Wednesday, September 22, 2021
BerandaGadgetNews GadgetDeretan Teknologi Kamera OPPO Terbaru

Deretan Teknologi Kamera OPPO Terbaru

Techdaily.id – OPPO mengadakan sebuah event bertajuk “2021 OPPO Future Imaging Technology”, yang menjadi sebuah media untuk memperkenalkan deretan teknologi kamera OPPO smartphone yang berfokus pada peningkatan sensor, modul, dan algoritma.

BACA JUGA
Foto Box Poco F2 Pro Ungkap Ponsel Mampu Berjalan di Jaringan 5G

Pada acara ini, ada empat teknologi kamera yang dipamerkan Oppo untuk ponsel generasi terbaru di masa mendatang, yakni sensor RGBW, Continuous Optical Zoom 85-200mm, teknologi penstabil gambar OIS lima sumbu, dan juga kamera bawah layar generasi terkini.

Menurut Director of Imaging Oppo, Simon Liu, serangkaian teknologi baru ini merupakan lompatan besar dalam teknologi pencitraan smartphone. Keseluruhan teknologi itu mencakup berbagai kemampuan pencitraan, termasuk sensitivitas cahaya, kemampuan zoom, stabilisasi, hingga penelitian bentuk produk smartphone masa depan.

Sensor RGBW Terbaru

Teknologi kamera terbaru OPPO yang pertama adalah Sensor RGBW terbaru, di mana OPPO mengembangkan sensor terbaru dengan skema RGBW. Sensor ini lebih sensitif terhadap cahaya berkat sub-piksel putih (W) tambahan, teknologi DTI (Deep Trench Isolation) yang inovatif, dan algoritma 4-in-1 piksel.

teknologi kamera OPPO terbaru

Simon menjelaskan, sensor RGBW ini mampu menangkap 60% lebih banyak cahaya dibandingkan sensor RGB biasa, sekaligus melakukan pengurangan noise pada gambar hingga 35%. Hasilnya pun, gambar jauh lebih jelas dan lebih cerah dalam kondisi rendah cahaya.

Dalam merancang teknologi sensor kamera terbaru ini, Oppo melakukan berbagai pemrosesan canggih. Perusahaan asal China ini meningkatkan tingkat daya komputasi yang diperlukan untuk menjalankan algoritma yang cukup kompleks dan memaksimalkan jumlah data yang diekstraksi melalui sensor white pixel.

Modul Optik Zoom yang lebih Baik

Selain itu, OPPO juga memperkenalkan modul zoom optik yang baru bernama Continuous Optical Zoom 85-200mm. Modul ini mampu menangkap gambar yang tajam di setiap tingkatan pembesaran tanpa memerlukan pemotongan secara digital.

Pengguna dapat menikmati transisi halus di seluruh rentang zoom dengan kualitas gambar yang tetap terjaga. Selain itu, teknologi ini dapat menghindari berbagai kendala umum seperti ketidakakuratan white balance atau bias warna yang ditemui pada sistem zoom konvensional pada perangkat multi-kamera.

 

teknologi kamera OPPO terbaru

Teknologi Continuous Optical Zoom 85-200mm ini dipadukan dengan adanya OIS (optical image stabilization) lima sumbu yang membantu meningkatkan stabilitas, kejernihan, dan performa warna, ketika pengguna mengambil gambar dari jarak jauh.

OIS lima sumbu secara pintar mengenali pergerakan dari giroskop, dan menerapkan opsi penstabil gambar yang cocok. Saat pergerakan relatif kecil misalnya, gambar akan distabilkan melalui pergeseran lensa OIS yang mencakup pergeseran horizontal (X) dan vertikal (Y).

Namun, ketika amplitudo gerakan relatif besar, pergeseran sensor OIS akan digunakan, yang meliputi pergeseran horizontal (x), pergeseran vertikal (y), dan rolling. Pergerakan lensa dan sensor ini bisa terjadi berkat dua komponen ball-bearing motors dan shape memory alloys.

Kamera di Bawah Layar

Solusi untuk memaksimalkan pengalaman visual pada smartphone terus dikembangkan oleh Oppo, salah satunya adalah kamera di bawah layar atau Under Screen Camera (USC).

Teknologi ini memastikan ponsel tetap memiliki panel layar berkualitas tanpa harus mengorbankan kualitas foto selfie yang ditangkap oleh kamera depan di bawah layar.

BACA JUGA
OPPO A74 5G dan Enco Buds Dijual Eksklusif Hanya di Shopee

OPPO mengembangkan geometri piksel yang inovatif untuk memastikan tampilan layar berkualitas tinggi 400 ppi di sekitar area kamera bawah layar. Solusi kamera di bawah layar ini menggunakan kabel transparan dan desain baru yang memberikan kualitas tampilan dan pengalaman visual yang lebih halus.

Untuk meningkatkan masa pakai layar sampai 50% dan agar cahaya yang ditampilkan lebih presisi, OPPO menggunakan teknologi piksel 1-in-1.

Di segi kamera bawah layarnya, Oppo menggunakan AI atau kecerdasan buatan untuk pencitraan, termasuk pengurangan difraksi, anti-kondensasi, HDR, dan AWB, untuk mengoptimalkan kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera bawah layar.

AI ini telah dilatih menggunakan puluhan ribu gambar untuk mengontrol masalah yang disebabkan oleh difraksi pada sumber cahaya, sehingga memungkinkan pengguna untuk menangkap gambar yang lebih jelas dan lebih alami.

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi