Wednesday, December 1, 2021
BerandaReviewAplikasiFitur WhatsApp Jarang Diketahui Ini Ternyata Sangat Berguna

Fitur WhatsApp Jarang Diketahui Ini Ternyata Sangat Berguna

Techdaily.id – Salah satu media komunikasi yang paling banyak penggunanya adalah WhatsApp. Media ini digunakan oleh semua orang dari berbagai kalangan usia mulai dari yang muda hingga tua. Sebagai media komunikasi, WhatsApp punya berbagai fitur untuk memudahkan penggunanya. Tapi tahukah kamu ada beberapa fitur WhatsApp jarang diketahui? Tapi sebenarnya fitur-fitur tersebut sangat berguna untuk keseharian kita. Apa saja? Yuk simak ulasannya berikut ini:

BACA JUGA
Klikdokter Luncurkan Fitur untuk Periksa Covid-19 Gratis

Dari sekian banyak fitur WhatsApp, berikut ini adalah fitur-fitur yang jarang diketahui tapi ternyata sangat berguna di WhatsApp.

1.Kirim gambar tanpa mengurangi kualitasnya

Fitur pertama adalah pengiriman gambar tanpa mengurangi kualitasnya. Untuk mempertahankan agar kualitas gambar yang dikirim tetap oke, kamu bisa menggunakan fitur ini dengan cara sebagai berikut:

  • Klik ikon lampiran yang ada di sisi bawah
  • Pilih dokumen kemudian cara dokumen lain
  • Pilih album foto yang diinginkan dan klik kirim
  • Selesai

2. Menyembunyikan pesan dengan arsip

Sekarang pengguna WhatsApp juga bisa mengurangi banyaknya obrolan di ruang obrolan WhatsApp dengan fitur menyembunyikan pesan di arsip. Biasanya fitur ini juga digunakan jika pengguna masih ragu untuk menghapus berbagai chat di ruang obrolan akun WhatsApp nya. Dengan arsip, chatroom akan disembunyikan dan bisa dimunculkan lagi ketika ada pesan baru yang masuk dari kontak yang disembunyikan tersebut.

3. Mencari file dengan cepat

Fitur ini digunakan untuk mempermudah pengguna WhatsApp mencari file, dokumen, foto maupun video. Caranya adalah dengan mengklik ikon pencarian di WhatsApp lalu pilih jenis file yang ingin dicari. Kemudian tambahkan kata lain yang berhubungan dengan pencarian. Contohnya jika ingin mencari dokumen atau file yang berkaitan dengan suatu berita atau suatu media, pengguna bisa menambahkan nama media yang ingin dicari dan nantinya akan muncul link di pencarian yang mengarahkan ke media yang sedang dicari.

4. Pindahkan chat ke perangkat lain

Chat di WhatsApp bisa diekspor ke perangkat lain dengan menggunakan fitur export chat. Hal ini berfungsi untuk mencadangkan obrolan. Dengan ekspor chat ini, maka chat dari berbagai kontak atau chat-chat penting akan tetap tersimpan di perangkat lain jika suatu saat WhatsApp eror dan sebagainya.

5. Mencegah salah ruang obrolan

Bagi para pengguna WhatsApp pasti pernah mengalami yang namanya salah masuk ruang obrolan baik ke grup ataupun chat personal. Oleh karena itu, hadirlah fitur dimana pengguna bisa membuat shortcut atau pintasan chat yang bisa ditempel di layar utama ponsel dengan cara sebagai berikut:

BACA JUGA
Rekomendasi Aplikasi Resep Makanan untuk Siapkan Menu Buka Puasa
  • pilih kontak atau grup yang ingin dijadikan pintasan
  • klik dan tahan kontak atau grup tersebut lalu klik menu
  • lalu klik tambahkan shortcut dan akan secara otomatis muncul di layar ponsel

Nah itulah dia fitur WhatsApp jarang diketahui, tapi ternyata sangat berguna untuk berbagai keperluan. Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat ya! (ira)

 

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru