Throwback

Inovasi OPPO Menyambut Era 5G

Techdaily.id – Jika berbicar mengenai jaringan 5G, tentu saja banyak produsen smartphone saat ini yang tengah berlomba-lomba untuk menghadirkan sebuah perangkat yang mendukung layanan tersebut. Tak terkecuali OPPO, bahkan inovasi OPPO Menyambut era 5G sudah dimulai sejak enam tahun lalu, tepatnya pada tahun 2015 silam. 

BACA JUGA
Throwback : Kenalan Dengan HP Android Pertama di Dunia

Sebagai salah satu produsen smartphone yang terbesar saat ini, OPPO memang terbilang cukup siap dalam menyongsong era jaringan internet generasi kelima ini. Tidak hanya soal smartphone saja, namun produsen yang akrab dengan warna hijau ini juga berusaha menghadirkan ekosistem dari teknologi 5G itu sendiri.

Untuk itulah, tim redaksi Techdaily mencoba memberikan pemaparan yang cukup jelas bagaimana inovasi OPPO menyambut era 5G dan milestone apa saja yang telah mereka ciptakan, khususnya untuk memberikan edukasi yang lebih jelas ke seluruh masyarakat Indonesia.

Dimulai dari 2015

inovasi OPPO menyambut era 5G

Seperti yang dijelaskan di atas, inovasi OPPO menyambut era 5G memang sudah dimulai sejak tahun 2015 lalu. Pada tahun tersebut, mereka telah serius menggarap proyek ini. Bahkan mereka sudah melakukan pembentukan tim khusus untuk standarisasi 5G. 

Serangkaian riset ini dilanjutkan pada tahun 2018, di mana pada tahun tersebut sudah ada beberapa negara yang juga menggaungkan teknologi internet generasi kelima ini. 

Pada tahun tersebut, tepatnya pada Mei 2018, OPPO memulai pengujian pertama kalinya melalui demonstrasi teknologi video 5G pertama, berdasarkan cahaya berstruktur 3D atau yang lebih dikenal dengan sebutan 3D Structured light. 

Langkah OPPO tadi menjadikan mereka sebagai pemimpin dalam pengujian pensinyalan 5G dan tautan data berdasarkan ponsel yang tersedia secara komersial pada tahun 2018. Di tahun yang sama pula, tepatnya di bulan Oktober, OPPO melakukan uji komunikasi nirkabel dengan basis akses internet 5G. Mereka juga membuat panggilan video Wechat pertama di dunia menggunakan ponsel 5G hingga pada akhir tahun mereka mulai memperkenalkan model Find X 5G kepada mitra operator mereka, dalam hal ini China Mobile.

Kemunculan Smartphone 5G Pertama OPPO

inovasi OPPO menyambut era 5G

Pada ajang OPPO Innovation 2019 yang berlangsung di bulan Februari, OPPO memperkenalkan smartphone 5G pertama mereka ke publik. Mereka juga menggandeng beberapa operator seluler di dunia seperti Swisscomm, Telstra, Optus dan tentunya Qualcomm yang sudah menjadi partner setia OPPO. Smartphone 5G OPPO ini memiliki berbagai fitur pendukung 5G seperti kemampuan memutar konten video beresolusi super tinggi yakni 8K hingga pemanggilan video 3D.

Selain itu, pada ajang yang sama juga mereka melakukan siaran langsung seluler pertama di dunia dengan memanfaatkan smartphone 5G OPPO. Dari sini saja, sudah terlihat bagaimana kesiapan dari produsen asal Tiongkok ini dalam menghadirkan perangkat 5G yang cocok untuk digunakan konsumen umum.

Setelah memperkenalkan ponsel ini ke publik, akhirnya pada bulan Mei 2019 OPPO mulai melakukan penjualan perdana smartphone 5G di kawasan Eropa. Smartphone dengan seri OPPO Reno 5G ini benar-benar menunjukan kedudukan OPPO di pasar Eropa.

Implementasi 5G di Indonesia

inovasi OPPO menyambut era 5G

Setelah meraup sukses besar di China dan Eropa, OPPO mulai mencoba untuk membawa teknologi ini ke pasar Indonesia. Pada November 2019, OPPO bersama Telkomsel melakukan uji jaringan 3.5 Ghz yang menjadi salah satu kandidat frekuensi 5G menggunakan perangkat Reno 5G. 

Tidak sampai disitu, mereka juga akhirnya meluncurkan smartphone 5G pertama mereka di Indonesia pada diri Find X2 Series. Smartphone ini memanfaatkan chipset Snapdragon 865 yang sudah terintegrasi dengan modem x50 yang mendukung layanan 5G.  

inovasi OPPO menyambut era 5G

Pada tahun 2021 ini, OPPO kembali menghadirkan smartphone 5G lainnya yakni OPPO Reno5 5G. Seperti yang disinggung di atas, OPPO tidak hanya menghadirkan smartphone 5G saja melainkan ekosistem pendukung 5G seperti kemampuan kamera dalam merekam video berkualitas tinggi, memperkaya fitur video unggulan hingga sistem pengisian daya cepat 65W juga dihadirkan pada seri Reno5 5G.

Apalagi, smartphone ini juga didukung oleh chipset Snapdragon 765G yang kaya akan fitur kamera dan performa gaming yang luar biasa. Smartphone ini juga sudah terkoneksi jaringan 5G jika kamu menggunakannya di negara yang sudah menyediakan layanan ini plus menggunakan operator seluler 5G. Hal tersebut menegaskan bahwa kamu tidak perlu menunggu update firmware jika ingin menggunakan Reno5 5G di negara-negara seperti China, Korea Selatan hingga Amerika Serikat. 

OPPO Reno5 5G dibanderol dengan harga Rp. 6.999.000,- dan sudah bisa didapatkan di situs resmi OPPO Indonesia. 

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close