Saturday, May 21, 2022
BerandaGadgetRekomendasiFungsi Kamera Resolusi Tinggi di Smartphone, Cuma Gimmick (?)

Fungsi Kamera Resolusi Tinggi di Smartphone, Cuma Gimmick (?)

Techdaily.id – Saat ini tidak sedikit smartphone yang memiliki resolusi kamera besar. Tidak hanya didominasi oleh perangkat smartphone Flagship, namun tren kamera resolusi besar kini juga hadir untuk pasar Entry Level. Tren ini sempat menghembuskan sebuah opini yang cukup menggelitik, apakah fungsi kamera resolusi tinggi di smartphone benar-benar bisa menggantikan peran kamera profesional? Atau hanya sebagai gimmick semata.

BACA JUGA
Pengalaman Seru Streaming Netflix Bareng Samsung Galaxy S21 Series 5G

Yap, opini tersebut memang ada benarnya. Apalagi tidak jarang produsen yang menjadikan resolusi besar pada kamera smartphone mereka sebagai salah satu Key Selling Point. Namun, opini tadi juga tidak sepenuhnya benar. Meskipun tidak bisa menggantikan peran dari kamera profesional, akan tetapi penerapan kamera smartphone terutama yang punya resolusi besar kini mulai dirasakan manfaatnya.

Mulai dari kebiasaan orang mengabadikan momen mereka ketika berpergian, menghasilkan foto-foto bagus untuk kebutuhan sosial media hingga yang sekarang dirasakan adalah menciptakan konten video bermodalkan kamera smartphone. Khusus untuk smartphone yang punya resolusi kamera besar, terdapat beberapa fungsi lagi yang bisa dimaksimalkan oleh pengguna nya. Apa saja? yuk simak ulasan kami berikut ini.

Fungsi Kamera Resolusi Tinggi di Smartphone

Mempertajam detail Foto
Fungsi pertama dari resolusi kamera besar yang bisa dimaksimalkan oleh pengguna adalah untuk mempertajam foto yang dihasilkan. Dengan resolusi yang besar, tentunya bagian-bagian terkecil dari sebuah foto bisa tertangkap dengan maksimal. Sebagai contoh ketika pengguna mengambil foto dengan objek gedung yang jauh, menggunakan resolusi besar pada kamera tentu akan meningkatkan ketajaman dari objek tersebut.

Mereka hanya tinggal melakukan cropping atau pemotongan gambar setelah foto tersebut diambil. Akan tetapi, perlu diperhatikan pula saat menentukan titik fokus yang sesuai agar ketika proses cropping dilakukan, objek yang diinginkan tidak tampak blur.

Menyiasati Kebutuhan Zooming
Seperti diketahui, kekurangan smartphone dibandingkan dengan kamera profesional adalah karena smartphone saat ini tidak memiliki lensa yang bisa dibongkar pasang. Memang, dulu sempat ada smartphone dengan kamera modular atau smartphone yang punya lensa zoom. Akan tetapi, hal tersebut kurang praktis dan cenderung menjadikan body smartphone cukup berat dan tebal.

Untuk mensiasati kebutuhan zooming tersebut, produsen smartphone menggunakan kamera dengan resolusi besar yang biasanya bekerjasama dengan teknologi AI. Tujuannya, untuk menciptakan proses digital zoom yang lebih baik sembari menjaga kualitas foto agar tidak pecah. Konsep ini mirip seperti fungsi sebelumnya yang bertujuan untuk mempertajam sebuah foto.

Sangat Membantu Kebutuhan Cetak
Yap, fungsi yang satu ini memang paling masuk akal. Foto yang dihasilkan dari kamera dengan resolusi besar sangat dimungkinkan untuk dilakukan pembesaran atau di cetak dalam ukuran besar. Hal ini juga diamini oleh PR Manager OPPO Indonesia, Aryo Meidianto.

Aryo mengungkapkan, smartphone dengan kamera resolusi besar bisa dimanfaatkan oleh pengguna nya dalam melakukan pencetakan foto yang diambil oleh kamera smartphone, sehingga mereka tidak perlu lagi merogoh kocek untuk membeli kamera profesional.

Fungsi Kamera Resolusi Tinggi di Smartphone
Contoh foto yang diambil menggunakan kamera smartphone dan dicetak dalam ukuran besar

“Kamera resolusi besar banyak membawa keuntungan terutama pada penggunaan dengan media cetak, apabila pengguna membutuhkan untuk melakukan pencetakan dari perangkat smartphone. Apalagi dengan situasi pandemi yang melanda, terkadang kenangan sangat berharga untuk diabadikan, apalagi dicetak dan diberikan kepada keluarga tersayang di kampung halaman sebagai sebuah kenang – kenangan,” ujarnya kepada tim Redaksi Techdaily (08/4).

Ia mencontohkan pada kamera smartphone OPPO A96 yang hadir dengan teknologi pixel binning yang mampu menyatukan tiap piksel yang kecil menjadi sebuah oiksel besar untuk meningkatkan kualitas foto. “Apalagi kamera 50MP pada A96 membawa teknologi pixel binning yakni teknologi kamera dimana sensor Smartphone yang bekerja menyatukan tiap pixel-pixel kecil menjadi satu pixel besar untuk meningkatkan kualitas pada suatu gambar yang di tangkap.”

Nah, itu tadi beberapa fungsi kamera resolusi tinggi di smartphone. Seperti yang sempat kami singgung di awal, saat ini smartphone dengan kamera beresolusi tinggi tidak hanya ditemui pada ponsel flagship. Sebagai contoh OPPO A96, smartphone terbaru dari OPPO yang hadir dengan dukungan kamera utama 50MP dengan sensitivitas tinggi.

BACA JUGA
OPPO A95 4G Terlihat di Geekbench, Ini Spesifikasinya!

Selain itu, smartphone ini juga memiliki Kamera Bokeh 2MP yang memungkinkan pengguna menggunakan mode portrait untuk mengambil foto dengan efek bokeh yang presisi dan alami. Kamera belakang juga mendukung 5x perbesaran digital dan 20x bidikan beruntun.

Fitur kamera tambahan seperti AI Palette, Bokeh Flare Portrait, Flash Snapshot, dan Selfie HDR akan memberikan lebih banyak fleksibilitas pengguna ketika mereka memotret dalam berbagai skenario berbeda.

Tidak sampai disitu, OPPO A96 juga didukung oleh chipset Snapdragon 680 yang bisa menunjang hasil foto dari kamera smartphone ini. Hadirnya Image Signal Processor (ISP) Spectra 346 pada chipset ini, tentu akan meningkatkan kemampuan pemrosesan gambar. ISP ini memungkinkan chipset untuk memproses gambar dari tiga kamera secara simultan. OPPO A96 juga sudah dilengkapi dengan teknologi 95% NTSC Wide Color Gamut dengan standar spektrum warna yang mudah ditangkap mata mata manusia, sehingga tampilan layar lebih nyata dan kaya warna.

Harga OPPO A96

Jika kamu tertarik dengan smartphone ini, OPPO A96 sudah bisa dipesan mulai 7 – 15 April 2022 secara luring melalui jaringan OPPO Store atau toko–toko yang menjual perangkat smartphone OPPO di seluruh Indonesia atau secara daring pada aplikasi OPPO Store yang terdapat di perangkat smartphone OPPO atau OPPO Official Store yang terdapat di jaringan situs e-dagang terkemuka di Indonesia.

Selama masa pemesanan, pengguna akan mendapatkan keuntungan senilai Rp1.359 juta berupa A96 Sound Box Bluetooth Speaker senilai 599 ribu rupiah secara terbatas dan selama persediaan masih ada. Potongan harga sebesar 300 ribu rupiah khusus untuk pembelian bundling dengan OPPO Watch Free. Smartphone ini sendiri dibanderol dengan harga Rp 4.299.000

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi