Thursday, May 30, 2024
BerandaTechCara Sharing Printer Antar Perangkat, Mudah dan Praktis!

Cara Sharing Printer Antar Perangkat, Mudah dan Praktis!

Printer adalah salah satu perangkat penting yang digunakan baik di kantor maupun di rumah. Kini, berkat fitur sharing printer, satu printer dapat digunakan oleh beberapa komputer, meningkatkan efisiensi pekerjaan dan menghemat biaya serta waktu.

Sharing printer memungkinkan banyak pengguna untuk mencetak dokumen dengan satu printer yang terhubung dalam satu jaringan. Dengan metode ini, kamu dapat menggunakan printer yang sama meskipun menggunakan perangkat komputer atau laptop berbeda.

Menghubungkan satu printer dengan beberapa komputer sekaligus dalam satu jaringan adalah inti dari aktivitas sharing printer. Dengan adanya metode ini, kamu tidak perlu lagi berjalan ke ruangan printer hanya untuk mencetak dokumen.

Baca juga: Printer Portable Terbaik, Cocok Dibawa Kemana-mana

Kamu dapat mencetak dokumen dari komputer masing-masing tanpa harus memindahkan file terlebih dahulu. Selain itu, metode ini juga membantu menghemat biaya karena kamu tidak perlu membeli banyak printer.

Cara Sharing Printer dan Mengaksesnya

Metode sharing atau berbagi printer ini memang sangat berguna, terutama jika kamu memiliki banyak perangkat dan hanya ada sedikit printer yang bisa digunakan. Namun, untuk melakukan hal ini, kamu perlu memenuhi beberapa syarat dan persiapan.

Untuk itu berikut ini cara sharing printer berikut persiapan yang perlu kamu lakukan untuk memperlancar proses sharing tersebut. Mari simak.

BACA JUGA
Cara Buka WordPad di Windows dengan Cepat

Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Melakukan Sharing Printer

Sebelum memulai aktivitas sharing printer, ada beberapa langkah penting yang perlu kamu lakukan, terutama jika kamu menggunakan Windows 7, 8, atau 10. Mengaktifkan pengaturan file and printer sharing adalah salah satu langkah utama yang harus diperhatikan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan pengaturan file and printer sharing:

  • Buka Menu Start: Klik ikon Start di pojok kiri bawah layar.
  • Masuk ke Control Panel: Pilih opsi Control Panel dari menu Start.
  • Klik Network and Internet: Di Control Panel, pilih opsi Network and Internet.
  • Pilih Network and Sharing Center: Klik opsi Network and Sharing Center.
  • Pilih Change Advanced Sharing Settings: Di sisi kiri jendela, klik opsi Change Advanced Sharing Settings.
  • Aktifkan File and Printer Sharing: Pastikan kamu mengaktifkan atau mengklik opsi turn on pada bagian File and Printer Sharing.
  • Pengaturan Password Protected Sharing: Gulir ke bawah sampai menemukan opsi Password Protected Sharing.
  • Matikan Password Protected Sharing: Klik opsi turn off untuk Password Protected Sharing.
  • Simpan Pengaturan: Setelah semua pengaturan sudah benar, simpan perubahan dengan mengklik tombol Save Changes.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu akan siap untuk melakukan sharing printer. Ini memastikan bahwa printer dapat diakses oleh semua komputer dalam jaringan tanpa hambatan.

Pastikan juga semua komputer dalam jaringan sudah terhubung dengan benar dan memiliki akses ke jaringan yang sama untuk memaksimalkan efisiensi sharing printer.

Cara Sharing Printer ke Komputer atau Laptop Lainnya

Setelah berhasil melakukan pengaturan file and printer sharing, sekarang saatnya untuk mempelajari cara melakukan sharing printer di sistem operasi Windows, mulai dari versi 7, 8, hingga 10. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka Menu Start: Klik ikon Start di sudut kiri bawah layar, kemudian pilih opsi Pengaturan (Settings).
  • Pilih Devices and Printers: Di jendela Pengaturan, cari dan pilih opsi Devices and Printers.
  • Klik Opsi Hardware dan Opsi: Di Devices and Printers, klik pada opsi yang berbunyi Hardware and Sound.
  • Klik Kanan pada Printer yang Ingin Dibagikan: Temukan printer yang ingin kamu bagikan kepada komputer atau laptop lain, lalu klik kanan pada ikon printer tersebut.
  • Masuk ke Properties: Setelah itu, pilih opsi Properties dari menu yang muncul setelah mengklik kanan.
  • Buka Tab Sharing: Di jendela Properties printer, pilih tab yang bertuliskan Sharing.
  • Aktifkan Bagian Share This Printer: Pada tab Sharing, ceklis atau aktifkan opsi yang bertuliskan Share this printer untuk mengaktifkan fitur sharing printer.
  • Terapkan Pengaturan: Setelah melakukan langkah-langkah di atas, klik tombol Apply untuk menerapkan pengaturan yang telah kamu lakukan.
  • Uji Coba Koneksi: Setelah semua pengaturan selesai, pastikan untuk menguji koneksi dengan mencoba mencetak dokumen dari komputer atau laptop lain yang terhubung ke jaringan yang sama.
BACA JUGA
Mendarat di Indonesia, Ini Fitur Andalan Lenovo Yoga S940

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu akan berhasil melakukan sharing printer dan memungkinkan komputer atau laptop lain untuk mencetak dokumen dengan printer yang sama.

Cara Mengakses Printer yang Telah Di-Share

Setelah semua perangkat telah melakukan aktivitas sharing printer, seharusnya komputer atau laptop satu dengan yang lain akan terhubung. Jika ada anggota keluarga atau teman yang ingin menggunakan printer yang sama, mereka juga bisa terhubung dengan mudah.

Namun, pastikan bahwa semua perangkat menggunakan sistem operasi Windows 7, 8, atau 10 untuk melakukan sharing printer. Untuk mengakses printer yang telah di-share, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Menu Start: Pertama, buka menu Start di komputer atau laptop kamu, kemudian masuk ke My Computer atau File Explorer.
  • Temukan Nama Komputer atau Laptop: Selanjutnya, cari nama komputer atau laptop yang ingin kamu hubungkan dengan printer. Kamu bisa melakukannya dengan mengklik dua kali pada nama perangkat tersebut.
  • Akses Printer yang Tershare: Setelah menemukan perangkat yang diinginkan, akan muncul tampilan printer yang telah di-share sebelumnya.
  • Klik Kanan dan Pilih Connect: Klik kanan pada ikon printer tersebut, lalu pilih opsi Connect.
  • Tunggu Proses Pemasangan: Komputer atau laptop akan secara otomatis melakukan proses pemasangan printer yang terhubung.
  • Selesai: Setelah proses pemasangan selesai, komputer atau laptop tersebut seharusnya sudah terhubung dengan printer secara otomatis. Sekarang semua orang dapat dengan mudah menggunakan printer tersebut untuk mencetak dokumen mereka.
BACA JUGA
Spesifikasi Samsung Galaxy Book Odyssey, Gahar Banget!

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu akan dapat mengakses printer yang telah di-share dengan perangkat lain dalam jaringan.

Itulah dia persiapan dan cara untukk sharing printer di laptop atau komputer Windows milikmu. Dengan melakukan ini kamu bisa lebih menghemat biaya dan membuat proses print jadi lebih efisien.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi