Sunday, November 28, 2021
BerandaTechlifeRide sharingBCA Ranking 1, Gojek Ranking 6: Brand Paling Bernilai di...

BCA Ranking 1, Gojek Ranking 6: Brand Paling Bernilai di Indonesia

Gojek, perusahaan teknologi penyedia layanan on-demand terdepan di Asia Tenggara, masuk daftar 10 besar dalam BrandZ Most Valuable Indonesian Brand 2019. Di dalam daftar merek paling bernilai di Indonesia itu, Gojek tepatnya berada di posisi 6 dan menjadi perusahaan teknologi dengan peringkat paling baik di antara perusahaan lainnya. Laporan BrandZ 2019 menyatakan bahwa nilai brand (brand value) Gojek di tahun 2019 sebesar US$ 4,487 miliar, tumbuh sebesar 88% dibandingkan tahun 2018.

Bank Central Asia (BCA) masih menempati peringkat pertama dengan peningkatan sebesar 3% dari nilai tahun lalu sebesar US$12,7 miliar menjadi US$13,1 miliar. Peningkatan ini didorong oleh inovasi mobile banking seperti penarikan tunai tanpa kartu, pembukaan akun melalui mobile banking BCA, dan pengalihan akun dengan kode QR dan e-wallet.

Menurut BrandZ, Gojek unggul sebagai The Most Valuable Digital Brand yang dinilai berdasarkan aspek-aspek Purpose, Innovation, Communications, Experience, dan Love yang membentuk metriks meaningful (bermakna), different (unik/berbeda dengan brand lain), dan salient (selalu diingat).

BACA JUGA
Cara Aktifkan Paket Spotify Premium Mini Tanpa Kartu Kredit

Aspek-aspek tersebut menunjukkan bahwa brand health (kesehatan brand) Gojek sangat baik sehingga mendukung pertumbuhan brand value.

Hari ini Gojek memiliki lebih dari 20 layanan dalam satu platform termasuk layanan pesan-antar makanan, e-money, lifestyle, dan lainnya. Data yang dilansir Nikkei, media Jepang, menyebutkan jumlah pengguna aktif bulanan Gojek di Indonesia paling banyak dibandingkan dengan aplikasi on-demand lainnya. Data yang sama juga menyebutkan bahwa jumlah pengguna aktif bulanan. Gojek di Indonesia setara dengan jumlah pengguna aktif bulanan aplikasi ride-sharing terbesar dunia di Amerika. Data tersebut diperkuat dengan hasil survey dari Alvara Research Center pada bulan Juli lalu yang mengatakan bahwa tiga layanan Gojek yaitu transportasi, pesan-antar makanan, dan pembayaran digital menjadi pilihan utama milenial nusantara

Beberapa merek terkemuka berekspansi ke negara lain seperti Vietnam, Filipina, Thailand, Malaysia, dan India. Indomie, Gojek, Traveloka, Bukalapak dan merek Ritel Alfa (no.23, $ 653 juta) adalah contoh merek yang menciptakan kebutuhan di negara lain dan melokalkan layanan mereka.

BACA JUGA
Antisipasi Kenaikan Trafik Data Saat Lebaran 2021, Smartfren Perkuat Jaringan

Top 50 Brands di Indonesia memperoleh nilai tinggi karena menyediakan pengalaman yang bermakna (meaningful) bagi konsumen, mencapai skor indeks sebesar 130 (yang mana 100 merupakan nilai rata-rata brand) urutan kedua setelah China.

Tren utama yang disorot dalam penelitian Top 50 BrandZ Indonesia meliputi: menjadi berarti bagi konsumen Indonesia, memanfaatkan kebanggaan lokal dan membangun kegembiraan melalui pengalaman di media sosial.

Berikut daftar merek paling bernilai sesuai urutannya menurut BrandZ:

1. BCA
2. BRI
3. Telkomsel
4. A Mild
5. Mandiri
6. Gojek
7. Dji Sam Soe
8. Surya
9. Gudang Garam
10. Tokopedia
11. BNI
12. Marlboro
13. Traveloka
14. Indomie
15. U Mild
16. Rinso
17. Ponds
18. Matahari
19. XL Axiata
20. IndiHome
21. Indosat Ooredoo
22. Pepsodent
23. Alfamart
24. ABC
25. Bango
26. Ace Hardware
27. Pakuwon Jati
28. Aqua
29. Sariwangi
30. Sinarmas Land
31. Pondok Indah
32. Ciputra
33. Bukalapak
34. Fifastra
35. Sunsilk
36. SCTV
37. Sinarmas Multiartha
38. Lifebuoy
39. Smartfren
40. Garuda Indonesia
41. Summarecon
42. Citra
43. Supermi
44. CIMB Niaga
45. Sarimi
46. Clear
47. Lippo
48. BTN
49. Bank Mega
50. Roma

BACA JUGA
Usai Pertarungan Sengit, Ini Juara PUBG Mobile Campus Championship 2019

 

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi