Thursday, July 18, 2024
BerandaTipsCara Temukan Nomor Seri Laptop Windows dan Mac

Cara Temukan Nomor Seri Laptop Windows dan Mac

TechDaily.id – Cara temukan nomor seri laptop Windows dan Mac sangat mudah. Karena, ada beberapa metode yang dapat dilakukan pemilik laptop.

Nomor seri sepertinya biasa saja. Artinya, hingga kamu menyadari memerlukan nomor seri laptop atau ponsel cerdas saat melakukan klaim garansi, mendapatkan dukungan dari produsen, melaporkan pencurian perangkat, atau melakukan pemulihan dari pencurian.

Beruntung, kamu dapat menemukan nomor seri dengan menjalankan perintah sederhana, menjelajahi informasi sistem, mencari label fisik, atau memeriksa dokumen lainnya, sebagaimana dikutip dari Makeuseof.

Cara Temukan Nomor Seri Laptop Windows dan Mac

  1. Menemukan Nomor Seri Gunakan Tool Sistem Operasi

Jika laptop Anda berfungsi penuh dan Anda tidak mengalami masalah login apa pun, metode paling sederhana untuk menemukan nomor seri adalah dari dalam sistem operasi Anda.

Windows

Kamu dapat dengan mudah mengambil nomor seri dengan menjalankan perintah di Command Prompt. Begini caranya:

  • Ketik “Command Prompt” di Pencarian Windows
  • Klik kanan pada aplikasi Command Prompt dan pilih Jalankan sebagai administrator.
  • Ketik perintah berikut: wmic bios get serialnumber
  • Tekan Enter
BACA JUGA
TCL 20 5G Siap Meluncur, Ini Fitur Unggulannya!

Jika utilitas Command Prompt gagal menampilkan nomor seri, kamu dapat menemukannya dari Informasi Sistem: Tekan Win+R, ketik “msinfo32,” dan tekan Enter. Lalu, navigasikan ke tab Ringkasan Sistem, tempat kamu akan menemukan nomor seri yang ditampilkan di antara informasi.

macOs

Kamu dapat menemukan nomor seri Mac Anda dengan menjalankan perintah sederhana di Terminal. Cukup ikuti langkah-langkah ini:

  • Tekan Command+Spasi untuk membuka pencarian Spotlight.
  • Ketik “Terminal” dan tekan Enter.
  • Ketik perintah berikut di Terminal: system_profiler SPHardwareDataType | grep “Serial Number”
  • Tekan Enter
  1. Cek Nomor Seri di Label Fisik

Jika laptop mengalami masalah perangkat keras dan memerlukan dukungan dari pabrikan, kamu dapat mengetahui nomor serinya dengan melihat label fisiknya.

Pada sebagian besar laptop, nomor seri dicetak pada label di bagian bawah perangkat. Balikkan laptop kamu dan cari labelnya. Jika kamu menemukannya, nomor serinya akan tercetak di sana.

Jika kamu tidak melihat label di bagian bawah, periksa apakah laptop memiliki baterai yang dapat dilepas. Jika ya, keluarkan baterai, dan kemungkinan besar kamu akan menemukan nomor seri tercetak di dalam tempat baterai.

BACA JUGA
Cara Mendapatkan Koin Dari Aplikasi Snack Video
  1. Temukan Nomor Seri Perangkat yang Dicuri

Jika perangkat dicuri dan kamu tidak dapat menggunakan salah satu metode di atas, kamu masih dapat menemukan nomor seri perangkat yang dicuri.

Jika kamu ingat nomor model laptop, kamu dapat mengunjungi situs web produsen, memasukkan nomor model, dan nomor seri terkait akan ditampilkan. Namun perlu diingat tidak semua produsen menawarkan opsi ini.

Tama
Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi