BerandaTechlifeE-commerceIni Pola Perilaku Belanja Online Orang Indonesia Saat Ramadhan

Ini Pola Perilaku Belanja Online Orang Indonesia Saat Ramadhan

TechDaily.id – Bulan Ramadhan menjadi bulan yang sangat dinantikan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Pada bulan ini pula, aktivitas belanja online biasanya meningkat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Lantas, kapan waktu yang tepat bagi para seller Marketplace untuk mempromosikan produk mereka di e-commerce saat Ramadhan? Sebuah data dari Criteo baru-baru ini mengungkapkan, penjualan di platform e-commerce mulai menanjak pada 10 hari menjelang Ramadhan dan berlanjut hingga penghujung Ramadhan.

Biasanya puncak transaksi belanja online masyarakat Indonesia terjadi pada pekan ketiga di bulan Ramadhan, dimana biasanya masyarakat Indonesia telah menerima bonus THR.

Sementara itu, Criteo juga mengungkapkan waktu berbelanja masyarakat Indonesia selama Ramadhan. Peningkatan trafik belanja terjadi pada pukul 11.00 hingga 15.00 di bulan Ramadhan. Hal tersebut cukup masuk akal, mengingat selepas jam 4 sore, biasanya masyarakat Indonesia sudah disibukkan dengan persiapan berbuka puasa atau iftar.

Sementara itu, platform ShopBack baru-baru ini melakukan survei terhadap lebih dari 6500 responden di lima kota besar di Indonesia, yakni Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar. Lebih dari setengah responden (53,5%) mengaku akan mengalokasi ¼ dari THR yang diterima untuk berbelanja online.

Jika dilihat dari data riset ShopBack dalam dua tahun belakang, responden mulai bijak dalam memanfaatkan THR dalam berbelanja online. Responden yang memilih mengalokasikan hanya seperempat dari THR mereka untuk belanja online naik sebesar 38% dari 15% di 2017 menjadi 53% di 2019.

Berdasarkan hasil survey yang sama,  beragam promo diskon dan cashback menjadi hal utama yang mempengaruhi responden dalam berbelanja online menjelang dan saat Ramadhan, dengan persentase 79,4%. Diikuti dengan harga murah (8,4%) dan lebih efisien di posisi ketiga dengan persentase (4,5%).

Sedangkan untuk produk unggulan, produk fesyen selalu menjadi produk yang sering dibeli responden di platform online pada Ramadhan pada tiga tahun terakhir. Menariknya, produk digital (pulsa, paket data, token PLN, dan voucher game) menjadi lebih populer dalam dua Ramadhan terakhir.

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi