Rekomendasi

Internet 5G buat Apaan Aja Sih? Ini Jawabannya

Techdaily.id – Jaringan 5G saat ini sudah secara komersial hadir di Indonesia. Akan tetapi, tidak semua masyarakat mengetahui manfaat internet 5G dan cara pengaplikasiannya.

BACA JUGA
8 HP RAM 6GB Termurah, Harga Terjangkau dengan Fitur Unggulan

Tidak sedikit masyarakat yang mengira kalau layanan 5G sejatinya diperuntukkan bagi perangkat mesin atau Machine to Machine padahal banyak kasus pemanfaatan jaringan 5G untuk konsumen.

Penasaran dengan hal tersebut, akhirnya kami melakukan pengujiannya sendiri dan melihat bisa apa internet 5G digunakan dalam kondisi sehari-hari.

Kami menggunakan perangkat OPPO Reno5 5G untuk menemani aktivitas harian tersebut. Seperti diketahui, OPPO Reno5 menggunakan chipset Snapdragon 765G. Chipset ini ditopang oleh modem 5G X52 dan mendukung skenario 5G NSA dan SA. Reno5 5G juga terbukti sangat cocok digunakan oleh 5G di Indonesia jika berkaca dari serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh operator. 

Penyimpanan Cloud

Internet 5G

Jaringan 5G yang menjanjikan bandwith besar tentu sangat berguna untuk mengunduh dan mengunggah file berukuran besar dengan durasi waktu yang cukup singkat.

Untuk memberikan sebuah gambaran yang jelas, kami menggunakan dua  smartphone yang masing-masing menggunakan jaringan 5G dan 4G. Bisa dilihat, untuk upload file berukuran 337 MB, kami hanya membutuhkan waktu 3 menit 34 detik untuk 5G. Sedangkan untuk jaringan 4G, kami membutuhkan waktu 4 menit 48 detik.

Internet 5G

Sementara untuk download file nya, kami hanya memerlukan waktu 59 detik untuk 5G dan 1 menit 47 detik untuk 4G. 

Download Game Berukuran Besar

Selain itu, OPPO Reno5 5G juga kami gunakan untuk mengunduh game berukuran besar. Kami mengunduh game Call of Duty Mobile yang berukuran 2.9 GB. 

Ketika mengunduh menggunakan OPPO Reno5 5G, kami hanya membutuhkan waktu sekitar 2 menit 26 detik, sedangkan pada smartphone 4G yang kami gunakan, kami membutuhkan waktu hingga 13 menit 31 detik.

Streaming video 4K

Penggunaan internet 5G untuk kegiatan sehari-hari adalah untuk memutar video beresolusi 4K secara streaming. Pada kesempatan kali ini, kami juga melakukan skip video. Jika pada jaringan 4G, maka akan terjadi buffering. Akan tetapi ketika menggunakan jaringan internet 5G, kami tidak mengalami buffering bahkan kami sempat melakukan skip pada video tersebut.

Internet 5G Reno5 5G

Pada momen ini, kami menggunakan smartphone OPPO Find X2 Pro yang juga sudah mendukung layanan 5G di Indonesia. Smartphone ini sendiri mampu menyuguhkan pemutaran video hingga resolusi 4K yang tentunya akan sangat memanjakan mata kamu. 

Nah, sekarang jadi makin jelas kan bagaimana pemanfaatan layanan 5G untuk aktivitas sehari-hari kamu. Untuk bisa memaksimalkan jaringan 5G yang ada di Indonesia saat ini, kami menyarankan agar kamu membeli perangkat OPPO Reno5 5G atau OPPO A74 5G. Pasalnya, kedua perangkat tersebut sudah terbukti sangat compile dengan layanan 5G dari Operator di Indonesia.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close