Sunday, November 28, 2021
BerandaEnterpriseTelcoHabis Lebaran, Smartfren Mulai Trial Jaringan 5G

Habis Lebaran, Smartfren Mulai Trial Jaringan 5G

TechDaily.id – Smartfren sebagai salah satu operator seluler yang memiliki banyak pengguna di Indonesia mengaku akan segera menggelar uji coba lapangan untuk jaringan internet mobile generasi kelima atau 5G.

Trial 5G ini rencananya akan segera dilakukan sekitar bulan Juni-Juli tahun ini, atau tepatnya setelah melewati momen Hari Raya Idul Fitri 2019.

BACA JUGA
Tri Hadirkan Paket Internet "Buka-Sahur" , Ini Harganya Mulai Rp 3.000 dan Kuota hingga 50 GB

“Smartfren baru mau akan melakukan trial, perlengkapannya sudah mulai dipersiapkan dan setelah lebaran akan ada uji coba 5G yang kita lakukan,” ujar Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys (21/5).

Merza mengungkapkan, pengujian ini lebih ditujukan untuk menunjang industri 4.0 sehingga mereka akan lebih dulu menyasar sektor B2B ketimbang konsumen.

“Karena kita akan men trialnya di industri 4.0 maka kita pilih site pertama adalah pabrik yang ada di Marunda.”

BACA JUGA
realme hadirkan realmeow Limited Edition

Sementara itu, disinggung mengenai pengaplikasian 5G untuk Internet of Things (IoT), Merza mengaku bahwa 5G bisa digunakan untuk semua layanan, tergantung dari ketersediaan frekuensi yang ada.

“Ini nanti akan tergantung dimana dialokasikan frekuensinya, Kalau 5G dialokasikan di frekuensi yang bisa membuat coverage luas di masyarakat tentu bisa digunakan di setiap layanan. Kalau frekuensinya yang memiliki cakupan terbatas, tentu akan digunakan oleh layanan tertentu saja,”ungkapnya.

Seperti diketahui, penerapan jaringan 5G sendiri di berbagai negara telah dilakukan, meski masih sebatas trial dan belum dikomersialisasikan. Sebut saja beberapa operator di Amerika Serikat seperti AT&T, Sprint, T-Mobile, dan Verizon telah mengungkapkan rencana nya dalam menggelar layanan 5G di tahun 2019.

Sedangkan di Eropa sendiri,  Deutsche Telekom, EE, Swisscom, dan Vodafone telah menyatakan komitmen mereka dalam membawa jaringan generasi kelima tersebut.

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi