Tips

Cara Tau ID Pelanggan PLN untuk Bisa Klaim Token Listrik Gratis

Techdaily.id –  Saat ini pelanggan PLN sudah bisa mengklaim token listrik gratis  dengan mengakses website PLN, WhatsApp PLN dan Pln Mobile. Untuk bisa mengakses token listrik gratis ini bisa dilakukan denga cara memasukkan ID pelanggan. Nah gimana cara tau ID pelanggan PLN supaya bisa klaim token listrik gratis?

BACA JUGA
Cara Mengisi Shopee Pay, Mudah Banget!

ID pelanggan adalah nomor yang digunakan untuk mengetahui tagihan listrik yang harus dibayarkan tiap bulannya atau untuk mengetahui sisa token lsitrik sebelum mengisinya kembali. Untuk mengecek ID pelanggan PLN, ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai berikut ini:

  1. Menggunakan Website PLN

Cara tau ID pelanggan PLN bisa dicek menggunakan website PLN di i https://portal.pln.co.id/. Untuk mengetahui ID PLN, kamu perlu tahu nama pemilik rekening listrik yang ingin dicari tahu nomor ID pelanggannya. Jika sudah mengetahui namanya, masukkan nama tersebut dan data tagihan token listrik sesuai nama yang sudah diinput tadi akan muncul.

2. Cek Lewat Aplikasi PLN

Cara kedua yang bisa digunakan untuk tahu ID pelanggan PLN adalah cek lewat aplikasi PLN. Aplikasi ini bisa diunduh melalui Playstore maupun App store. Di aplikasi PLN kamu bisa melihat informasi terkait listrik yang digunakan, seperti jumlah pemakaian listrik, nama pemilik rekening, nomor ID pelanggan, dan biaya tagihan listrik.

Jika kedua cara diatas adalah cara mengecek ID pelanggan PLN secara online, maka cara manual juga bisa dilakukan untuk tau ID pelanggan PLN sebagai berikut:

  • Lihat pada struk PLN

Di struk pembayaran listrik yang dikeluarkan PLN terdapat data ID pelanggan, nomor ID dan jumlah tagihan listrik kamu

  • Lewat Meteran PLN

Cara tau ID pelanggan PLN juga bisa menggunakan data yang tertera di meteran PLN. Coba periksa barcode di meteran tersebut dan biasanya di bawah barcode tertera 11 hingga 12 nomor yang merupakan ID pelanggan

  • Lihat di Struk Pembayaran E-commerce

Cara lain untuk mengetahui ID pelanggan PLN adalah dengan mengecek struk pembayaran di e-commerce mengingat saat ini tagihan listrik sudah bisa dibayarkan melalui berbagai e-commerce. Nah di struk pembayaran tersebut biasanya berisi data pribadi pelanggan termasuk ID.

Jika sudah mengetahui ID pelanggan PLN mu, maka kamu bisa mengklaim token listrik gratis dari PLN dengan langkahs sebagai berikut:

  •  Buka Alamat www.pln.co.id kemudian pilih menu Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon).
  • Masukkan ID pelanggan atau nomor meteran
  • Token gratis akan ditampilkan di layar dan pelanggan tinggal memasukkan token gratis sesuai dengan ID elanggan.
BACA JUGA
Harga realme 7i Terbaru dan Spesifikasinya

Nah begitulah cara tahu ID pelanggan PLN. Semoga informasi ini bermanfaat. (ira)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close