Wednesday, May 18, 2022
BerandaGadgetHead2headIni Bedanya Hasil Foto Portrait Reno6 Versi ColorOS 12 & Versi ColorOS...

Ini Bedanya Hasil Foto Portrait Reno6 Versi ColorOS 12 & Versi ColorOS 11

Techdaily.id – Buat kalian pengguna perangkat OPPO Reno6, apakah sudah melakukan pembaruan versi ColorOS? Perlu diketahui Reno6 sudah mendapatkan pembaruan ColorOS versi 12. Namun, pembaruan ini masih bersifat BETA. Jangan khawatir, walau versi BETA, pembaruan ini memiliki beberapa peningkatan contohnya pada mode portrait.

BACA JUGA
5 HP RAM 8GB 3 Jutaan Terbaik (Januari 2022)

Pasalnya, menurut kami, hasil foto khususnya pada mode portrait mengalami peningkatan yang signifikan. Foto yang dihasilkan terlihat lebih halus dengan tingkat noise yang lebih sedikit dan lebih terkesan natural dibandingkan dengan versi ColorOS 11. Kami juga melihat adanya perbedaan warna terutama pada tingkatan kecerahan dan saturasi yang lebih tinggi. Hal ini mengindikasikan adanya peningkatan yang dilakukan oleh engineer OPPO dalam pengembangan ColorOS 12.

Efek bokeh atau background blur yang dihasilkan menjadi lebih rapi. Hal ini berkat kecerdasan buatan (AI) pada Reno6 ColorOS 12 mampu membaca objek lebih akurat dan mampu memisahkan background dengan lebih sempurna. 

Terutama, misalnya pada bagian antara objek rambut manusia dengan latar belakang, dimana biasanya perangkat dengan kecerdasan buatan yang tidak begitu baik akan mendapatkan kesulitan disini.

Sebelum masuk ke perbedaan hasil foto portraitnya, tidak ada salahnya jika kamu mengenal lebih dalam tentang “penggerak” di balik perbedaan tersebut. Tidak lain dan tidak bukan adalah ColorOS 12. 

BACA JUGA
Intip Fitur Video OPPO A95

Buat kamu yang belum tahu, ColorOS 12 sendiri merupakan sistem operasi pengembangan OPPO yang berdasarkan Android 12 yang diperkenalkan pada ColorOS Launch Event di China pada September 2021. Pengembangan ini dirancang untuk menjadikan ColorOS 12 dapat memberikan pengalaman yang paling efisien dan intuitif kepada penggunanya. 

Untuk skala global, OPPO memperkenalkan ColorOS terbaru ini pada pertengahan Oktober tahun lalu dan mulai tersedia secara bertahap pada sebagian besar smartphone-smartphone mereka yang dimulai pada ponsel flagship OPPO Find X3 Pro hingga ke beberapa seri lainnya seperti Reno6 Series.

BACA JUGA
The Reviewers' Awards : Best Notebook for Productivity, realme Book

Salah satu perubahan yang paling terasa saat menggunakan ColorOS 12 pada perangkat Reno6 adalah pada tampilan antar muka nya yang lebih intuitif. 

Tentunya, tidak hanya pada tampilan saja, perbedaan mencolok juga tampak pada hasil foto, khususnya ketika menggunakan mode portrait. Seperti apa perbedaanya? Scroll ke bawah lagi artikel ini ya.

Beda Hasil Foto Portrait Reno6 versi ColorOS 12 & versi ColorOS 11

Kami menggunakan dua smartphone Reno6 dengan dua versi sistem operasi ColorOS  yang berbeda untuk memberikan paparan secara lebih gamblang terkait perbedaanya. 

Lebih Tajam, Lebih Cerah

Hasil Foto Portrait Reno6

Pada foto di atas, kami melihat perbedaan yang cukup besar. Terlihat portrait hasil jepretan Reno6 versi ColorOS 12 memiliki algoritma HDR yang lebih baik ketimbang versi ColorOS 11. Hal ini bisa dilihat dari wajah model yang masih bisa terlihat jelas ketimbang versi sebelumnya. Padahal, jelas – jelas kedua perangkat ini memiliki spesifikasi perangkat keras yang sama. 

Meski cuaca sedang berawan, namun foto yang diambil sekitar pukul 11 siang ini masih masuk ke dalam kategori cukup cahaya. Hasilnya, terdapat pula perbedaan tingkat ketajaman dari kedua foto tersebut. 

Foto yang dihasilkan oleh Reno6 versi ColorOS 12 juga tampak lebih tajam dengan tingkat sharpen yang lebih tinggi ketimbang ColorOS 11. Kamu bisa tengok lekukan baju yang dikenakan oleh model, disana terlihat bagaimana lekukan baju pada foto bagian kanan tampak lebih jelas ketimbang foto di sebelah kiri. 

Warna Lebih Stand Out

ColorOS 11 vs ColorOS 12

Saat menggunakan filter AI Color Portrait, terlihat bagaimana warna pada foto yang dihasilkan oleh OPPO Reno6 versi ColorOS 12 lebih stand out. Hal ini menunjukan bahwa saturasi warna pada foto lebih ditingkatkan serta shadow yang lebih tinggi ketimbang versi ColorOS 11.

Selain itu, algoritma pada Reno6 versi ColorOS 12 lebih bisa membaca objek. Kamu bisa melihatnya dari warna rambut model yang lebih gelap dan natural, ketimbang versi ColorOS 11 yang cenderung lebih jingga. Rona wajah dari model juga tampak natural, tidak seperti foto pada bagian kiri yang tampak agak jingga dengan shadow yang lebih rendah.

Meski ini tentang selera, namun kami menilai foto sebelah kanan lebih sedap dipandang ketimbang foto pada bagian kiri. Hal tersebut dikarenakan foto pada bagian kanan memiliki komposisi warna yang pas mulai dari saturasi, tingkat kontras, serta brightness dan shadow.

Efek Blur yang Lebih Rapi

Fitur portrait terakhir yang kami coba adalah Bokeh Flare Portrait. Fitur ini merupakan fitur bokeh unggulan yang terdapat pada OPPO Reno6.  

Fitur ini mampu memberikan kemampuan bokeh layaknya menggunakan lensa fix dengan diafragma besar. Fitur ini juga bisa diaplikasikan pada video dan membuatmu mampu dengan mudah menciptakan video sinematik. 

Saat diaplikasikan pada foto, fitur yang didukung algoritma Low Light HDR dan algoritma bokeh ini akan menghasilkan efek artistik di latar belakang subjek foto.

Bedanya Hasil Foto Portrait Reno6 Versi ColorOS 12 & Versi ColorOS 11

Pada foto di atas terlihat bagaimana hasil foto portrait Reno6 di ColorOS 12 lebih bagus ketimbang versi ColorOS 11. Tampak proses pemisahan antara objek dan background di Reno6 versi ColorOS 12 lebih rapi ketimbang versi sebelumnya. Padahal, kami mengambil foto tersebut pada kondisi pencahayaan dan angle yang sama. Bahkan, cropping rambut model masih cukup terlihat rapi. Sementara pada foto di sebelahnya, rambut model terlihat kurang rapi dan ada beberapa bagian yang buram. 

Disini, kami berasumsi bahwa kinerja AI dari ColorOS 12 lebih optimal ketimbang versi ColorOS 11. Algoritma ini mengenali wajah model dengan sempurna. Selain itu, saat menggunakan mode ini warna kulit model juga terlihat lebih cerah dan stand out. Hal ini berkat kolaborasi antara kontras dan saturasi yang lebih ditingkatkan ketimbang versi sebelumnya.

Dari beberapa contoh kasus di atas, bisa disimpulkan bahwa hadirnya pembaruan ColorOS 12 mampu memberikan peningkatan pada OPPO Reno6. Peningkatan ini pun terlihat tidak hanya dari segi tampilan antar muka saja, melainkan dari performa kamera khususnya fitur portrait. 

So, tunggu apa lagi? segera buka menu setting dan cek apakah ponsel kamu sudah kebagian ColorOS versi 12 sekarang juga!

 

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi