Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi