Wednesday, May 18, 2022
BerandaGadgetTipsCara Uninstall Aplikasi di Windows 10

Cara Uninstall Aplikasi di Windows 10

TechDaily.id – Cara uninstall aplikasi di Windows 10 sangat mudah untuk dilakukan. Kamu tidak perlu melakukan langkah rumit agar bisa meng-uninstall aplikasi di sistem operasi besutan Microsoft Windows 10.

BACA JUGA
Cara Stop Terima Update Windows 11

Seiring waktu, komputer dapat mengumpulkan banyak file sampah yang menghabiskan ruang dan berpotensi mengurangi kinerja. Sering kali, ini terjadi karena menginstal aplikasi yang hanya digunakan sekali saja.

Sesekali, ada baiknya menghapus aplikasi yang tidak diperlukan. Kamu dapat membersihkan menu Start menu, mengosongkan ruang, dan bahkan meningkatkan kinerja perangkat kamu, sebagaimana dikutip dari Makeuseof.

BACA JUGA
Cara Merekam Video Google Meet, Yuk Coba!

Namun, sebenarnya ada beberapa cara kamu dapat menghapus aplikasi dan itu bukan proses yang rumit. Jika kamu tertarik untuk mengetahuinya, berikut ini langkah-langkah yang perlu dikerjakan.

Cara Uninstall Aplikasi di Windows 10

Cara termudah dan tercepat untuk mencopot pemasangan aplikasi adalah dengan menggunakan menu Mulai di Windows 10 atau Windows 11. Ini adalah proses super sederhana yang seharusnya berfungsi untuk sebagian besar aplikasi. Ada beberapa aplikasi Windows bawaan yang tidak dapat Anda hapus, tetapi kami akan membahasnya sebentar lagi. Inilah yang perlu Anda lakukan:

1. Buka menu Start dengan mengklik ikon Windows pada taskbar atau menekan tombol Windows pada keyboard

2. Temukan aplikasi yang ingin kamu hapus. Jika memiliki ubin di sisi kanan menu, kamu dapat menggunakannya, jika tidak, gulir ke bawah daftar aplikasi di sisi kiri untuk menemukannya.

3. Klik kanan aplikasi dan pilih Copot pemasangan. Salah satu dari dua hal akan terjadi yakni untuk aplikasi modern yang menggunakan manajemen paket yang tepat, aplikasi akan segera dihapus, dan Anda dapat berhenti di sini. Untuk aplikasi bergaya klasik, Anda mungkin dibawa ke Panel Kontrol dengan daftar aplikasi yang akan dihapus.

4. Temukan aplikasi yang ingin kamu copot di daftar ini dan klik kanan, lalu pilih Copot pemasangan. Dalam beberapa kasus, aplikasi mungkin menjadi bagian dari bundel. Misalnya, jika kamu ingin menghapus instalan Microsoft Word, kamu harus menghapus instalan semua Microsoft Office

Pada Windows 11, prosesnya serupa, tetapi menu Start terlihat sangat berbeda. Kamu dapat membuka menu Mulai dan mengeklik kanan salah satu aplikasi yang disematkan (di bagian atas menu) untuk menghapus instalannya, atau kamu mungkin perlu mengeklik tombol Semua aplikasi di bagian atas untuk melihat daftar lengkap aplikasi kamu. Jika tidak, prosesnya pada dasarnya sama.

Cara mencopot pemasangan aplikasi menggunakan Pengaturan

Meskipun langkah-langkah di atas berfungsi untuk sebagian besar aplikasi, kamu mungkin ingin mencopot pemasangan beberapa aplikasi yang tidak terlihat di menu Mulai. Baik itu driver atau tugas latar belakang, beberapa aplikasi tidak langsung terlihat di menu Mulai. Menghapus aplikasi semacam ini dapat menyebabkan masalah jika kamu tidak tahu apa yang dilakukan, tetapi jika kamu ingin melakukannya, begini caranya.

1. Buka aplikasi Pengaturan dan klik Aplikasi untuk melihat aplikasi yang kamu instal. Di Windows 11, kamu harus mengklik Aplikasi lalu Aplikasi & fitur.
Atau, buka menu Mulai dan mulailah mengetik “Tambah atau hapus program” hingga opsi itu muncul di hasil pencarian, lalu pilih.

2. Temukan aplikasi yang ingin kamu hapus dan pilih. Kemudian, klik Uninstall dan konfirmasikan pilihan kamu. Pada Windows 11, klik ikon tiga titik di sebelah nama aplikasi dan pilih Copot pemasangan.

Untuk aplikasi modern, aplikasi akan langsung dihapus, sementara aplikasi bergaya klasik akan membuka panduan penghapusan instalasi. Ikuti instruksi untuk mencopot pemasangan aplikasi, dan kamu akan selesai.

Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi