Tips
Trending

Fitur Hemat Daya ColorOS 11, Bikin Panjang Usia Baterai HP Kamu!

Techdaily.id – Apakah kamu merasa baterai smartphone kamu lebih cepat habis? Baterai pada setiap smartphone memang memiliki masa pakai yang berbeda-beda. Semakin sering digunakan atau diisi daya, maka kapasitas daya tahan baterai smartphone akan menurun. Nah, buat kamu para pengguna OPPO yang sudah berjalan di ColorOS 11, tidak perlu khawatir lagi. Pasalnya, terdapat fitur hemat daya ColorOS 11 yang dapat memperpanjang masa pakai baterai smartphone kamu.

BACA JUGA
Super Night Mode Vivo S1 Pro Mampu Maksimalkan Fotografi Low-Light, Masa Sih?

ColorOS 11 ini hadir dengan membawa fitur khusus untuk menambah durasi penggunaan baterai. Jadi, ketika kamu beraktivitas di luar atau saat bermain game, kamu tidak perlu khawatir lagi akan kehabisan baterai. Fitur ini wajib banget dicoba untuk kamu pengguna smartphone OPPO.

Beberapa fitur hemat daya ColorOS 11 yang bisa kamu manfaatkan untuk menjaga daya tahan baterai ponsel kamu diantaranya Super Power Saving Mode yang mempunyai kemampuan penghematan daya lebih dibandingkan dengan fitur Power Saving Mode biasa. Fitur yang satu ini dapat membantu memperpanjang daya tahan baterai handphone pada level baterai yang sangat rendah. 

Cara Mengaktifkan Fitur Hemat Daya di ColorOS 11

Cara mengaktifkan fitur hemat daya di ColorOS 11 ini cukup mudah. Pertama, kamu harus masuk terlebih dahulu ke menu “Setting”, lalu pilih “Battery”. Lalu, kamu akan menemukan opsi “Save Power” di bawah persentase baterai. Secara otomatis akan terdeteksi fitur maupun aplikasi apa yang boros daya, dan kamu bisa menonaktifkan untuk menghemat baterai. 

fitur hemat daya coloros 11

Melalui ColorOS 11, OPPO menyebut bahwa smartphone dengan baterai 4.000 mAh dengan kapasitas daya tersisa 5 persen dapat digunakan hingga 90 menit untuk pengiriman pesan WhatsApp, sebelum baterainya kemudian mati.

Selain itu, ada lagi dua fitur tambahan yang cukup spesial di ColorOS 11 ini, yakni “Sleep standby optimization” yang mampu menyesuaikan konsumsi baterai saat jam tidur. Sementara “Optimized night charging” yang akan menyesuaikan arus pengisian daya smartphone menggunakan AI. 

Jadi pada dasarnya fitur tersebut akan menjadwalkan pengisian daya smartphone saat malam hari. Fitur ini akan menghentikan proses pengisian daya saat baterai mencapai 80 persen dari kapasitas maksimum. Kemudian pengisian daya akan dilanjutkan kembali hingga mencapai 100 persen ketika menjelang jadwal bangun tidur. Dimana AI akan melihat kebiasaan bangun tidur dari alarm atau kapan biasanya kamu menyalakan smartphone di malam hari. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya overcharge saat isi daya semalaman.

fitur hemat daya ColorOS 11
Game Space OPPO Reno4

Menariknya lagi, OPPO juga telah membenamkan Hyper Boost 3.0 pada ColorOS 11. Fitur ini cocok banget buat kamu para gamers. Dengan adanya fitur ini maka akan menjaga penggunaan baterai tetap terkendali tanpa mengorbankan kinerja sistem secara keseluruhan sehingga kamu dapat menikmati permainan tanpa perlu khawatir cepat kehabisan baterai.

BACA JUGA
Tips Menghemat Memori Data di Vivo V11 Pro

Hyper Boost 3.0 ini mampu membuat pemakaian CPU meningkat hingga 30% dan konsumsi daya turun hingga 12%. Untuk bisa mengaktifkan fitur ini, aplikasi atau game harus sudah berada di folder Game Space pada handphone OPPO. 

Kamu juga bisa mengatur penggunaan CPU, GPU, baterai, dan sinyal pada Game Space dengan beberapa mode seperti Low Power mode, Balanced mode, dan Competition mode. Jika kamu ingin membuat performa yang menjadi paling optimal, maka dapat mengaktifkan Competition mode.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close