Sunday, November 28, 2021
BerandaEnterpriseTelcoHari Ini Kominfo Mungkin Batasi Internet Lagi

Hari Ini Kominfo Mungkin Batasi Internet Lagi

TechDaily.id – Hari ini, ada kemungkinan pemerintah akan kembali membatasi akses internet di Indonesia seiring dengan pembacaan pengajuan gugatan atas indikasi kecurangan pemilu presiden ke Mahkamah Agung.

Pengajuan gugatan ini berpotensi dijadikan sebagai waktu yang tepat oleh para penyebar Hoax untuk menjalankan aksi mereka. Hal inilah yang dikhawatirkan oleh Pemerintah khususnya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Sebagai tindakan, Kominfo hari ini rencananya akan kembali membatasi akses internet seperti sosial media dan pesan instan. Akan tetapi, hal tersebut masih belum pasti lantaran masih menunggu eskalasi penyebaran konten hoax di masyarakat.

BACA JUGA
Line Buka Layanan Penukaran Mata Uang Kripto

Ferdinandus Setu, Plt. Kepala Humas Kementerian Kominfo, menuturkan bahwa  pembatasan ini dilakukan dengan memberikan batas akses internet kepada masyarakat Tanah Air, terutama untuk beberapa konten aplikasi komunikasi berbasis internet.

“Jika eskalasi berita hoaks dan hasutan meningkat sangat luar biasa disertai dengan kejadian di sekitar MK yang membahayakan keutuhan NKRI. Maka kemungkinan besok (Jumat) akan kembali diterapkan pembatasan akses internet, terutama untuk beberapa platform media sosial, seperti Facebook maupun WhatsApp yang kerap digunakan untuk penyebaran informasi,” ujarnya.

Lelaki yang akrab disapa dengan Nando ini, menjelaskan bahwa pembatasan tersebut masih bersifat kondisional. Artinya, jika tidak ada eskalasi hoaks dan hasutan serta tidak ada peristiwa yang membahayakan keutuhan NKRI, pemerintah tidak akan lakukan pembatasan akses internet. Pembatasan ini ditekankan bukan untuk memutus akses internet.

“Kami sampaikan jawaban bahwa yang dilakukan pemerintah adalah pembatasan akses bukan pemutusan akses internet. Publik masih bisa berkomunikasi menggunakan fitur komunikasi yg lain seperti teks baik WA maupun SMS. Jadi tidak mengekang hak publik utk dapatkan informasi,” tambah Nando dalam keterangan resminya, saat dihubungi di Jakarta.

BACA JUGA
Ekspansi ke Thailand, JavaMifi Kerjasama dengan Smile Wifi

Pembatasan media sosial ini juga hanya sebatas upload foto dan video saja, namun tidak dengan pengiriman pesan teks ataupun update status di jejaring sosial.

BACA JUGA
Kartu Perdana IM3 Ooredoo Sudah Bisa Dibeli Online

“Pembatasan untuk platform media sosial sendiri dibatasi untuk fitur pengiriman gambar dan video, karena dua hal ini yang banyak menggugah emosi dan sering membuat provokasi. Bukan teks, karena masih dibutuhkan untuk informasi oleh masyarakat. Jadi, akses panggilan telepon maupun berkirim SMS masih bisa dilakukan untuk mendapat informasi,” tegasnya.

Akan tetapi, belum diketahui pasti sampai kapan akses internet ini dibatasi, dan semoga hari ini sidang berlangsung dengan damai sehingga tidak perlu adanya pembatasan akses internet untuk publik.

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi