Thursday, May 19, 2022
BerandaGadgetCara Tingkatkan Akurasi GPS di Android

Cara Tingkatkan Akurasi GPS di Android

TechDaily.id – Cara tingkatkan akurasi GPS di Android perlu diketahui oleh para pengguna. Karena, sensor GPS pada smartphone sangat penting untuk penggunaan aplikasi navigasi dan berbagai layanan seperti Google Maps.

GPS adalah singkatan dari Global Positioning System dan dikembangkan oleh Angkatan Darat AS pada 1973. Tapi, dirilis untuk tujuan sipil pada tahun delapan puluhan. Awalnya digunakan dengan 24 satelit tetapi sekarang ada 31 satelit GPS yang beroperasi di orbit.

Smartphone Anda berkomunikasi dengan satelit ini melalui antena GPS, yang merupakan bagian dari perangkat keras di sebagian besar ponsel cerdas dan tablet saat ini. Antena terhubung melalui driver ke perangkat lunak. Artinya, ada tiga sumber utama, dari mana masalah GPS dapat timbul

Namun, ada kalanya sinyal GPS kamu bisa miring. Jika kamu mengalami masalah GPS sebenarnya ada solusi yang bisa kamu kerjakan untuk membuatnya lebih akurat melacak lokasi.

Cara Tingkatkan Akurasi GPS di Android

1. Aktifkan Akurasi Lokasi Google
Untuk mendapatkan sinyal terbaik, kamu harus siap menggunakan baterai sedikit lebih banyak dibanding sebelumnya. Mengaktifkan GPS bisa dilakuakn dengan membuat Settings> pilih Location untuk memastikan layanan lokasi kamu aktif.

BACA JUGA
Buat yang Gak Mudik, Ini Cara Menghasilkan Foto Long Exposure di realme GT 2 Pro

Kamu juga harus dapat mengaktifkannya dari toggle cepat saat menurunkan bar notifikasi. Di bawah Lokasi, kamu harus pergi ke Lanjutan dan kemudian Akurasi Lokasi Google. Tap dan pastikan penggeser untuk Tingkatkan Akurasi Lokasi aktif.

Ini tidak hanya akan menggunakan GPS, tetapi juga Wi-Fi dan koneksi jaringan seluler untuk memberikan perkiraan lokasi Anda yang lebih akurat. Tentu saja, pengaturan ini akan menghabiskan masa pakai baterai tambahan, tetapi pengaturan ini akan menggunakan semua metode yang tersedia untuk memberi kamu lokasi yang paling akurat.

2. Gunakan aplikasi kompas untuk mengkalibrasi ulang GPS Anda
Jika kamu menduga sinyal GPS tidak sesuai, kamu dapat memaksanya untuk mengkalibrasi ulang. Untuk melakukan ini, kamu memerlukan aplikasi kompas. Beberapa smartphone sudah dilengkapi dengan satu yang sudah diinstal sebelumnya. Jika milik kamu, luncurkan dan lakukan proses kalibrasi ulang untuk memberi sinyal GPS Anda penyegaran yang sangat dibutuhkan.

Jika perangkat Android kamu tidak dilengkapi dengan aplikasi kompas, kamu dapat mengunduhnya dari Play Store dan melakukannya dengan cara ini. Kompas Galaxy adalah opsi yang bagus dan andal dengan peringkat rata-rata 4,1 bintang dari lebih dari 100.000 pengguna, sebagaimana dikutip dari Next Pit.

BACA JUGA
MIUI 11 Bawa Fitur Baru, Apa Saja?

3. Jaga agar sinyal GPS tetap aktif
Salah satu masalah utama saat berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya adalah GPS dimatikan untuk menghemat baterai. Misalnya, setiap kali bermain Pokemon Go dan ingin melihat pesan terbaru, GPS kamu bisa dimatikan.

Namun, kamu dapat memastikan bahwa sinyal GPS tetap aktif setiap saat. Untuk melakukan ini, kamu perlu menginstal aplikasi GPS. Ada Connected GPS yang dapat dicoba pengguna. Ini adalah aplikasi sederhana dan berhasil.

4. Cari tahu apakah masalah GPS Anda terkait dengan perangkat keras atau perangkat lunak
Dengan GPS Essentials, kamu dapat mendiagnosis apakah sinyal GPS yang buruk disebabkan oleh masalah perangkat keras atau perangkat lunak. Di menu utama GPS Essentials, pilih Satelit, lalu lihat (dengan rasa ingin tahu) ponsel cerdas kamu terhubung ke banyak satelit yang melayang di sekitar bumi.

5. Refresh Data GPS Anda
Terkadang perangkat kamu akan ‘macet’ pada satelit GPS tertentu, meskipun tidak dalam jangkauan, sehingga menyebabkannya tidak berfungsi dengan baik. Untung ada perbaikan untuk masalah ini karena kamu dapat menggunakan aplikasi seperti Status & Kotak Alat GPS untuk menghapus data GPS dan mulai menghubungkan ke satelit dari awal.

BACA JUGA
Fitness Tracker Terbaik 2022

Di aplikasi, ketuk di mana saja di layar, lalu ketuk ikon menu dan tekan Kelola status A-GPS. Ketuk Atur Ulang, lalu setelah selesai, kembali ke menu Kelola status A-GPS dan ketuk Unduh. Data GPS kamu sekarang harus disegarkan. Jika mulai bertingkah lagi, ulangi saja proses ini.

Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi