Monday, August 8, 2022
BerandaEnterpriseFintechFintech Bantu Dorong Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia

Fintech Bantu Dorong Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia

TechDaily.id – Teknologi finansial atau fintech diprediksi ikut andil dalam percepatan pemulihan ekonomi. Menurut Bhima Yudhistira, Direktor Center of Economic and Law Studies (CELIOS), maraknya fintech saat ini akan menyebabkan besarnya transaksi non-tunai.

Saat transaksi non-tunai semakin umum bagi masyarakat, kata Bhima, maka akan muncul bisnis-bisnis baru di industri ini. Pada akhirnya, akan mendorong ekonomi digital di Tanah Air.

“Jadi semakin cashless akan terjadi efisiensi dan terus muncul bisnis-bisnis digital. Ini akan menciptakan tenaga kerja yang lebih besar lagi dan tentunya mendorong ekonomi Indonesia,” kata Bhima saat diskusi virtual bertajuk ‘Peran Fintech Dorong Ekonomi Digital Indonesia yang digelar FORWAT.

Salah satu pemain di industri fintech adalah OY! Indonesia. Perusahaan yang terbentuk sejak 2017 menyebut layanannya sebagai money movement yang memfasilitasi semua proses keuangan, mulai dari kebutuhan sehari-hari individu hingga bisnis di antara sejumlah institusi.

BACA JUGA
Kini, Layanan Lionsgate Play Bisa Dinikmati Pengguna Telkomsel Dengan Mudah!

Di sisi lain OY! Indonesia mempunyai kemampuan yang unik. Karena OY! Indonesia adalah startup fintech yang memadukan sistem online dan offline.

“Indonesia itu unik sebagai salah satu negara dengan perputaran uang yang sangat besar. Perputaran uangnya itu lewat beragam media. Ada yang digital dan cash. Kami melayani keduanya. Boleh dibilang, kami adalah agregator dari sumber keuangan,” ujar CEO OY! Indonesia Jesayas Ferdinandus.

Jesayas melanjutkan, ada alasan mengapa pihaknya membantu menghadirkan layanan untuk transaksi tunai. Berdasarkan data yang dimiliki, sebanyak 85 persen transaksi di Indonesia masih menggunakan cash. Meski banyak UMKM yang mencoba menjual barang secara online, faktanya masih banyak di antara mereka yang melakukan transaksi menggunakan cash.

“UKMK itu walaupun mencoba jualan online, transaksi mereka masih banyak yang cash. Kami ingin support mereka. Oleh karena itu, kami tidak hanya memberikan layanan untuk sistem online saya,” ujarnya.

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi