Monday, January 17, 2022
spot_img
BerandaGadgetTipsCara Ubah Smartphone Jadi Wireless Webcam

Cara Ubah Smartphone Jadi Wireless Webcam

Techdaily.id – Kamu bisa mengetahui cara ubah smartphone jadi wireless webcam di sini. Meski laptop sekarang sudah dilengkapi dengan webcam internal, kamera laptop dapat rusak kapan saja.

BACA JUGA
Cara Membuat Video Sinematik Menggunakan Smartphone, Gak Susah!

Jika laptop rusak, kamu tentu saja perlu membeli webcam baru. Tapi, jika kamu tidak ingin menghabiskan uang atau tidak membutuhkannya dalam jangka panjang, sedikit software gratis dapat membantu.

Jika kamu ingin mencobanya, kamu dapat mengubah smartphone menjadi webcam untuk PC kamu. Tapi, bagaima cara untuk mengubah smartphone tersebut menjadi wireless webcam tersebut.

Cara Ubah Smartphone Jadi Wireless Webcam untuk Android

Pengguna Android dapat mencoba aplikasi gratis bernama DroidCam untuk mengubahnya menjadi webcam. Versi gratisnya memiliki semua yang kamu butuhkan untuk memulai, meskipun peningkatan 5,49 dolar AS ke DroidCamX menambahkan video 720p/1080p dengan Mode HD, ditambah lagi menghilangkan iklan spanduk kecil.

Untuk memulai, kamu memerlukan dua perangkat lunak yakni aplikasi Android DroidCam dari Play Store dan klien Windows dari Dev47Apps. Setelah keduanya diinstal, pastikan komputer dan ponsel kamu berada di jaringan Wi-Fi yang sama.

Aplikasi Android DroidCam harus memiliki alamat IP yang terdaftar—seperti 192.168.1.91—yang dapat kamu masukkan di aplikasi desktop untuk menghubungkan keduanya. Pastikan untuk mencentang kotak Audio jika kamu tidak memiliki mikrofon di PC.

Klik tombol Start, dan kamu harus terhubung. Sebagian besar aplikasi obrolan video harus mengenali DroidCam sebagai webcam yang valid, meskipun kamu mungkin perlu memulai ulang jika dijalankan saat DroidCam diinstal.

BACA JUGA
7 Daftar Aplikasi Penyewaan Mobil Termurah di Indonesia

Kamu dapat menyesuaikan beberapa hal dalam pengaturan, seperti kamera mana yang akan digunakan (depan atau belakang), mikrofon mana yang akan digunakan (kamera atau speakerphone), dan beberapa fitur hemat baterai, tetapi ketahuilah itu mungkin tidak akan seperti itu baik sebagai webcam tradisional.

Jika kamu lebih suka terhubung melalui USB daripada Wi-Fi, DroidCam juga dapat melakukannya, meskipun memerlukan sedikit penyelesaian lanjutan dengan beberapa driver khusus ponsel.

Cara Ubah Smartphone Jadi Wireless Webcam untuk iPhone
Jika kamu memiliki iPhone, EpocCam adalah aplikasi untuk mengubahnya menjadi webcam. Namun, versi gratisnya menyertakan iklan yang mengganggu dan sangat sedikit fitur, hampir memerlukan upgrade berbayar sebesar 7,99 dolar AS. Dengan peningkatan, kamu mendapatkan dukungan mikrofon, video HD, koneksi USB, dan penyesuaian zoom/fokus.

Untuk menggunakan EpocCam, unduh aplikasi EpocCam ke iPhone kamu dan unduh driver untuk Windows atau macOS. Kamu mungkin perlu me-restart komputer setelah menginstal perangkat lunak desktop. Setelah kamu memulai ulang, kamu dapat meluncurkan aplikasi EpocCam Viewer di komputer, di samping aplikasi EpocCam di ponsel kamu untuk melihat apakah itu berfungsi.

Selama kedua perangkat berada di jaringan Wi-Fi yang sama, atau terhubung melalui USB, keduanya harus ditautkan tanpa langkah tambahan apa pun. EpocCam akan muncul sebagai webcam untuk Zoom, Hangouts, atau aplikasi obrolan video lainnya yang mungkin kamu gunakan.

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi