Wednesday, May 18, 2022
BerandaCara Perbaiki Startup PC Lambat

Cara Perbaiki Startup PC Lambat

TechDaily.id – Startup PC yang lambat terkadang membuat pengguna jengkel. Oleh karena itu, kamu perlu tahu bagaimana cara perbaiki startup PC lambat agar bisa mengatasi masalahnya.

BACA JUGA
Cara Ubah Smartphone Jadi Wireless Webcam

Ada banyak alasan yang menyebabkan startup PC lambat mulai dari boot driver menjadi penuh hingga terlalu banyak program yang dicoba untuk memulai bersama Windows. Lantas bagaimana penyelesaiannya?

Beruntung, untuk memecahkan masalah startup PC lambat bisa menggunakan solusi berikut ini. Solusi itu sebagian tidak begitu sulit.

BACA JUGA
Cara Screenshot Game di PC

Cara Perbaiki Startup PC Lambat

1. Nonaktifkan program startup yang tidak perlu
Salah satu alasan utama PC kamu membutuhkan waktu untuk memulai adalah karena semua aplikasi yang coba dimuat langsung.

Banyk dari ini mungkin tidak diperlukan. Jadi, edit opsi Startup Windows 10 dan nonaktifkan yang sebenarnya tidak diperlukan.

2. Scan Malware
Ada kemungkinan malware memakan sumber daya sistem saat PC dimulai. Pastikan untuk memindai malware secara teratur, sebagaimana dikutip dari LifeWire.

3. Kosongkan sebagian ruang pada drive boot
Jika boot kamu, atau drive C, hampir penuh, ini dapat secara dramatis memengaruhi kinerja. Pastikan untuk mengosongkan ruang di PC Windows karena hampir habis.

4. Tweak BIOS Anda
Ada beberapa pengaturan BIOS yang dapat kamu aktifkan untuk meningkatkan kecepatan startup, seperti Fast Boot. Kamu juga dapat menonaktifkan logo startup, yang dapat sedikit menghambat kinerja startup.

5. Instal ulang Windows
Jika tidak ada yang berhasil di atas, maka kamu mungkin perlu kembali ke titik pemulihan sistem Windows, atau menginstal ulang Windows sama sekali. Keduanya mungkin akan memperbaiki masalah startup yang dimiliki.

6. Tingkatkan SSD/memori
Jika kamu masih menggunakan hard drive sebagai drive boot utama, atau mencoba menjalankan PC Windows 10 atau 11 modern dengan memori 8GB atau kurang, mungkin sudah waktunya untuk meningkatkan. Mengubah boot drive kamu ke SSD, dan meningkatkan RAM dapat memiliki efek dramatis pada kecepatan startup.

Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi