Thursday, May 30, 2024
BerandaGadgetDaftar Smartphone Dengan Chipset 5G MediaTek Terbaru

Daftar Smartphone Dengan Chipset 5G MediaTek Terbaru

Techdaily.id – Pada pertengahan tahun ini, Indonesia akan bersiap kedatangan beberapa smartphone dengan chipset 5G MediaTek terbaru. Buat kamu penggemar SoC dari Taiwan tersebut, tentunya kabar ini bakal menjadi sesuatu yang menyenangkan bukan. 

Beberapa smartphone yang dimaksud ini tersebar dari dua lini utama mereka yakni flagship maupun kelas mid range, di mana dua diantaranya sudah diperkenalkan di Indonesia beberapa waktu lalu. 

Vice President Corporate Marketing MediaTek, Finbarr Moynihan menjelaskan bahwa mereka senantiasa berkomitmen untuk menghadirkan berbagai chipset untuk smartphone baru di Indonesia.

““Kami berkomitmen untuk membawa produk yang bisa digunakan untuk berbagai ponsel yang ada di Indonesia, mulai dari HP mid-range hingga di kelas flagship, agar para pengguna mendapatkan pengalaman terbaik,” ujar Finbarr, pada acara MediaTek Indonesia Media Gathering pada Kamis (25/05).

Nah, buat kamu yang masih menebak-nebak smartphone apa yang dimaksud, berikut kami hadirkan daftarnya.

Smartphone Dengan Chipset 5G MediaTek Terbaru

OPPO Find N2 Flip

Di urutan pertama hadir dari kelas flagship yakni OPPO Find N2 Flip. Smartphone lipat pertama OPPO yang dipasarkan di Indonesia ini sejatinya telah diperkenalkan sejak awal Mei lalu. Smartphone ini sendiri menggunakan chipset MediaTek Dimensity 9000+.

Chipset flagship ini menggabungkan arsitektur CPU v9 Arm dengan proses Octa-core 4nm, serta mengintegrasikan satu inti ultra-Cortex-X2 yang beroperasi hingga 3,2GHz (berbeda dengan Dimensity 9000 yang beroperasi hingga 3,05GHz) dengan tiga inti super Cortex-A710 dan empat inti Cortex-A510. 

BACA JUGA
Rekomendasi HP OPPO Untuk Kado Natal 2022

Sementara, arsitektur CPU dan prosesor grafis Arm Mali-G710 MC10 yang terpasang pada chipset terbaru ini juga memberikan peningkatan lebih dari 5 persen kinerja CPU dan lebih dari 10 persen peningkatan performa GPU.

Beberapa kelebihan dari chipset ini diantaranya fitur MediaTek Imagiq 790: Dengan High Dynamic Range (HDR) Image Signal Processor (ISP) 18-bit (18-bit HDR-ISP) flagship mendukung resolusi 320MP, serta perekaman video HDR 18-bit tiga kamera secara bersamaan. 

Hadir pula Modem 3GPP Release-16 5G yang bertugas untuk memperkuat kinerja sub-6GHz hingga 7Gbps downlink menggunakan 3CC Carrier Aggregation (300MHz) dan mendukung peningkatan R16 UL. Dimensity 9000+ juga menggabungkan dukungan 5G/4G Dual SIM Dual Active dan perangkat penghemat daya 5G UltraSave 2.0 MediaTek untuk peningkatan efisiensi.

Chipset 5G MediaTek Terbaru

Ada juga beberapa fitur unggulan seperti MediaTek MiraVision 790 dan Wi-Fi 6E, GNSS with Beidou III-B1C, dan Bluetooth 5.3 teranyar yang berfungsi untuk meningkatkan konektivitas berkat dukungan chip untuk standar Wi-Fi, Bluetooth, dan GNSS terbaru.

Xiaomi 12T

Sama seperti Find N2 Flip, smartphone yang satu ini sejatinya telah diperkenalkan di Indonesia beberapa waktu lalu. Xiaomi 12T sendiri menggunakan chip menengah ke atas dari MediaTek yakni Dimensity 8100 Ultra. 

BACA JUGA
MediaTek Bermitra dengan Xiaomi, Telurkan Dimensity 8200-Ultra

Dimensity 8100-Ultra merupakan produk hasil kebijakan MediaTek yang memberikan kebebasan kepada produsen untuk menyesuaikan aspek-aspek tertentu dari chip canggihnya.

Kustomisasi yang dapat ‘dioprek’ mencakup pemrosesan kamera, interface dari prosesor dan hardware lainnya, hybrid multiprocessing seperti CPU, GPU dan visual processor, pemrosesan AI (artificial intelligence), hingga konektivitas.

Chipset yang satu ini membawa fitur khusus bernama AI Night Video, memungkinkan pengguna menangkap momen dengan kualitas mumpuni di berbagai skenario, baik terang dan gelap atau luar dan dalam ruangan.

MediaTek Dimensity 8100-Ultra mengusung dua kluster CPU yang terdiri dari 4-core Cortex-A78 dengan kecepatan 2,85 GHz untuk performance-core dan 4-core Cortex-A55 dengan clock-speed 2GHz sebagai efficiency-core.

Kartu grafisnya menggunakan Mali-G610 MC6, dilengkapi ISP Imagiq 780, APU 580, dan dukungan RAM LPDDR5.

Redmi Note 12 Pro 5G

Selanjutnya, di segmen mid-range ada Redmi Note 12 Pro 5G yang juga ditenagai oleh MediaTek Dimensity 1080. Chip ini memiliki sejumlah keunggulan diantaranya respon aplikasi yang cepat dan performa multitasking yang lebih baik.

Sepasang prosesor Arm Cortex-A78 dalam mesin octa-core CPU-nya beroperasi hingga 2.6GHz menjadikannya performanya lebih cepat dan game lebih lancar. Kolaborasi antara mesin pemrosesan grafis Arm Mali-G68 dan teknologi game MediaTek HyperEngine memungkinkan pengguna bermain game dengan lebih lancar dan tetap terhubung.

BACA JUGA
MediaTek Dimensity 1000+ Bakal Hadir Dengan Refresh Rate yang lebih tinggi

Dimensity 1080 menggunakan teknologi fabrikasi canggih 6nm-class chip-making process, memastikan efisiensi daya yang luar biasa dan masa pakai baterai yang lebih lama. Dimensity memperpanjang masa pakai baterai smartphone dengan membangun semua konektivitas nirkabel – 5G, Wi-Fi 6, Bluetooth, dan GNSS – langsung ke dalam chip 6nm.

Dimensity 1080 juga mendukung desain smartphone dengan kamera utama beresolusi hingga 200MP. Memotret atau streaming video dalam kualitas premium 4K, dengan tampilan HDR yang lebih nyata.

Masih Hadirkan Seri Helio

Selain akan menambah jumlah chip baru dari lini Dimensity, MediaTek juga masih akan memelihara seri Helio mereka untuk segmen smartphone 4G. Dijelaskan oleh Cedric Chang, Deputy Director of Corporate Sales, Southeast Asia, MediaTek bahwa pihaknya masih akan terus menambah jumlah chip pada lini ini dikarenakan segmen 4G smartphone masih dibutuhkan di beberapa negara. 

Ia berujar, peminat smartphone 4G masih cukup tinggi di beberapa negara, terlebih karena belum merata nya jaringan internet mobile 5G secara global.

“Kami akan terus menambah jumlah chipset dari seri Helio kedepannya. Hal ini kami lakukan karena masih terdapat permintaan yang cukup besar untuk smartphone 4G di beberapa negara,” tukasnya.

Arie
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi