Friday, February 3, 2023
BerandaFeatureCerita Mas Jojo, Dari Penyiar Radio Jadi Leader Smartfren Community Cilacap

Cerita Mas Jojo, Dari Penyiar Radio Jadi Leader Smartfren Community Cilacap

Techdaily.id – Siapa sangka, berawal dari grup facebook pengguna, kini Smartfren Community menjelma menjadi salah satu komunitas telekomunikasi terbesar yang sudah memiliki 106 cabang di Indonesia. Dari jumlah tersebut, Smartfren Community Cilacap bisa dibilang menjadi salah satu yang paling aktif sejauh ini.

Hal tersebut tidak lepas dari peran serta salah satu leader mereka yakni Sugeng Paijo. Pria yang akrab disapa Jojo ini mengaku sangat mencintai komunitas yang dibentuk pada 11 Maret 2011 ini.

Tim Redaksi Techdaily berkesempatan untuk berbincang-bincang dengan mas Jojo tentang alasan serta manfaatnya bergabung dengan komunitas ini. Penasaran? berikut ulasan lengkapnya.

Dari Penyiar Radio Jadi Leader Smartfren Community Cilacap

“Menurut saya Smartfren Community ini merupakan satu-satunya komunitas terbesar yang aktif yang ada di Indonesia sampai dengan saat ini,” ujar Jojo saat ditemui di event Teman Pintar di Cilacap, Jawa Tengah (08/12).

Sebelum tergabung kedalam keluarga Smartfren Community, Jojo sendiri merupakan seorang penyiar radio. Profesi tersebut ia tinggalkan demi merintis sebuah usaha Event Organizer (EO) pada akhir 2019. Namun, pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia pada awal 2020 membuatnya terpaksa harus mengubah arah bisnis ke bidang lain. Tidak disangka, jalan inilah yang mempertemukannya dengan komunitas Smartfren.

BACA JUGA
Platform Multichannel Chat Qiscus Hadirkan Sederet Fitur Baru

“Saya berhenti sebagai penyiar radio dan berusaha mengembangkan bisnis Event Organizer (EO), namun karena pandemi mau tidak mau saya harus mengubah bisnis. Kebetulan karena kesempatan yang ada dari pemerintah dan Smartfren Community dalam hal pemberdayaan UMKM, akhirnya saya putuskan untuk bergabung ke komunitas ini dan saya menganggap bahwa mungkin ini jalan yang tepat.”

Jojo menuturkan, Smartfren Community juga merupakan komunitas yang mendukung penuh setiap kegiatan yang diadakan oleh para anggota nya sehingga mereka bisa menjadi lebih leluasa dalam mengadakan kegiatan di wilayah mereka masing-masing. “Setiap kegiatan yang diadakan itu disupport penuh oleh Smartfren, mulai dari budget hingga kebutuhan lainnya, sehingga banyak anggota yang mendapatkan manfaat dari komunitas ini,” tuturnya.

Manfaat Bergabung di Smartfren Community

Setelah bergabung dengan komunitas ini, Jojo pun merasakan banyaknya manfaat yang bisa diraih. Mulai dari koneksi pertemanan hingga membuka peluang untuk mengembangkan usaha para anggota member komunitas ini.

“Saya pernah mengadakan pameran di Surabaya dan saya agak kesulitan untuk mendistribusikan produk saya ke lokasi karena saya harus pakai kereta dan ada batas waktu. Akhirnya saya meminta bantuan dengan teman-tema leader di Surabaya untuk mendistribusikan produk tersebut ke lokasi pameran.”

BACA JUGA
Spesifikasi Advan G5 Plus, HP Sejutaan Advan Terbaru!

Selain itu, terdapat pula beberapa program yang memberdayakan UMKM seperti Teman Kreasi yang ikut membantu para pelaku UMKM untuk Go Digital. “Saya juga sempat beberapa kali diajak pameran di Sinar Mas yang bisa membuka peluang baru bagi pelaku UMKM. Saya selalu bilang bahwa titik balik saya ketika ada Teman Kreasi di Smartfren Community ini.”

Jojo adalah satu dari sekian banyak anggota Smartfren Community yang sudah merasakan manfaat dari komunitas ini. Terdapat program unggulan dari komunitas ini yang sedang digalakkan untuk membantu UMKM dalam meningkatkan daya saing dan bersiap menatap pasar global yang salah satunya adalah Teman Kreasi.

Teman Kreasi Indonesia adalah wadah yang didirikan Smartfren untuk mengembangkan kokreasi dan kewirausahaan sosial bagi generasi muda serta membuka peluang tumbuhnya sektor ekonomi UMKM kreatif dan digital. Saat ini telah ada 32 Teman Kreasi Indonesia yang tersebar di 30 kota. Masing-masing Teman Kreasi Indonesia dikelola oleh ketua yang memiliki usaha sendiri, sekaligus menjalankan misi untuk menjadi wadah pembinaan bagi UMKM lain di sekitar kotanya.

BACA JUGA
Ini 3 Kartu Grafis Baru NVIDIA yang Tersedia Bulan Depan

Hingga saat ini, Smartfren melalui Teman Kreasi Indonesia, telah melaksanakan beberapa kegiatan yang membantu keberlangsungan lebih dari 500 UMKM di berbagai kota di Indonesia, sekaligus membuka peluang digitalisasi bagi mereka.

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi