Tuesday, September 21, 2021
BerandaGadgetTipsCara Merekam Layar Laptop

Cara Merekam Layar Laptop

Techdaily.id – Cara merekam layar laptop sebenarnya mudah. Apalagi jika kamu salah satu pengguna Windows 10 karena mempunyai utilitas perekam layar yang disebut Xbox Game Bar. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi PowerPoint loh untuk merekam layar pada laptop kamu.

BACA JUGA
Apa Itu RAM LPDDR4X dan Manfaatnya Pada OPPO Reno6

Merekam layar pada laptop sejatinya digunakan pada beberapa skenario. Misalnya, ingin membuat presentasi atau ingin berbagi sesi game yang menyenangkan dengan teman-teman.

Nah, untuk merekam layar laptop sebenarnya tugas mudah. Karena, Windows 10, macOS, dan bahkan Chrome OS mempunyai alat bawaan yang dapat menyelesaikan pekerjaannya.

Supaya lebih jelas, berikut ini cara merekam layar laptop menggunakan alat pihak ketiga asli, sumber terbuka, dan berbayar, sebagaimana dikutip dari laman Digital Trends.

Windows 10

Cara Merekam Layar Laptop Menggunakan PowerPoint
Langkah 1: Dengan file PowerPoint yang sudah terbuka, klik Sisipkan pada bilah menu diikuti oleh tombol Perekaman Layar yang terletak di panel Media di paling kanan.

Langkah 2: Layar meredup putih dan menampilkan bilah alat di sepanjang tepi tengah atas layar kamu, seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Klik tombol Select Area dan gunakan mouse kamu untuk menggambar kotak di sekitar area yang ingin kamu rekam.

Area target kemudian digariskan dengan garis putus-putus merah dan tanpa transparansi putih. Atau, tekan tombol Windows + Shift + F secara bersamaan untuk merekam seluruh layar.

BACA JUGA
Memaksimalan Fungsi Google Maps, 4 Fitur Ini Pasti Dapat ‘Super’ Membantu

MacOS

Cara Merekam Layar Laptop Menggunakan Capture Tool
Disertakan dengan MacOS Catalina dan yang lebih baru adalah fitur asli yang memungkinkan Anda merekam layar dan mengambil tangkapan layar. Begini caranya:

Langkah 1: Tekan Shift + Command + 5 untuk membuka bilah alat tangkapan layar.

Langkah 2: Bilah alat muncul di layar dengan dua set tombol: Tiga di kiri untuk mengambil tangkapan layar dan dua di tengah untuk merekam layar. Ini juga menyediakan tombol Opsi dan Tangkap (atau Rekam).

Langkah 3: Setelah selesai, klik tombol Rekam kecil yang terletak di bilah menu di bagian atas layar, seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Atau, tekan Command + Control + Esc. Video disimpan ke desktop secara default.

Nah, itu tadi merupakan tips bagaimana merekam layar di laptop untuk perangkat windows maupun MacOS. Jika kamu menggunakan Chrome OS, kamu memerlukan beberapa aplikasi tambahan seperti Quicktime video dan lainnya.

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi