GadgetThrowback

Fungsi RAM di Smartphone, Seberapa Penting?

Techdaily.id – Perkembangan teknologi yang kian hari kian meningkat, sehingga tidak dapat dipungkiri pemilihan RAM yang besar menjadi salah satu pertimbangan ketika ingin membeli sebuah smartphone. Oleh karena itu setiap produsen smartphone ini selalu berlomba-lomba menghadirkan smartphone dengan RAM yang besar. Nah fungsi RAM di smartphone itu seberapa penting sih?

BACA JUGA
Foto Galaxy M30s Muncul di Permukaan, Tanda Segera Meluncur?

Semakin besar kapasitas RAM yang ditawarkan, biasanya semakin banyak peminat smartphone. Tapi sebenarnya apa itu RAM dan apa saja fungsinya, sehingga menjadi komponen yang sangat penting dalam sebuah smartphone?

Fungsi RAM

RAM (Random Access Memory) merupakan ruang penyimpanan untuk berbagai aplikasi dan data yang masih aktif di dalam smartphone. Oleh karena itu besar kecilnya kapasitas RAM sangat berpengaruh pada kinerja sebuah smartphone.

Berikut adalah fungsi RAM pada smartphone:

1.Mempermudah Penggunaan Multitasking

Fungsi RAM dalam penggunaan multitasking memungkinkan pengguna smartphone bisa menjalankan lebih dari satu aplikasi dalam smartphone secara bersamaan. Jika smartphone memiliki RAM dengan kapasitas yang besar, maka akan semakin memudahkan dan mempercepat kinerja smartphone.

2. Membantu Menyimpan Memori Sementara

Selain mempermudah penggunaan multitasking, RAM dengan kapasitas besar juga bisa berfungsi untuk membantu menyimpan memori sementara. Fungsi ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan berbagai data dan informasi dalam aplikasi yang terpasang di smartphone.

Dengan adanya RAM berkapasitas besar ini maka secara otomatis biasanya menyimpan data dan informasi secara otomatis.

3. Menentukan Spesifikasi

Selain sebagai tempat menyimpan berbagai aplikasi dan data, kapasitas RAM juga menentukan spesifikasi sebuah smartphone. Semakin besar kapasitas RAM, biasanya spesifikasi smartphone akan semakin canggih. Dengan semakin tinggi spesifikasi sebuah smartphone akan memungkinkannya untuk menyimpan berbagai aplikasi. Karena biasanya ada beberapa aplikasi yang tidak dapat disimpan di smartphone yang memiliki RAM berkapasitas rendah.

4. Memiliki Fungsi Vital Gaming dan Desain

Fungsi terakhir dari RAM berkapasitas besar adalah mendukung fungsi gaming dan desain. RAM berkapasitas besar ini memungkinkan penggunaan audio dan visual hingga desain secara bersamaan. Smartphone dengan RAM berkapasitas besar bisa memberikan tampilan gambar dan desain yang semakin bagus jika menjalankan aplikasi game. Jadi semakin besar kapasitas RAM dalam sebuah smartphone, menjadi kabar baik buat kamu yang suka bermain game.

Itulah fungsi RAM di smartphone. Sangat penting bukan? (ira)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close