Wednesday, September 29, 2021
BerandaGadgetHead2headIni Bedanya Quad HD dan 4K Ultra

Ini Bedanya Quad HD dan 4K Ultra

Techdaily.id – Jika kita melihat atau membaca review barang elektronik seperti HP, pasti akan selalu menemukan istilah resolusi entah itu istilah HD ataupun 4K. Tapi masih banyak yang tidak bisa membedakan kedua istilah tersebut, dan bahkan masih banyak yang tidak tahu artinya? Lalu apa bedanya Quad HD dan 4K?

BACA JUGA
Begini Cara Menulis Nama Sendiri di Stiker Line

qHD adalah singkatan dari Quarter High Defenition yang menunjukkan resolusi 960 x 540 pixel atau sama dengan seperempat dari resolusi full HD. Biasanya yang mempunyai resolusi seperti ini adalah Desire 601 dari HTC, Samsung Galaxy X4 Mini dan Xperia M2.

Sedangkan Quad HD adalah nama pendek dari WQHD yang merupakan singkatan dari Wide Quad High Defenition yang menggambarkan resolusi layar 2560 x 1440 pixel atau empat kali kualitas layar HD 720p.

Pada umumnya layar WQHD atau Quad HD memiliki rasio 16:9 yang menunjukkan layar yang digunakan adalah layar wide screen. Sebutan lain dari WQHD adalah 1440p atau QHD.

Sedangkan yang disebut dengan resolusi 4K Ultra HD adalah layar yang menggunakan resolusi 3840 x 2160 atau dianggap setara dengan empat kali resolusi 1080p atau full HD. Biasanya layar yang menggunakan resolusi ini adalah produk televisi seperti LG Ultra HD 49″ 49UB850T atau  Toshiba Pro Theatre ULTRA HD 4K TV 84L9300.

BACA JUGA
Walmart dan Verizon Gunakan Jaringan 5G Untuk Layanan Kesehatan

Jika berbicara mengenai resolusi layar, pada umumnya semakin besar layar yang digunakan maka akan semakin jelek gambar yang dihasilkan karena densitas pixelnya yang kecil. Maka tidak hanya semata layar dengan resolusi HD dianggap bagus, namun tetap harus memperhatikan ukuran layar yang digunakan. HD di ayar 5 inci akan lebih bagus jika dibandingkan dengan di layar 10 inci.

Hal yang sama juga berlaku untuk resolusi Quad HD dan 4K. Oleh karena itu, layar yang besar seperti televisi menggunakan resolusi 4K yang sesuai dengan ukuran layarnya. Namun konsumsi daya di perangkat yang menggunakan layar dengan resolusi 4K juga lebih besar.

Nah itulah penjelasan mengenai bedanya Quad HD dan 4K. Keduanya memiliki resolusi yang berbeda dengan peruntukan layar yang berbeda juga. Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat. (ira)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi