Saturday, May 21, 2022
BerandaGadgetTipsCara Scan Foto Tanpa Scanner

Cara Scan Foto Tanpa Scanner

TechDaily.id – Cara scan foto tanpa scanner mungkin sudah tidak asing lagi. Karena, semua bisa dimungkinkan menggunakan smartphone yang selama ini berada dalam genggaman kamu sehari-hari.

BACA JUGA
Durability Test : OPPO A95 Tahan Air Hujan !

Scanner memiliki momennya sendiri. Namun, bukan berarti kamu berhenti memindai dokumen atau foto. Beruntung, ada beberapa tool yang bisa digunakan untuk scan tanpa scanner.

Jika kamu mempunyai banyak dokumen atau foto yang perlu di scan, ada baiknya berinvestasi dalam scanner yang sebenarnya. Namun, kebanyakan orang hanya perlu scan beberapa hal saja, berikut ini alternatif yang bisa dicoba, sebagaimana dikutip dari How to Geek.

BACA JUGA
Cara Screenshot OPPO Reno4, Gampang Banget!

Cara Scan Foto Tanpa Scanner

Kamera Smartphone
Scanner pada dasarnya hanyalah kamera yang mengambil foto dokumen dengan cara yang sangat spesifik. Nah, kamu membawa kamera di saku setiap hari, jadi mengapa tidak menggunakannya sebagai scanner? Berikut adalah beberapa saran untuk mengambil foto dokumen yang bagus.

1. Pencahayaan: Letakkan dokumen pada permukaan datar dengan pencahayaan yang baik. Cobalah untuk menghindari bayangan pada dokumen dengan tangan dan telepon kamu.

2. Penempatan: Ambil foto lurus untuk menghindari sudut yang aneh. Ini dapat dilakukan langsung dari atas atau dari sudut kanan dengan menopang dokumen. Lakukan apa pun yang menghasilkan pencahayaan terbaik/bayangan paling sedikit.

3. Pembingkaian: Pastikan untuk mengambil foto dari jarak yang cukup jauh sehingga seluruh dokumen terlihat. Setelah kamu mengambil foto, potong ke dokumen sehingga kamu tidak melihat sekelilingnya.

Aplikasi Scanner
Kamera di ponsel akan menyelesaikan pekerjaan dalam banyak situasi. Tapi, terkadang diperlukan pemindaian yang lebih profesional. Oleh karena itu, kamu bisa beralih ke aplikasi scanner.

Google Drive memiliki fitur scanner dokumen bawaan yang kurang dikenal. Yang harus kamu lakukan adalah mengambil foto dokumen dan Drive akan melakukan semua pekerjaan agar terlihat sebersih dan sejelas mungkin. Fitur ini tersedia di Google Drive untuk iPhone, iPad, dan Android.

1. Pertama, buka aplikasi dan pastikan kamu masuk dengan akun Google Anda. Ketuk tombol “+” mengambang di sudut kanan bawah.

2. Select Scan atau Use Camera
Ini akan membuka kamera. Kamu mungkin perlu memberikan izin aplikasi untuk menggunakan kamera. Posisikan dokumen sehingga seluruhnya berada dalam bingkai, lalu jepret foto.

3. Layar berikutnya akan meminta kamu untuk mengonfirmasi kamu ingin menggunakan foto tersebut. Ketuk “OK” atau “Gunakan Foto.”

Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi