Tips

Cara Registrasi Vaksinasi COVID-19, Mudah Banget Bisa Lewat WA!

Techdaily.id – Tahukah kamu? Ada beberapa cara registrasi vaksinasi COVID-19 yang disediakan oleh Kementerian Kesehatan RI. Apa saja itu? Simak ulasan lengkapnya berikut ini ya.

BACA JUGA
AXIS Forever Play, Cara Axis Manjakan Gamers Mobile

Terhitung sejak Januari 2021 ini, proses vaksinasi mulai dilakukan dengan ditandai dengan tayangan live dari Presiden Joko Widodo, sebagai penerima vaksin pertama di Indonesia. Selanjutnya, proses vaksinasi akan dilakukan secara simultan di seluruh Indonesia.

Selanjutnya, yang menjadi prioritas penerima vaksin pertama adalah tenaga kesehatan, petugas pelayanan publik (TNI, POLRI, Satpol PP, petugas pelayanan publik transportasi, tokoh masyarakat, dan tokoh agama). Hal ini mempertimbangkan resiko besar yang ditanggung oleh petugas pelayanan publik karena harus terus menerus beraktivitas dan melakukan interaksi dengan banyak orang.

BACA JUGA
Cara Menyembunyikan Status Online di Facebook Messenger

Baru-baru ini, Kementerian Kesehatan merilis salah satu layanan registrasi vaksinasi COVID-19 yaitu melalui pesan singkat WhatsApp. Layanan itu ditujukan untuk mempermudah cara registrasi vaksinasi COVID-19 untuk daerah mana pun.

Tahap vaksinasi pertama sudah dilakukan dengan sasaran utama tenaga kesehatan. Sebanyak 566.000 tenaga kesehatan akan divaksin pada tahap pertama ini.

Bagi tenaga kesehatan penerima vaksinasi COVID-19 bisa langsung mengirimkan pesan ke nomor WA 081110500567 dengan mengetik kata kunci ‘Vaksin‘. Setelah itu, akan ada konfirmasi bahwa penerima vaksinasi adalah tenaga kesehatan.

BACA JUGA
Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Menggunakan Layanan Fintech

Selanjutnya, tenaga kesehatan calon penerima vaksinasi akan diminta mengirimkan 6 angka terakhir Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk mendaftar. Kemudian tenaga kesehatan akan menerima konfirmasi lokasi vaksinasi.

Langkah selanjutnya akan dilakukan konfirmasi mengenai kondisi kesehatan untuk memastikan bahwa peserta akan dapat menerima vaksin. Berikutnya Chatbot akan membagikan jadwal vaksin untuk dikonfirmasi. Setelah itu tiket QR code akan dibagikan bersama dengan video bagaimana cara kerja vaksin.

Selain melalui pesan WhatsApp, ada beberapa lagi cara daftar layanan resmi Kemenkes untuk registrasi vaksinasi COVID-19, antara lain yaitu:

  • SMS Blast PEDULICOVID
  • Website pedulilindungi.id
  • Email [email protected]
  • Call/UMB *119#
  • Hotline Vaksinasi COVID-19 119 Ext 9

Bagi calon penerima vaksin COVID-19 yang sudah terdaftar akan mendapatkan pengingat jadwal layanan yang dikirimkan melalui SMS atau aplikasi PeduliLindungi.

BACA JUGA
OPPO Super Service Day Hadirkan Diskon Service Hingga 30%

Mengingat pentingnya program vaksinasi, pemerintah berharap, masyarakat dapat mendukung dan berpartisipasi aktif mengikuti setiap tahapan pelaksanaannya. Pemerintah juga menjamin keamanan data penerima vaksinasi COVID-19 sesuai peraturan perundang-undangan. Apakah kamu siap divaksin? (ran)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close