Wednesday, September 22, 2021
BerandaGadgetRekomendasiDaftar Tingkatan Resolusi Proyektor, Kenali Sebelum Membeli!

Daftar Tingkatan Resolusi Proyektor, Kenali Sebelum Membeli!

Techdaily.id – Apakah kamu pernah mengenal istilah proyektor? Sederhananya, proyektor adalah alat bantu untuk menampilkan gambar, video, maupun data-data lainnya dari komputer atau laptop ke sebuah layar atau dinding. Nah, sejatinya terdapat beberapa tingkatan resolusi proyektor yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan loh.

BACA JUGA
Daftar Harga Vivo V15 April 2019

Dengan koneksi yang baik antara laptop atau PC ke proyektor, nantinya proyektor akan membiaskan cahaya dan memaparkan objek atau data yang dibutuhkan sehingga bermanfaat untuk membantu kamu dalam presentasi/memaparkan penjelasan kepada audiens.

Sejalan dengan manfaatnya, resolusi sebuah proyektor adalah elemen penting yang harus kamu pertimbangkan. Sebab, resolusi merupakan jumlah titik atau pixel yang digunakan untuk menampilkan gambar. Semakin tinggi resolusi proyektor, maka semakin banyak pixel yang digunakan untuk membuat gambar. Hasilnya? Gambar yang dihasilkan akan semakin tajam dan bersih.

Seperti yang sudah disebutkan, proyektor yang dijual di pasaran memiliki tingkatan resolusinya masing-masing yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini perlu kamu ketahui karena pada dasarnya proyektor yang akan digunakan harus disesuaikan dengan ukuran ruangan. Buat kamu yang ingin membeli proyektor untuk kebutuhan presentasi, berikut kami hadirkan daftar tingkatan resolusi proyektor yang biasanya ada di pasaran!

SVGA (800 x 600)

Daftar tingkatan resolusi proyektor yang pertama adalah SVGA. SVGA adalah resolusi minimum dalam sebuah proyektor. Meskipun demikian, resolusi SVGA (800 x 600) masih dapat kamu gunakan untuk presentasi hingga menonton. Namun, tentunya kualitas gambar yang diproyeksikan tergolong standar karena tingkat ketajaman gambarnya tidak terlalu tinggi. Proyektor dengan resolusi SVGA memiliki perbandingan aspek rasio 4:3 dan umumnya disematkan dalam projector mobile berukuran kecil.

FWVGA (854 x 480)

Di posisi kedua, ada proyektor FWVGA yang punya resolusi 854 x 480. Biasanya, resolusi ini dapat kamu temukan di portable projector yang kecil dan ringan sehingga resolusi yang dihasilkan pun rendah. Menariknya, beberapa proyektor FWVGA hadir dengan fitur yang cukup canggih sehingga mampu memberikan gambar yang maksimal sehingga proyektor dengan resolusi ini sangat cocok untuk kamu yang gemar bepergian.

XGA (1024 x 768)

Selanjutnya, resolusi XGA atau 1024 x 768 adalah yang paling umum tersedia dan sering jadi pilihan karena detail gambar yang dihasilkan tergolong cukup baik untuk penggunaan sehari-hari, seperti presentasi saat meeting kerja atau saat mengajar di kelas. Disamping itu, proyektor dengan resolusi XGA juga menawarkan harga yang lebih terjangkau sehingga menjadi favorit banyak orang. Sama hal-nya dengan proyektor SVGA, XGA juga memiliki aspek rasio dengan perbandingan 4:3.

WXGA (1280 x 800)

Lebih jauh, jika kamu mencari proyektor dengan harga terjangkau yang punya kualitas baik dan ccukup nyaman di mata, resolusi WXGA adalah pilihan yang tepat. Proyektor dengan resolusi WXGA dapat memberikan hasil maksimal di ruangan yang tidak terlalu besar dengan kualitas grafis yang mumpuni dengan aspek rasio 16:9.

WUXGA (1920 x 1080)

Bagi kamu yang menginginkan sebuah proyektor dengan resolusi dan kualitas yang lebih baik, proyektor WUXGA adalah solusinya. Dikenal dengan nama resolusi HD, WUXGA memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan proyektor 4K UHD. Meski begitu, gambar yang dihasilkan sudah termasuk pada high definition dengan aspek rasio 16:9 yang lebar sehingga cocok untuk home theater.

4K UHD (3840 x 2160)

Terakhir, ada resolusi proyektor 4K UHD yang menjadi resolusi tertinggi dalam sebuah proyektor dengan 3840 x 2160 atau 4096 x 2160 pixel. Proyektor ini biasanya telah dilengkapi fitur HDR dan dapat digunakan di dalam ruangan yang lebih luas atau bahkan luar ruangan sekalipun. Sesuai dengan kualitas yang diberikan, proyektor ini memiliki harga yang tinggi dibandingkan proyektor lainnya.

BACA JUGA
Segera Diluncurkan, Ini Kelebihan Smartphone 5G OPPO

Itulah sedikit informasi tentang proyektor dan tingkatan resolusi pada proyektor yang bisa kami bagikan. Jika kamu berniat untuk membeli proyektor, pikirkan baik-baik dan sesuaikan dengan ukuran ruangan serta budget yang kamu miliki, ya!

 

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi