Enterprise

Infobip : Transformasi Digital Jadi Jalan Sukses Bagi Customer Service Support (CSS)

Techdaily.id – Infobip, sebuah platform komunikasi cloud global yang memungkinkan bisnis-bisnis membangun berbagai pengalaman pelanggan yang terhubung di semua tahap customer journey, merilis laporan berjudul A Year of Disruption: Managing Increasing Complexities in Customer Service yang menunjukkan bahwa meskipun bekerja dari rumah tidak dilanjutkan kembali di masa depan setelah situasi membaik, transformasi digital akan tetap ada.

BACA JUGA
Menkominfo : Kembangkan Fintech Lewat Pola Pikir

Dengan maraknya metode bekerja jarak jauh, tahun 2020 menandai dimulainya perjalanan transformasi digital besar-besaran bagi banyak bisnis di Asia Pasifik. Karena pandemi COVID-19 menyebabkan karyawan harus bekerja dari rumah, pengalaman pelanggan (CX) dan prosesnya pun harus didigitalisasi.

Laporan yang mensurvei 2.760 profesional di sembilan negara – Singapura, Malaysia, Taiwan, Korea Selatan, Cina, Thailand, Vietnam, Filipina, dan termasuk Indonesia – menunjukkan bahwa meskipun perusahaan bermaksud untuk menerapkan beberapa perubahan secara permanen di masa depan, masih ada beberapa tantangan yang harus dihadapi.

Secara spesifik pada dukungan pelanggan secara digital, Indonesia adalah contoh utama keunggulan pendekatan digital, di mana 74% dukungan pelanggan berasal dari media sosial dibandingkan dengan 50% dari pusat panggilan (call center), dan 69% dari surat elektronik (email). Hal ini menyatakan bahwa perusahaan-perusahaan membutuhkan perubahan kuat untuk mengelola dukungan pelanggan yang efektif melalui digital. Dukungan pelanggan secara digital ini akan memperkaya cara pelanggan untuk berinteraksi, baik dengan memperbanyak pilihan-pilihan komunikasi, kolaborasi virtual, atau pengalaman-pengalaman yang semakin personal, dan menghasilkan percepatan dan perluasan jangkauan perusahaan sambil mempertahankan kepuasan pelanggan.

BACA JUGA
Rekomendasi Paket Internet Live On Harga Murah

Data tersebut mengindikasikan bahwa lansekap CSS dan CX sedang berkembang dan perlahan-lahan meninggalkan cara-cara tradisional. Setengah dari responden melaporkan bahwa digitalisasi CSS adalah implementasi permanen di masa mendatang, mengingat manfaat jangka panjang yang datang dari otomatisasi cerdas dan implementasi hub omnichannel digital. Pada skala 1-10, responden memberi nilai rata-rata delapan untuk pentingnya dan perlunya CSS untuk didigitalkan.

“Istilah ‘omnichannel’ telah menjadi lebih dinamis pasca pandemi. CSS omnichannel yang terintegrasi memberikan keuntungan bagi perusahaan untuk memberikan resolusi pelanggan yang lebih cepat, pengalaman pelanggan yang lebih baik, menyederhanakan customer journey untuk wawasan yang lebih baik, dan mengurangi tingkat kehilangan pelanggan,” kata Cecile Perez Tizon, Regional Manager, Infobip. “Oleh karena platform media sosial semakin diutamakan selama bertahun-tahun, laporan baru Infobip ini melihat bahwa negara-negara di Asia mengikuti perkembangan zaman, termasuk di Indonesia, dengan 65% perusahaan yang disurvei meningkatkan komunikasi pelanggannya dengan mengintegrasikan kemampuan chat ke dalam strategi komunikasi mereka melalui platform WhatsApp Business yang dimiliki oleh Facebook.”

Namun, survei ini menunjukkan bahwa industri CX tampaknya mengalami kesenjangan keterampilan. Di semua negara, banyak responden mencantumkan pelatihan karyawan sebagai pertimbangan utama dalam mengadopsi sistem dukungan pelanggan digital.

Lebih lanjut lagi, responden di semua negara mengatakan tim dukungan pelanggan mereka siap untuk bekerja dari jarak jauh. Jika menyelami data lebih dalam lagi, laporan ini memberi tahu kita bahwa semakin banyaknya saluran dukungan, pengelolaan saluran dukungan baru, dan ketidaktahuan terhadap saluran baru adalah tantangan-tantangan teknologi digital yang umum.

 

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close