Monday, August 8, 2022
BerandaGadgetCara Stop Pelacakan Lokasi di HP Android

Cara Stop Pelacakan Lokasi di HP Android

TechDaily.id – Tidak ada seorang pun yang senang dilacak. Beruntung, kamu bisa menghentikan orang tersebut agar tidak melacak kamu. Begini cara stop pelacakan lokasi di HP Android.

BACA JUGA
Cara Tukar Tambah HP OPPO, Bisa Dengan Reno5!

Pelacakan lokasi bisa sangat berguna. Namun, pelacakan lokasi ini juga bisa menjadi masalah privasi. Beruntung, kamu bisa menghentikan pelacakan itu dari smartphone.

Ya, agar smartphone kamu berhenti melacak kamu, kamu bisa melakukannya lewat Pengaturan. Atau, kamu juga bisa menghentikan pelacakan aplikasi tertentu. Namun, perlu diperhatikan setiap versi Android kemungkinan akan berbeda-beda caranya.

BACA JUGA
Tips Membeli Smartphone Bekas, Biar Gak Rugi!

Cara Stop Pelacakan Lokasi di HP Android

Jika kamu tidak merasa perlu untuk memblokir Google agar tidak merekam semua aktivitas kamu, dan hanya ingin menghentikan telepon dari merekam lokasi kamu, itu mudah dilakukan, selama kamu memperhatikan detailnya:

1. Geser ke bawah dari atas layar sehingga kamu melihat menu Pengaturan Cepat, dan tekan lama pada ikon Lokasi — atau geser ke bawah, ketuk ikon
2. Pengaturan, dan pilih “Lokasi.”

3. Kamu sekarang berada di halaman Lokasi. Temukan fitur “Gunakan lokasi” di bagian atas dan matikan.

4. Kamu akan berpikir begitu, bukan? Tapi kamu salah. Yang dimaksud dengan “Gunakan lokasi” di Android tergantung pada sensor mana yang mengikuti lokasi perangkat: selain GPS, bisa berupa Wi-Fi, jaringan seluler, atau sensor lainnya.

Jadi sebelum kamu meninggalkan halaman ini, lihatlah sedikit lebih jauh ke bawah. Jika kamu menggunakan Android 12, cari tombol “Layanan lokasi”, jika tidak, cari tombol “Lanjutan” dan ketuk itu.

Mematikan Pelacakan Lokasi untuk Aplikasi Tertentu
Kamu dapat mengetahui aplikasi mana yang benar-benar menggunakan pelacakan lokasi dan menonaktifkannya untuk aplikasi yang kamu rasa tidak membutuhkannya.

1. Buka halaman Lokasi (dengan menekan lama ikon Lokasi di baki Pengaturan Cepat kamu)

2. Ketuk “Izin aplikasi” (atau, jika kamu menggunakan Android 12, cari “Izin lokasi aplikasi”).

3. Kamu akan menemukan di sini daftar semua aplikasi Anda saat ini yang memiliki izin untuk mengakses lokasi kamu baik sepanjang waktu atau hanya saat digunakan. Ketuk salah satu untuk mengubah izin untuk mengizinkan sepanjang waktu, hanya mengizinkan saat digunakan, bertanya setiap saat, atau menolak.

Kamu juga dapat memutuskan apakah aplikasi akan diizinkan untuk menggunakan “lokasi yang tepat” — dengan kata lain, gunakan lebih dari sekadar GPS untuk menentukan di mana kamu berada. Untuk itu, “Google Location Accuracy” juga terdapat di halaman Lokasi.

Terkadang saat kamu mematikan izin di Pengaturan Android, aplikasi itu sendiri akan terus mencoba membuat kamu memulihkan izin itu.

 

Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi