Friday, March 29, 2024
BerandaGadgetNews GadgetHearable Sundul Popularitas Wareable

Hearable Sundul Popularitas Wareable

Techdaily.ID International Data Corporation (atau IDC) baru saja merilis laporan untuk kuartal ketiga tahun ini, dengan fokus pada perangkat pintar wearable. Catatan menarik yang ditemukan yaitu terjadi pertumbuhan besar-besaran, atau sekitar 94,6 persen melesat jauh dari tahun 2018, dipicu oleh inovasi “pendengaran” earbud nirkabel yang dipopulerkan oleh Apple.

“Alat pendegaran canggih, seperti AirPods dan brand lainya yang mengikuti jejak Apple, telah menjadi produk baru di pasar wearable. Inovasi dimulai dengan beberapa vendor melepas jack headphone dari smartphone mereka, mendorong gerakan menuju headphone nirkabel. Lalu berlanjut dengan tambahan fitur yang mengesankan untuk memperluas pengalaman audio, dan tak dipungkiri kini alat ini memiliki harga yang cukup bersaing bahkan beberapa mencapai di bawah $ 20, sangat menarik untuk konsumen,” ungkap Tamon T. Llamas, Direktur Riset untuk IDC Wearables, seperti dikutip dari gsmarena, (11/12).

Dalam laporan ini Apple adalah pemimpin dunia dalam pangsa pasar kategori wearable menyumbang sebanyak 29,5 juta unit pada Q3 tahun 2019, atau melahap sekitar 35 persen kue di kuartal ini. Penjualan Apple Watch secara konsisten masih sangat kuat dan ditambah popularitas AirPods terus meningkat hingga kini.

BACA JUGA
Unggu, Varian Warna Baru Xiaomi Redmi Note 8 di India

Diposisi kedua ditempati oleh Xiaomi yang memiliki pertumbuhan 66,1 persen, dengan 12,4 juta pengiriman untuk kuartal ini, pangsa pasar sekitar 14,6 persen.

Kemudian Samsung berada di posisi ketiga dengan pangsa pasar 9,8 persen berkat peningkatan pengiriman sebesar 8,3 juta dibandingkan tahun 2018 yaitu sekitar 3,2 juta unit. Dan lalu Huawei tepat di belakang Samsung, melambung dari 2,3 juta unit pengiriman tahun lalu menjadi 7,1 juta pada Q3 2019.

Laporan ini menawarkan rincian sub-kategori apa yang terlihat dalam pertumbuhan tren wearable. Seperti yang disebutkan sebelumnya, earbud mendapatkan banyak daya tarik. Total ada 40,7 juta pengiriman terlihat di Q3 dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu, sebanyak 11,8 juta.

“Ke depan, kami akan mengantisipasi pertumbuhan segmen yang lebih besar karena akan lebih banyak merek merilis produk hearable dengan fitur menarik seperti pembatalan bising dan integrasi dengan Google Assistant atau Siri,” terang Tamon.

Catatan lain, gelang pintar kebugaran dan smartwatch juga terus mengalami peningkatan, Apple diperkirakan akan menurunkan harga Apple Watch Seri 3, yang seharusnya kedepan dapat merangsang lebih banyak penjualan smartwatch popular lainya saat ini. (IM)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi