Tuesday, May 17, 2022
BerandaGadgetCara Pindah Aplikasi ke SD Card di HP Android

Cara Pindah Aplikasi ke SD Card di HP Android

TechDaily.id – Cara pindah aplikasi ke SD card di HP Android perlu kamu ketahui. Dengan begitu, smartphone kamu masih mempunyai ruang internal yang cukup besar untuk menaruh aplikasi lainnya.

BACA JUGA
Ganti Nama Jadi GetsApp, Toko Aplikasi Xiaomi Ajak Para Developer Bergabung

SD card adalah cara mudah untuk memperluas penyimpanan ponsel. Kamu dapat memindahkan aplikasi ke kartu SD untuk mengosongkan ruang dibandingkan menghapus aplikasi di perangkat Android.

Bagaimana kamu melakukannya tergantung pada versi Android yang digunakan. Jika kamu ingin mengetahui caranya, tidak usah khawatir. Karena mayoritas cara yang akan diterapkan cukup mudah.

BACA JUGA
Di dukung IPX4, OPPO A95 Tahan Air (?)

Cara Pindah Aplikasi ke SD Card di HP Android

Kamu masih dapat mentransfer aplikasi ke kartu SD di Android 9 dan yang lebih baru secara manual, meskipun ponsel kamu tidak mendukung penyimpanan yang dapat diadopsi. Ingatlah kamu tidak dapat melakukannya untuk setiap aplikasi, dan tidak sama sekali untuk aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya:

1. Buka Pengaturan > Aplikasi & pemberitahuan > Info aplikasi.

2. Temukan aplikasi yang ingin Anda pindahkan dalam daftar dan ketuk.

3. Pilih Penyimpanan. Jika aplikasi mendukung pemindahan ke kartu, Anda akan melihat tombol di sini berlabel Ubah. Ketuk ini.

4. Pilih Kartu SD di kotak dialog Ubah penyimpanan. Ini menampilkan layar konfirmasi. Ketuk Pindah untuk memulai.

Untuk memindahkan aplikasi kembali ke penyimpanan internal, ulangi langkah-langkah di atas tetapi pilih Penyimpanan bersama internal di langkah terakhir. Kamu harus selalu melakukan ini ketika kamu ingin mengganti atau mengeluarkan kartu memori.

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Menggunakan Link2SD

Jika ponsel kamu tidak mendukung pemindahan aplikasi ke kartu SD, atau jika kamu ingin memindahkan aplikasi yang tidak mendukungnya satu per satu, ada beberapa aplikasi pihak ketiga lama yang dapat membantu. Apps2SD adalah opsi yang populer, seperti halnya FolderMount. Keduanya membutuhkan ponsel Android yang di-rooting.

Ada pilihan lain yakni Link2SD, yang memiliki fitur root dan non-root. Kamu dapat menggunakannya untuk memindahkan aplikasi ke kartu secara massal untuk memindahkan paksa aplikasi yang biasanya tidak mengizinkannya, dan untuk memindahkan folder data untuk aplikasi dan game yang lebih besar ke penyimpanan eksternal kamu.

Pertama, luncurkan aplikasi dan berikan izin root jika ponsel di-root. Kemudian ketuk aplikasi yang ingin dipindahkan dan pilih salah satu opsi:

– Tautan ke Kartu SD: Ini membutuhkan root dan memindahkan seluruh aplikasi dan datanya ke kartu

– Pindah ke Kartu SD: Ini tidak memerlukan root dan hanya berfungsi jika ponsel kamu mendukung pemindahan aplikasi ke penyimpanan eksternal. Jika Anda memiliki root, kamu juga dapat memindahkan paksa aplikasi yang tidak mendukungnya

– Tautan ke Kartu SD (Data dan Cache): Memindahkan file data, dan memerlukan root

Untuk memindahkan lebih dari satu aplikasi sekaligus, ketuk tombol menu di sudut kanan atas dan pilih Multi-pilih. Sekarang ketuk semua aplikasi yang ingin kamu pindahkan, tekan tombol menu lagi, dan pilih Tautkan ke kartu SD atau Pindahkan ke kartu SD. Ini adalah opsi yang sama seperti yang dijelaskan di atas, sebagaimana dikutip dari Makeuseof.

Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi