Friday, March 29, 2024
BerandaBusinessCara realme Mengembangkan Bisnisnya Demi Berikan Produk dan Layanan Terbaik

Cara realme Mengembangkan Bisnisnya Demi Berikan Produk dan Layanan Terbaik

Techdaily.ID – Persaingan pasar ponsel di Indonesia bukanlah hal yang mudah. Dengan banyaknya pemain yang berkecimpung di ceruk yang sama, butuh usaha lebih demi mengambil kue di pasar ini.

Oleh karena itu realme paham bahwa di sini tidak cukup dengan berjualan produk saja. Ada beberapa poin lain yang harus bisa diberikan dan dipastikan standarnya ke pasar. Maka dari itu realme memiliki strategi tersendiri untuk bisa mengembangkan bisnisnya.

Pertama adalah dari segi produk itu sendiri. realme dikenal dengan merek yang selalu bisa memberikan produk dengan spesifikasi terbaik namun dengan harga yang juga terbaik di pasar. realme selalu menerima masukan dari pasar mengenai fitur dan spesifikasi yang diinginkan oleh para pengguna smartphone.

Seperti yang tengah mereka siapkan untuk meluncur di Indonesia. Sebut saja smartphone X2 Pro yang mulai digaungkan keberadaannya. Ponsel ini dikatakan menjadi bukti dari realme bahwa mereka bisa memberikan filosofi yang sama namun dengan kelas yang lebih tinggi yaitu di kelas premium.

BACA JUGA
Tak Lama Lagi, realme Buds Air Meluncur ke Tanah Air

Berikutnya, agar bisa menjadi merek yang dipercayai oleh pasar adalah yang berurusan dengan stok dan harga, dua hal yang saling berkaitan. Keberadaan stok yang stabil akan memberikan kepuasan ke pasar. Sebab hanya akan menjadi janji palsu jika sebuah produk yang menarik tapi tidak ada stok.

Mengenai harga, hal ini kerap terjadi karena ada celah untuk melakukan permainan stok. Stok produk yang menipis di pasar dan permintaan yang besar berujung ke harga yang memuncak. Hal ini karena permintaan yang tidak sejalan dengan pasokan. Tidak “ghoib” dan harga sesuai janji adalah komitmen dasar untuk realme menjalankan bisnisnya.

Yang tidak kalah penting bagi realme adalah layanan purna jual. Setelah produk dijual, maka di sinilah tingkat profesional suatu merek diuji. Kita sudah pernah menyaksikan banyak pemain-pemain lama yang akhirnya gulung tikar karena terkenal tidak bisa memberikan layanan purna jual baik ke para pelanggannya.

realme tidak pernah berkompromi pada kualitas dan selalu menawarkan layanan purna jual yang layak. Meski tergolong sebagai brand baru, realme tidak mau asal menjual produknya saja di sini.

BACA JUGA
realme Siapkan Flash Sale realme XT Jam 1 Siang di Shopee

Sebagai contoh, realme kini memiliki layanan purna jual berupa 116 service center yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, realme juga bekerja keras untuk membuka lebih banyak pusat layanan purna jual yang independen. Pada akhir tahun nanti, jumlahnya akan mencapai 11 tempat yang tersebar di beberapa kota besar.

realme juga memperkenalkan layanan perbaikan instan, “Callme Service”. Sebuah bentuk tanggung jawab yang mana pelanggan bisa mendapatkan layanan yang nyaman hanya dengan melakukan panggilan telepon tanpa meninggalkan rumah mereka.

Layanan purna jual merupakan bagian yang konsumen sering tidak sadari pentingnya ketika membeli produk. Tetapi ketika mereka benar-benar membutuhkan layanan tersebut, beberapa pelanggan akhirnya merasa sulit untuk mendapatkan layanan yang cepat dan dapat diandalkan, dan juga kadang-kadang biaya tambahan yang mahal.

Sebagai brand yang sedang naik daun, realme tidak mau hanya dicap sebagai perusahaan penjual samrtphone. Mereka juga ingin dikenal sebagai perusahaan yang memperhatikan pengalaman terbaik ke para pelanggan. Dengan beragam usaha tersebutlah mengapa realme bisa bertahan dan semakin mengembangkan sayapnya di pasar smartphone tidak hanya di Indonesia tapi juga secara global.

BACA JUGA
Intip Kecanggihan 108MP ProLight Camera realme 9
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi